10++ Buah dan Sayuran untuk Diet Menurunkan Berat Badan | Cara Diet Sehat

10++ Buah dan Sayuran untuk Diet Menurunkan Berat Badan


Buah dan sayuran menjadi menu andalan para dieters. Banyak tips diet yang menyarankan pemilihan buah dan sayuran sebagai menu makanan diet. Manfaat sayuran dan buah untuk diet memang sudah lama kita dengar.

Hal ini karena buah dan sayur secara umum bisa meningkatkan energi, meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga perut supaya tidak cepat lapar, dan tentunya lebih sehat karena bisa mencegah tubuh terkena penyakit.

Namun, beberapa dieters bingung, apakah semua buah dan sayur bisa dikonsumsi untuk diet? Mari kita jawab sendiri-sendiri.

Yang jelas, tentu ada buah dan sayur pilihan yang bisa dikonsumsi agar diet lebih terarah. Apa saja pilihan buah dan sayur yang paling pas buat diet menguruskan badan?

Pilihan buah dan sayuran untuk diet menguruskan badan yang mudah didapatkan

Buah dan Sayuran untuk Diet Menurunkan Berat Badan 1 - Wortel


Kadang menu makanan diet sulit dicari, maka dari itu saya berusaha menulis beberapa pilihan buah dan sayur yang ada di Indonesia dan mudah didapatkan. Bahkan di daerah sekalipun.

Wortel

Di banyak artikel dalam situs ini saya sering menuliskan manfaat wortel untuk diet. Tak heran bila sayuran ini masuk dalam menu makanan diet seminggu budget 100 ribu yang saya tulis sebelumnya.

Dibanding sayuran lain, wortel memiliki kandungan vitamin A yang sangat banyak. Warna oranye yang dimiliki wortel ini akibat dari kandungan betakaroten yang tinggi di dalamnya.

Selain bisa meningkatkan penglihatan, kandungan anti kanker dalam wortel juga banyak. Jika ingin mencerahkan kulit, wortel juga bisa jadi jawabannya.
Bagaimana mengonsumsi wortel?

Ini adalah pertanyaan yang bagus. Bagi saya pribadi, wortel enak dimakan dalam kondisi mentah maupun matang. Wortel bisa langsung dimakan mentah dengan cara dimakan langsung, dibuat jus, atau diiris dan dimasukkan dalam pilihan sayur dalam salad.

Namun, jika Anda lebih suka mengonsumsi wortel matang. Masaklah dengan cermat. Baiknya dikukus, direbus, atau dipanggang.

Jika Anda suka wortel rebus, maka salah satu ide memasaknya adalah dengan dibuat sup. Jika Anda suka wortel kukus atau panggang, cukup panggang dan kukus sesuai selera Anda. Bisa dikasih bumbu jika Anda mau. Atau tanpa bumbu pun tetap enak.

Di penjual sayur biasanya ada jenis wortel berbeda, ada wortel manis dan biasa. Yang manis biasanya harganya lebih mahal tapi memang rasanya lebih enak. Apalagi jika Anda mau mengonsumsi wortel mentah (jus atau langsung makan). Sementara itu, wortel biasa sangat cocok digunakan sebagai bahan masakan utama, seperti sop atau cara masak lainnya.

Jika Anda ingin mengonsumsi wortel biasa saat masih mentah. Sebaiknya pilihlah wortel yang masih segar. Agar airnya masih terasa saat Anda mengunyahnya. Krenyes-krenyesnya juga membuat kita makin semangat mengunyahnya hingga lembut.

Mentimun

Murah berkhasiat, itulah mentimun. Banyak yang menghubungkan mentimun dengan tekanan darah. Kali ini mari kita lihat khasiatnya untuk diet.

Mentimun sangat bagus digunakan untuk detoks. Kandungan air dan serat yang melimpah dalam mentimun menyebabkan diet menjadi lebih mudah. Karena apa?

Dengan mentimun, kita bisa lebih mudah merasa kenyang dan menahan lapar. Bonusnya, Anda tidak akan makan dengan kuantitas yang berlebihan apalagi dalam porsi yang banyak.

Mentimun ini juga dikenal sebagai pembakar lemak. Sebab kandungan kalorinya yang kecil.

Bagaimana cara konsumsi mentimun untuk diet?

Ini tergantung selera,tapi kalau saya sih lebih senang jika ada variasi. Agar tidak bosan. Biasanya saya mengonsumsi mentimun secara langsung. Dengan ini rasa segar mentimun sangat terasa. Kadang juga saya buat lalapan bersama sayuran lain seperti kacang panjang.

Di samping itu, saya juga menaruh timun segar di air dan meminumnya sehingga rasanya terasa lebih segar.

Jika Anda suka mengonsumsi mentimun masak. Masak saja menjadi sayur asem misalnya atau jadi tumis timun.

Paprika merah

Harga paprika memang cukup mahal jika Anda membelinya di supermarket. Namun, jika beli di tukang sayur, harganya akan jauh berbeda.

Sangat sayang jika Anda tidak mencoba memasukkan paprika merah ke dalam menu makanan diet Anda. Sebab...

Ada kandungan 300% kandungan vitamin C yang direkomendasikan di dalamnya. Kandungan magnesium dan B6 bersama-sama bisa menghilangkan rasa sakit saat menstruasi dan mengurangi kegelisahan. Di samping itu, paprika merah juga merupakan diuretik alami dan bisa mengatasi kembung.

Warna merah dari paprika berasal dari licopene yang bisa mencegah kanker.

Bagaimana saran penyajiannya?


Banyak yang bilang paprika enak dimakan mentah, tapi saya lebih senang paprika yang sudah matang. Biasanya saya gunakan paprika sebagai topping pizza. Atau bersama dengan bawang merah, bawang putih, atau bawang bombay sebagai bumbu saat membuat tumis.

Selain bisa memberikan rasa yang enak, warna merah dari paprika juga membuat tampilan masakan menjadi lebih indah sehingga menggugah selera.

Waluh / Pumpkin

Buah dan Sayuran untuk Diet Menurunkan Berat Badan 2 - Waluh
Ini adalah salah satu makanan favorit yang ternyata memiliki manfaat baik buat tubuh.

Pumpkin atau yang biasa kita sebut Waluh (Waloh) merupakan makanan dengan kandungan kalori rendah namun tinggi akan serat. Waluh merupakan jenis sayuran diet yang tak boleh Anda lewatkan.

Saya kurang tahu sebaran harga waluh di Indonesia. Karena saya pribadi tidak pernah membelinya. Saya makan karena orang tua menanam ini.

Saat membeli waluh pilihlah dengan baik. Kenapa?

Suatu ketika saya makan waluh yang rasanya hambar, tidak terlalu menarik pokoknya. Maka saya bertanya pada orang tua saya.
Istilah dari mereka, waluh itu ada dua jenisnya. Mbungkel dan tidak. Nah, waluh yang mbungkel inilah yang rasanya manis dan segar. Sedangkan yang tidak mbungkel berarti hambar.

Untuk yang tidak mbungkel biasanya dimasak menjadi kolak atau bubur. Sedangkan yang mbungkel cukup dikukus dan dimakan sudah terasa nikmatnya.

Anyways, selama hamil inilah yang saya konsumsi karena tidak tahan dengan nasi.

Ternyata manfaatnya melimpah. Bahkan diklaim menjadi salah satu makanan yang direkomendasikan jika Anda memiliki body goal.

Buah bit

Buah bit kini tersedia online dan offline. Harganya pun bervariasi.
Buah dan Sayuran untuk Diet Menurunkan Berat Badan 3 - Buah Bit


Buah ini disebut sebagai energy booster. Banyak yang menulis bahwa buah bit bisa menurunkan tekanan darah, mengurangi rasa sakit di persendian, membantu menurunkan berat badan, dan sebagai agen pemerang kanker.

Jika Anda memiliki masalah kekurangan Hb, buah ini juga direkomendasikan.

Menariknya lagi, buah bit juga bisa membantu mengatasi masalah recovery otot.

Bagaimana mengonsumsi buah ini?

Buah bit bisa dijadikan topping salad dan pizza. Anda bisa mengirisnya tipis kemudian memanggangnya terlebih dulu.

Warna buat bit juga bisa Anda manfaat saat 17 agustusan. Buah bit ini bisa Anda manfaatkan untuk membuat warna merah pada nasi tumpeng merah putih. Jadi, makanan menjadi lebih sehat tanpa pewarna. Karena buah bit sebagai pewarna alaminya.

Cabe

Banyak sekali jenis cabe di Indonesia. Mulai dari yang terpedas hingga yang biasa. Mana yang paling Anda suka?

Yang mana saja pilihan Anda, harap sesuaikan dengan kondisi tubuh. Tahan keinginan untuk makan pedas (meski sedang trend) jika memang Anda tidak kuat mengonsumsinya. Misalnya karena punya maag.

Pilihlah cabe dengan tingkat kepedasan yang sesuai kebutuhan dan kondisi tubuh.

Saran penyajian? Saya yakin Anda sudah lebih dari tahu soal ini. Mau dijadikan sambal, oke. Mau dimasukkan sebagai bumbu tumis, bisa. Asal jangan dibuat jus saja.

Bayam

Seikat seribu? Murah!

Ini adalah salah satu sayuran daun hijau yang disarankan untuk para dieters. Sayuran ini merupakan sumber fosfor, protein, zat besi, serat, dan vitamin E. Selain itu, bayam juga rendah kalori.

Flavanoid, antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas juga ada dalam sayuran ini.

Mengolahnya mudah, caranya?

Dibuat sayur bening atau jadi kudapan, misalnya.

Brokoli hijau dan kembang kol (bungkul)

Buah dan Sayuran untuk Diet Menurunkan Berat Badan 4 - Brokoli dan Kembang Kol

Sudah bukan rahasia jika brokoli mengandung sejumlah vitamin, serat dengan kualitas tinggi, dan mineral yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh.

Yang belum terjamah justru kandungan phytochemical dalam brokoli yang ternyata bisa meningkatkan peluruhan lemak tubuh. Kandungan ini juga dimiliki kembang kol.

Kembang kol juga memiliki kandungan folat, vitamin C,  dan bisa membantu meredakan perut kembung.

Jika Anda kesulitan memasak keduanya karena ulat. Cukup gunakan garam untuk mengusir ulat itu sebelum dimasak. Caranya sebagai berikut:

Cuci bersih kembang kol atau brokoli. Pisah kecil-kecil. Kemudian rendam dalam air garam. Terakhir jika ulatnya sudah keluar, cuci lagi hingga bersih.

Pisang

Cari buah sumber kalium? Tentu jawabannya adalah pisang. Buah ini juga mudah didapatkan di Indonesia. Bahkan, ada banyak jenis pisang yang bisa ditemukan di sekitar kita.

Pertanyaannya, apakah semuanya bagus untuk diet? Tentu saja.

Selama tidak Anda masak dengan lemak, misal diolah menjadi pisang goreng. Pisang tetaplah pisang.

Salah satu pisang yang sering dipakai untuk diet, misalnya saat diet pisang adalah pisang cavendish. Pisang jenis ini pun mudah didapat di Indonesia. Tidak hanya di supermarket, Anda bisa mendapatkannya di penjual buah pisang.

Harganya memang tergolong lebih mahal dibanding pisang lain. Namun, jika dibandingkan membeli pisang jenis ini di super Market, tentu membelinya di penjual pinggir jalan jauh lebih murah. Coba saja!

Terakhir saya beli sekitar 25 sampai 30 ribuan per sisir. Tergantung kondisi dan jumlah pisangnya dalam satu sisir.

Berikut beberapa manfaat pisang yang harus Anda tahu:
1.    Camilan yang bisa meningkatkan energi
2.    Berguna untuk mengatasi masalah bisul
3.    Membantu menurunkan tekanan darah
4.    Mengatur fungsi jantung dengan baik
5.    Regulasi tekanan darah normal
6.    Membantu meningkatkan metabolisme
7.    Kenyang lebih lama, dll.

Jamur

Bagi vegetarian, jamur memang sangat lezat. Mengunyah jamur sensasinya seperti mengunyah daging (jadi curhat). Sayuran ini juga disenangi non-vegetarian, lho! Mungkin karena teksturnya tadi. Lembut dan kenyal.
Buah dan Sayuran untuk Diet Menurunkan Berat Badan 5 - Jamur


Sayuran ini memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan, membakar lemak, meningkatkan dan meningkatkan metabolisme.

Kalau saya mengolah jamur dengan cara menjadikannya sebagai topping pizza atau ditumis, bagaimana dengan Anda?

Apel

Buah ini juga sedang murah saat ini.

Meski harganya murah, manfaat apel sangat banyak. Khususnya untuk diet dan kesehatan.

Mengandung serat dan vitamin C. Kulitnya mengandung quertecin dan asam ursolat, anti oksidan yang dapat mengurangi inflamasi. Melindungi serangan jantung dan penyakit lain serta meningkatkan pembakaran kalori.

Apel bisa dimakan langsung atau dibuat jus. Bahkan ada yang mengolahnya dengan cara dipanggang terlebih dulu. Sesuaikan dengan selera Anda.

Jeruk

Jeruk dan jeruk bali sangat direkomendasikan untuk menurunkan berat badan. Jadi, kalau ada rujak orang hamil makan saja yang banyak, hehehe. Biasanya kan selalu ada jeruk balinya tuh!
Buah dan Sayuran untuk Diet Menurunkan Berat Badan 6 - Jeruk dan Jeruk Bali


Jeruk mengandung vitamin C dalam jumlah besar ditambah kalium. Buah ini juga bisa menurunkan kolesterol. Dengan menghilangkan radikal bebas, jeruk bisa mencegah kerusakan kulit. Selanjutnya, buah ini juga bagus digunakan sebagai anti-aging dan mencegah adanya bintik-bintik hitam di wajah.

Bagaimana mengonsumsinya?

Anda bisa mengonsumsinya langsung kok, segar!
Apakah ada lagi buah yang ada di Indonesia dan sangat disarankan untuk diet?

Masih ada, dong.
Sebagai contoh alpukat, bluberi, dan stroberi.

Untuk sayuran contohnya adalah kangkung, kacang panjang, kentang (karbohidrat kompleks) dll.

Semua buah dan sayur di atas sangat mudah didapatkan di Indonesia. Jangan jadikan sayur dan buah di atas sebagai patokan. Sehingga hanya buah dan sayur itu-itu saja yang Anda konsumsi saat diet.

Untuk menghindari rasa bosan dan tetap semangat menurunkan berat badan Anda perlu bervariasi. Toh sayur dan buah tetap aman dikonsumsi. Dengan catatan Anda tidak menambahkan bahan makanan lain yang mengandung lemak, atau salah dalam cara pengolahan.

Di samping itu, menurunkan berat badan dengan cara hanya mengonsumsi makanan yang disarankan rasanya juga kurang bijak.

Anda perlu melakukan hal lain yang berbeda supaya diet Anda berhasil. Misalnya dengan berolahraga.

Intinya begini (wah, sok banget saya).
Memilih makanan berarti Anda mengatur apa saja yang dimasukkan dalam tubuh. Berapa jumlah dan apa kandungannya. Sehatkah, bermanfaatkah?

Sementara itu berolahraga berarti membuang lemak yang sudah ada dan mengontrol kalori yang Anda konsumsi. Jadi, keduanya tidak bisa dipisahkan begitu saja jika Anda ingin berhasil.

Keduanya merupakan gaya hidup sehat yang saling mendukung satu sama lain. Artinya, olahraga saja tak cukup jika Anda tidak mengatur pola makan. Begitu juga sebaliknya.

Jadi, mari kita hidup sehat. Pilih makanan buah dan sayuran untuk diet dengan tepat lalu berolahragalah supaya lebih fit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar