Pengen Kurus? Cek Apakah Program Diet Anda Sudah Benar! | Cara Diet Sehat

Pengen Kurus? Cek Apakah Program Diet Anda Sudah Benar!


Pengen kurus dengan cara yang mudah? Saat ini, beragam program diet yang menjanjikan diet sehat telah bermunculan. Diet atkins, diet pisang, diet golongan darah, dan lain-lain bisa menjadi pilihan yang bagus untuk program penurunan berat badan Anda. Namun, ada beberapa kesalahan dalam diet yang bisa membuat program diet Anda tidak sukses. Cek lima poin penting berikut ini sebagai bahan acuan diet yang benar untuk Anda!

Lima poin yang harus dihindari bagi Anda yang pengen kurus

Lima poin yang harus dihindari bagi Anda yang pengen kurus

Menu Monoton

Program diet yang hanya menyajikan menu yang sama dalam waktu lama perlu Anda hindari. Misalnya saja, Anda hanya boleh makan sup kol saja atau jus buah-buahan saja selama beberapa hari. Hal ini bisa menjadikan tubuh kekurangan atau kelebihan nutrisi tertentu, sehingga nutrisi dalam tubuh tidak seimbang.

Menjanjikan Penurunan Berat Badan Cepat

Penurunan berat badan yang dianjurkan oleh para ahli dan baik untuk kesehatan adalah sekitar ½ hingga 1 kg per minggu atau sekitar 2 hingga 4 kg per bulan. Untuk program yang hanya mengatur pola makan saja, penurunan rata-ratanya sekitar 2 kg per bulan. Sedangkan jika diimbangi dengan olahraga tertentu serta pemakaian obat pelangsing dengan resep rekomendasi ahli, penurunan yang baik adalah sekitar 4 kg per bulan.

Tidak Merekomendasikan Aktivitas Fisik

Pedoman utama untuk mendapatkan berat badan proporsional adalah dengan membatasi asupan kalori serta diimbangi dengan pembakaran energi melalui aktivitas fisik. Nah, jika program diet yang Anda ikuti hanya menyajikan pengaturan pola makan yang ketat tanpa menganjurkan aktivitas fisik tertentu, maka program diet itu pun kurang bagus untuk Anda. Melakukan latihan fisik sekitar 30 menit per hari bisa sangat membantu menjadikan tubuh Anda ideal.

Program untuk Jangka Waktu Diet Pendek

Bagi Anda yang pengen kurus hingga mencapai berat badan proporsional, kualitas dan kuantitas makanan Anda tentu harus diperhatikan dengan baik. Program diet yang hanya ditawarkan untuk waktu singkat tidak baik untuk kesehatan Anda. Jika program diet itu hanya untuk dikerjakan dalam waktu tertentu, maka berat badan pun bisa naik kembali dalam waktu cepat.

Makanan Wajib Pembakar Lemak

Makanan untuk diet yang baik adalah yang mengandung banyak zat gizi, bukan hanya satu zat gizi. Jika ada makanan pembakar lemak dalam menu diet Anda, program yang baik adalah yang membatasi peranan zat pembakar lemak dengan menyiasati metabolisme zat gizi. Hal ini karena pengaturan asupan energi lebih berperan daripada zat pembakar lemak itu sendiri.

Poin-poin yang sudah di-review di atas bisa menjadi acuan untuk Anda yang pengen kurus dengan mengatur diet sehat. Nah, segera cek program diet yang Anda ikuti, apakah sudah benar atau belum. Dengan mengikuti program diet yang benar, Anda pun akan mendapatkan berat badan proporsional seperti yang Anda impikan. (AE)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar