8 Cara Diet Pisang Super Cepat Turun Berat Badan 18 Kg | Cara Diet Sehat

8 Cara Diet Pisang Super Cepat Turun Berat Badan 18 Kg


8 Cara Diet Pisang Super Cepat Turun Berat Badan 18 Kg – Pisang menjadi salah satu buah yang banyak dipilih saat sedang menjalani program menguruskan badan. Buah pisang memiliki kandungan serat dan potasium. Buah untuk diet ini bisa mengenyangkan perut, membuat lapar tidak cepat datang, dan yang terpenting memberikan energi buat tubuh.

Seorang pria yang berasal dari Jepang bernama Hitoshi Watanabe menerapkan cara diet pisang yang benar pada tahun 2008 lalu. Tidak tanggung-tanggung, pria yang saat itu berusia 31 tahun ini berhasil menurunkan berat badannya hingga 18 kg secara permanen.

Setelah Watanabe sukses dengan diet pisang Jepang yang direkomendasikan istrinya, Sumiko Watanabe, diet ini menjadi populer di negara Jepang. Pasalnya, ia mem-posting pengalaman diet turun berat badan sampai 18 kg tersebut di internet (salah satu sosial networking terbesar di Jepang).

Bahkan kala itu, stok pisang di Jepang sampai menipis. Sementara buku tentang diet pisang atau Morning Banana Diet terjual sampai 1 juta eksemplar.

Cara diet pisang super cepat turun berat badan 18 kg: dari original, studi hingga alternatifnya

Diet Super Cepat Turun Berat Badan dengan Diet Pisang

Aturan cara diet pisang ala Jepang – Watanabe

Ada beberapa aturan yang perlu diikuti dalam menerapkan cara diet pisang ala Watanabe ini. Berikut adalah menu diet pisang Jepang dan aturannya;

  1. Makanlah satu buah pisang ketika Anda sarapan (Anda boleh mengonsumsi lebih dari satu, sebab pelaku diet aslinya mengonsumsi 4 buah pisang kecil saat sarapan)
  2. Makanlah satu buah pisang saat makan siang dengan salad dalam ukuran kecil
  3. Minumlah air kapan pun Anda mau (air putih yang diminum hanya yang bersuhu ruangan)
  4. Makan malam sebelum jam 8 malam, batasi pilihan makanan Anda. Sebaiknya pilih makanan yang sehat dan cocok buat diet. Juga, amati jumlah porsi makan Anda. Jangan sampai berlebihan.
  5. Jika perlu, Anda bisa mengonsumsi pisang di malam hari
  6. Tidurlah sebelum tengah malam

Itulah aturan diet pisang Jepang yang diterapkan oleh Watanabe sebagaimana dilansir dari wikipedia dari berbagai referensi. Sebagai tambahan informasi, jenis pisang untuk diet yang bisa Anda konsumsi adalah pisang Cavendish.

Studi tentang cara diet pakai pisang – Morning Banana Diet

Salah satu masalah yang mungkin bisa disalahgunakan oleh para pelaku diet Morning Banana Diet atau MBD ini adalah menu makan siang dan malam yang tidak diatur.

American Dietetic Association melaporkan bahwa ada kemungkinan besar para pelaku diet akan makan secara berlebihan. Hal ini bisa menjadi masalah yang cukup mengganggu, apalagi ada kalimat boleh makan semua yang diinginkan.

Terlepas dari hal tersebut, studi mengenai jenis pisang untuk diet menyebutkan bahwa pisang mengandung serat makanan yang bagus, yakni serat larut dan tak larut. Enam gram serat dalam dua buah pisang yang dikonsumsi saat sarapan bisa menekan asupan kalori. Hal ini karena pisang bisa meningkatkan rasa kenyang.

Tidak hanya itu, salah satu jenis serat yang ditemukan dalam pisang adalah Resistant Starch. Fungsinya adalah sebagai fermentasi dalam saluran pencernaan. Terdiri dari semacam asam lemak rantai pendek yang kemungkinan besar memiliki manfaat kesehatan. Yakni;

  1. Mengurangi akumulasi lemak dalam jangka panjang
  2. Meningkatkan oksidasi lemak

Nah, jika Anda ingin menerapkan Morning Banana Diet ini, sangat baik jika Anda menerapkan cara diet pisang yang benar dan sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

Tips penting seputar penerapan program diet pisang ala Jepang

Jika Anda tertarik untuk mencoba diet pisang Jepang yang populer ini, ada beberapa catatan cara diet pisang yang benar dan perlu Anda perhatikan, yakni;

  1. Hindari konsumsi air dingin atau es (minum air putih bersuhu ruangan saja)
  2. Kurangi konsumsi makanan berkarbohidrat seperti nasi atau mi
  3. Perbanyak minum air putih
  4. Makanan berminyak termasuk gorengan juga harus dihindari
  5. Secara umum, jumlah maksimal pisang yang bisa dikonsumsi sehari adalah 5 buah.
  6. Salah satu pola makan diet pisang ini adalah kombinasi 2-2-1. Artinya 2 pagi, 2 siang, dan 1 malam
  7. Jangan tidur larut malam atau begadang

Sudah banyak yang mencoba diet pisang Jepang ini dan terbukti berhasil. Jadi, apakah Anda juga tertarik mencoba cara diet pisang super cepat turun berat badan 18 kg ini?

Baca Juga: Tips dan Trik Diet Cepat dan Sehat yang Benar-Benar Bekerja

Menu program diet pisang secara umum

Secara umum, pola makan menu diet pisang bikin cepat langsing yang bisa Anda terapkan sehari-hari adalah sebagai berikut;

  • Menu diet pisang waktu pagi; konsumsilah satu buah pisang, makan sebelum memulai sarapan agar cepat merasa lebih kenyang dan porsi makan pagi Anda tidak terlalu banyak.
  • Saat makan siang, konsumsilah 1 buah pisang lagi dan perhatikan porsi makan siang Anda.
  • Saat jelang sore (antara siang ke malam), konsumsilah 1 buah pisang lagi sebagai menu camilan sehat Anda. 1 buah pisang ini juga bermanfaat untuk menekan rasa lapar Anda.
  • Saat makan malam, konsumsilah 1 buah pisang lagi dan perhatikan jam makan Anda. Jangan sampai di atas jam 8 malam.
  • Jika masih lapar, sebelum tidur Anda bisa makan 1 buah pisang (batasi).

Alternatif diet pisang secara instan

Ada beberapa cara diet pisang bikin cepat langsing lainnya yang layak Anda coba. Khususnya jika Anda memiliki target turun berat badan dalam waktu yang singkat. Cara diet pisang yang benar tersebut dibagi ke dalam 3 kategori, yakni 3 hari, 7 hari, dan 2 minggu. Ketiganya memiliki target yang berbeda.

Diet pisang 3 hari bantu turun berat badan 3 kg atau turun berat badan 1 kg dalam 1 hari.

Diet pisang seminggu (7 hari) bisa membantu turun berat badan 3 kg.

Dan terakhir Anda bisa menerapkan diet pisang 14 hari (2 minggu) yang target turun berat badannya adalah 5 kg.

Alternatif diet pisang ini tidak disarankan dilakukan dalam jangka waktu panjang atau harus dilakukan sesuai dengan masa yang disarankan. Jika dilakukan dalam jangka waktu panjang, dikhawatirkan akan mengganggu kesehatan.

Berikut adalah penjelasan masing-masing diet tersebut;

Diet pisang pertama – program diet pisang 3 hari

Diet pisang poin pertama ini berlaku untuk 3 hari saja. Diet ini merupakan diet pisang bikin cepat langsing dengan penurunan bobot 1 kilogram per hari.

Diet pisang 3 hari ini sebaiknya dikombinasikan dengan olahraga atau latihan tertentu. Resep diet pisang turun 1 kg per hari tersebut adalah;

  1. Menu diet pisang waktu pagi: 1 buah pisang dengan 1 gelas susu skim atau kopi dengan tambahan sakarin sedikit saja
  2. Menu makan siang: 1 buah pisang, 1 cangkir teh, dan keju cottage maksimal 250 gram
  3. Makan malamnya konsumsi 1 buah pisang + segelas susu skim

Menu diet pisang bikin cepat langsing di atas hanya boleh diulangi selama 3 hari saja karena alasan kesehatan. Sementara jenis pisang untuk diet yang bisa Anda pilih adalah pisang ambon putih.

Diet pisang kedua – program diet pisang 7 hari

Jika ingin menjalankan diet pisang seminggu, Anda bisa mengombinasikan pisang dengan makanan pokok. Yakni makanan pokok yang mengandung karbohidrat, protein, dan vitamin.

Diet ini dilakukan selama 7 hari dengan target turun BB 3 kg. Dengan kata lain, diet pisang kedua merupakan cara menurunkan berat badan 3 kg dalam seminggu.

Ini resep menu diet pisang seminggu turun 3 kg;

  1. Menu diet pisang waktu pagi: 2 layer roti tawar, 1 buah pisang, susu skim atau kopi dengan sakarin (sedikit saja)
  2. Menu makan siang: 1 gelas susu skim atau keju cottage maksimal 150 gram, 2 buah pisang, dan sayur sop 1 mangkok.
  3. Menu makan malam: teh chamomileatau pennyroyal, buah pisang (sesuai keinginan) dicampur dengan susu.

Cara diet pisang yang benar pada poin kedua ini lebih longgar dibanding poin pertama. Sehingga hasil penurunan berat badannya pun lebih lambat.

Menu diet pisang seminggu di atas hanya boleh diterapkan selama satu minggu saja. Tidak boleh lebih.

Jenis pisang untuk diet yang bisa Anda pilih sebagai menu makanan diet pisang kedua ini adalah pisang cavendish.

Diet pisang ketiga – program diet pisang 14 hari

Cara diet pisang super cepat turun berat badan 18 kg yang ketiga ini jauh lebih lama perlakuannya, yakni selama 2 minggu.

Meski lama, diet pisang 14 hari inilah yang justru lebih seimbang karena tidak terlalu ketat. Hasilnya, dalam waktu 2 minggu Anda akan kehilangan berat badan hingga 5 kg.

Menu makanan diet pisang 14 hari adalah;

  1. Menu diet pisang waktu pagi hari: 1 buah pisang, susu skim atau susu skim dengan kopi atau teh dengan sakarin, roti gandum + keju cottage
  2. Menu makan siang: ikan bakar atau dada ayam panggang (tanpa kulit), salad dengan sayuran hijau (+ sedikit minyak zaitun) ditambahkan dengan 1 atau 2 buah pisang. Baiknya 1 saja, namun jika lapar sekali, 2 tidak masalah.
  3. Menu makan malam: 1 telur yang direbus, sayuran dengan sedikit bumbu dan minyak, tambahkan 1 atau 2 buah pisang.

Jika dilihat secara seksama, cara diet pisang super cepat turun berat badan 18 kg terakhir ini memang cukup longgar dibanding diet pisang 3 hari dan diet pisang seminggu. Sehingga Anda tidak perlu merasakan lapar dengan teramat sangat.

Sama halnya dengan diet pisang sebelumnya, jenis pisang untuk diet pisang 14 hari ini adalah pisang cavendish.

Sebelum memilih mana diet pisang bikin cepat langsing yang akan Anda coba, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter. Juga pahami tubuh dan target Anda dalam menurunkan berat badan.

Jangan lupa juga untuk memasukkan air putih dalam menu harian, minimal 8 gelas per hari atau 2 hingga 3 liter air putih sehingga cara diet pisang super cepat turun berat badan 18 kg ini bisa memberikan hasil yang maksimal buat tubuh Anda secara permanen.

Salam Diet Sehat dan Cepat – www.dietsehatcantik.com


8 komentar:

my life story mengatakan...

wah bermanfaat juga nih.. thx infonya
hidupmulia

Asep Supriatna mengatakan...

It is your colourful blog that brings me a lot of knowledge about diet... so visit my post too Cara Diet, thanks admin

laika mengatakan...

- pisang ke or = pisang ?

autoparts mengatakan...

Ga perlu repot, coba deh cari di google "acai kuning adonai" sudah banyak yang membuktikan hebat khasiatnya.

Unknown mengatakan...

Ni satu teknik nak kasi cepat nampak hasil. Guna apps myfitnesspal dan tengok berapa kalori dalam makanan korang setiap hari. Cuba plan makanan korang sehari jangan lebih 1200 kalori. Gerenti nampak hasil punye. Boleh baca pasal ni kat SadoStreet. Lebih detail.

Unknown mengatakan...

Apa selain pisang cavendish diet pisang tidak bisa dilakukan dgn jenia pisang lainnya? Terima kasih sebelumnya.. ☺

Unknown mengatakan...

artikel yg unik dan menarik untuk dicoba
semoga bermanfaat dan sukses selalu

Unknown mengatakan...

Infonya sangat bermanfaat,, trims

Posting Komentar