Cara Diet Sehat dengan Mengatur Kebutuhan Nutrisi | Cara Diet Sehat

Cara Diet Sehat dengan Mengatur Kebutuhan Nutrisi


Cara diet sehat yang akan diulas di bawah ini adalah dengan mengatur kebutuhan nutrisi dalam tubuh. Banyaknya program penurunan berat badan yang tersedia saat ini membuat Anda harus selektif dalam memilih. Namun pada dasarnya, program diet yang baik adalah yang didesain dengan pengaturan kebutuhan nutrisi yang seimbang. Berikut ini adalah pengaturan kebutuhan nutrisi yang baik untuk diterapkan dalam diet Anda.

Cara diet sehat yang dianjurkan dengan pengaturan kebutuhan nutrisi seimbang

Cara diet sehat yang dianjurkan dengan pengaturan kebutuhan nutrisi seimbang

 

Rendah Energi

Pengurangan asupan energi ini bertujuan untuk meningkatkan pemecahan lemak yang dibutuhkan untuk memenuhi energi harian. Tentunya, pengurangan energi ini harus dilakukan secara bertahap dengan mempertimbangkan kualitas dan kuantitas makanan yang Anda konsumsi. Cara ini akan menjadikan berat badan turun secara bertahap, sehingga kemungkinan berat badan untuk naik lagi akan sangat kecil.

Karbohidrat Terpenuhi

Agar nutrisi terpenuhi dengan baik, pastikan Anda sudah memenuhi asupan 60% karbohidrat dari kebutuhan energi total. Agar Anda selalu merasa kenyang, konsumsilah karbohidrat kompleks seperti nasi, jagung, kentang, sereal, dan lain-lain. Anda bisa memasaknya dengan banyak cara agar tidak bosan. Sedangkan konsumsi makanan berkarbohidrat sederhana seperti gula pasir, cokelat, sirup, cake, serta permen tidak direkomendasikan.

Protein yang Sedikit Lebih Tinggi

Cara diet sehat berikutnya adalah dengan memenuhi kebutuhan protein, terutama yang berasal dari hewani. Makanan berprotein hewani yang baik untuk Anda konsumsi misalnya daging tanpa lemak, daging asap, ayam tanpa kulit, telur, dan lain-lain. Selain itu, protein nabati yang baik untuk tubuh yaitu tahu, tempe, kacang-kacangan, serta kedelai.

Lemak yang Sedikit Lebih Rendah

Sumber lemak yang baik bagi Anda yang sedang melakukan program diet adalah lemak tak jenuh ganda. Minyak jagung, minyak kelapa sawit, atau minyak kedelai baik untuk Anda gunakan saat menggoreng makanan. Sedangkan bahan-bahan berlemak lainnya yang tidak dianjurkan untuk Anda pakai adalah margarin, mentega, serta minyak kelapa.

Serat Tinggi

Serat sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah yang banyak. Anda bisa mendapatkan nutrisi ini dari sayuran dan buah-buahan yang diolah dengan cara dikukus, direbus, ataupun dimakan secara langsung. Sedangkan makanan-makanan yang sebaiknya Anda hindari adalah sayuran yang dimasak dengan santan, buah-buahan yang diolah dengan gula atau susu, serta buah-buahan yang mengandung energi tinggi seperti nangka, durian, srikaya, serta cempedak.

Itulah lima poin tentang kebutuhan nutrisi dalam tubuh yang harus terpenuhi dengan baik selama Anda menjalani program penurunan berat badan. Cek kembali program diet yang Anda jalani, apakah nutrisinya sudah seimbang atau belum. Nah, sekarang kita tahu bahwa cara diet sehat tak harus mahal, bukan? Hanya dengan memperbaiki pola makan dengan makanan yang menyajikan asupan nutrisi seimbang, Anda pun bisa mendapatkan tubuh proporsional seperti yang Anda idamkan. (AE)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar