11 Cara Berpuasa Saat Sedang Program Diet Sehat


Cara berpuasa saat sedang program diet sehat memiliki banyak tujuan, salah satunya adalah supaya tidak malah gemuk setelah bulan Ramadhan selesai. Pasalnya, banyak kondisi di mana orang yang sedang berpuasa, justru gemuk di bulan Syawal. Padahal, saat berpuasa, harusnya konsumsi dan porsi makan berkurang. Sebabnya tak lain adalah diet dan pola makan yang salah selama Anda berpuasa. Pemilihan menu buka puasa dan sahur serta olahraga menjadi hal yang wajib dilakukan jika Anda memiliki program kurus sehat saat bulan Ramadhan.

Begini lho cara berpuasa saat sedang program diet sehat turunkan berat badan

11 Cara Berpuasa Saat Sedang Program Diet Sehat

Porsi besar saat berbuka sebaiknya dihindari

Berbuka puasa dalam porsi besar hanya akan memicu gangguan pencernaan, utamanya lambung. Untuk itu, hal ini perlu dihindari. Sebagai saran, sebaiknya berbuka berat dilaksanakan setelah sholat maghrib. Sementara berbuka ringan seperti ta’jil buka puasa dikonsumsi saat mengawali buka puasa sebelum sholat maghrib.

Hindari hidangan manis sebagai menu pembuka

Jika biasanya kita mendengar awali dengan yang manis saat berbuka maka di sini sebaiknya Anda mengisi perut kosong dulu dengan makanan yang tak manis. Pasalnya, makanan manis mengandung indeks glikemik yang tinggi. Pada kelanjutannya, kondisi ini dapat memicu respons insulin yang cukup tinggi pula. Akibatnya dapat membuat penumpukan lemak di tubuh.

Aturan makan saat berbuka

Ketika berbuka puasa, hendaknya Anda memilih konsumsi makanan dengan tepat. Aturannya adalah; mengawali buka puasa dengan minum air putih, selanjutnya Anda bisa mengonsumsi kurma yang tidak mengandung pemanis dengan ukuran secukupnya saja. Setelah itu, Anda bisa sholat maghrib, dan melanjutkan buka puasa Anda setelah sholat maghrib dengan pilihan karbohidrat kompleks, protein, dan sayur-sayuran. Setelah itu, Anda juga bisa mengonsumsi multivitamin untuk menjaga daya tahan tubuh. Berikut ini adalah karbohidrat kompleks, protein, dan sayur mayur yang bisa Anda manfaatkan;

1.Karbohidrat kompleks, seperti roti gandum utuh, beras merah, kacang hijau, dan ubi
2.Protein, seperti daging, telur, tempe, ikan, dan dada ayam serta susu rendah lemak
3.Sayur-sayuran, seperti bayam, asparagus, kangkung, brokoli, dll

Aturan minum saat berbuka

Minuman yang dikonsumsi saat berbuka harus tepat, seperti air putih. Sebaliknya, hindari minuman yang bersoda, juga minuman dingin. Pasalnya, minuman dingin bisa membuat kita bisa menahan lapar. Padahal, pada momentum berbuka ini, kita membutuhkan asupan makanan yang bergizi. Seolah tidak ada tempat kosong di perut untuk dijadikan sebagai wadah makanan sehat dalam program diet sehat kita saat berpuasa.

Olahraga ketika berpuasa

Sholat tarawih menjadi satu cara yang cukup sederhana namun ampuh untuk membakar kalori. Jika Anda ingin melaksanakan olahraga setelah tarawih, maka pastikan Anda juga menyiapkan multivitamin serta mineral selama Anda berolahraga. Beberapa bagian penting yang harus Anda konsumsi adalah;

1.Air putih sekitar setengah sampai 1 liter
2.Makan menu berbuka dengan porsi yang sangat kecil
3.Makan buah kurma
4.Camilan sehat jika masih lapar

Aturan makanan saat sahur

Supaya kuat puasa, ada aturan tersendiri yang perlu dijalankan sebagai menu makanan sehat saat sahur. Makanan tersebut adalah;

1.Makanan berkarbohidrat kompleks
2.Makanan dengan kadar lemak rendah
3.Makanan berprotein
4.Makanan yang kaya akan serat karena lambat saat dicerna
5.Tidak mengonsumsi makanan berlemak
6.Camilan sehat bisa jadi pelengkap

Aturan minum saat sahur

Pada saat ini, Anda juga tetap disarankan untuk mengonsumsi air putih yang banyak supaya bisa mencukupi kebutuhan cairan selama Anda berpuasa. Sebaliknya, hindari minuman yang berkafein seperti kopi dan teh, serta minuman yang bersifat diuretik. Pasalnya, minuman ini bisa menyebabkan kita sering buang air kecil. Pilihan terbaik menu minuman sehat saat sahur Anda adalah susu rendah lemak.

Jangan tinggalkan sahur dan jangan tidur setelah sahur

Mengakhirkan sahur adalah salah satu hal baik dan sunah dikerjakan ketika sedang berpuasa. Ketika Anda sedang menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan, sahur juga menduduki peranan penting. Sehingga tidak disarankan untuk meninggalkan jam sahur. Pun setelah sahur, Anda juga dilarang tidur, sebab ada bahaya yang akan timbul. Efek tidur setelah sahur akan membahayakan puasa dan tubuh Anda.

Garam, bumbu penyedap, MSG dikurangi, makanan pedas dihindari

Selanjutnya, makanan yang asin, banyak mengandung bumbu penyedap dan MSG bisa menyebabkan rasa haus cepat muncul. Maka sebaiknya dikurangi pemakaiannya. Sementara itu, bumbu pedas juga bisa mengganggu sistem pencernaan selama Anda berpuasa. Sebaiknya dihindari.

Komposisi nutrisi yang baik buat diet dan puasa

Komposisi seimbang menjadi aturan penting dalam diet puasa menurunkan berat badan. Di sini, Anda bisa menerapkan aturan berikut;

1.Karbohidrat kompleks 50%
2.Protein 40-45%
3.Sisanya lemak sehat

Kombinasikan semuanya dalam setiap porsi makanan Anda.

Baca Juga: 6 Tips Kuat Puasa Buat Ibu Menyusui

Atur porsi kalori dari buka sampai sahur

Supaya makin jelas, Anda juga bisa membuat penjadwalan makanan untuk mendukung cara menurunkan berat badan ketika berpuasa. Dan berikut aturan untuk membuat jadwal makanan ditinjau dari jumlah kalorinya;

1.Buka puasa dan makan usai sholat tarawih masing-masing 10% sampai 15%
2.Makan malam sahur masing-masing 30% sampai 35%

Demikian informasi tentang cara berpuasa bagi Anda yang sedang menjalankan program diet sehat untuk menguruskan badan dengan cepat dan menghindari kegemukan setelah berpuasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar