Cara Menahan Lapar Ketika Puasa


Tantangan yang umum dirasakan oleh banyak orang ketika sedang berpuasa adalah bagaimana cara menahan lapar saat berpuasa. Khususnya saat baru mulai berpuasa atau di hari-hari pertama bulan Ramadhan. Apalagi biasanya bulan puasa datang bersamaan dengan datangnya musim kemarau di Indonesia. Siang hari yang panas mudah sekali membuat perut keroncongan, mulut dan bibir kering, serta rasa dahaga yang teramat sangat. Lantas, bagaimana caranya supaya puasa tetap lancar di tengah tantangan seperti itu? Ini tips menahan lapar ketika berpuasa untuk Anda.

Begini lho cara menahan lapar ketika sedang berpuasa

Cara Menahan Lapar Ketika Puasa

Menyibukkan diri

Membuat jadwal yang padat dengan jenis aktivitas ringan bisa menjadi solusi yang cukup mudah untuk tidak terus fokus pada perut yang keroncongan dan sindrom lapar. Dengan sibuk, waktu yang kita lalui terasa lebih cepat. Bahkan secara tidak sadar, sebagian orang mengucapkan, kok sudah dhuhur, kok sudah ashar, dan seterusnya ketika mendengar adzan di jam sholat tersebut. Untuk itu, akan sangat mudah bagi kita untuk menjalankan ibadah puasa jika kita mau tetap beraktivitas, tetap sibuk, dan menjalankan aktivitas tersebut dengan lebih ikhlas dan tekun. Sebaliknya, hindari berdiam diri, hanya tidur saja, menonton TV, dll. Sebab aktivitas semacam ini bisa membuat kita mudah mengingat makanan dan ingin menyantapnya.

Menakar makanan

Menakar berapa makanan yang Anda konsumsi adalah hal terbaik untuk mengukur kemampuan Anda dalam berpuasa seharian. Hitung berdasarkan apa yang Anda butuhkan, kembali lagi kepada diri Anda. Dengan mengetahui yang Anda butuhkan, Anda bisa menahan keinginan untuk makan berlebih. Sebab ingin makan banyak supaya bisa kuat puasa seharian juga bukan menjadi solusi yang baik untuk benar-benar kuat berpuasa.

Cara menahan godaan

Salah satu sebab seseorang tiba-tiba merasa lapar saat puasa adalah saat ada godaan, misalnya ada wangi makanan, atau hal lain semacam itu. Anda perlu tahu bagaimana cara menahan godaan makan supaya bisa menahan lapar ketika sedang berpuasa. Menahan godaan makan, memang berat untuk hari-hari pertama, tetapi jika kita sudah terbiasa melakukannya, maka akan jauh lebih mudah menjalankan di hari berikutnya. Enteng dan bisa dilakukan secara lancar.

Puasa: mengendalikan diri

Inti dari berpuasa adalah kita bisa mengendalikan diri kita. Dari hal-hal yang bisa membatalkan puasa juga dari hawa nafsu. Dengan mengetahui esensi puasa, ini akan menjadi cambuk tersendiri buat kita untuk terus menjalankannya sesuai dengan ajaran islam. Fokus pada cara berpuasa yang benar dan mengetahui esensi berpuasa serta melaksanakannya adalah satu bentuk hal yang bisa membuat kita lebih baik tidak hanya di bulan Ramadhan tetapi juga di bulan berikutnya.

Baca Juga: Begini Nih Tips Memilih Menu Buka Puasa yang Sesuai

Manfaat puasa sebagai semangat

Dukungan untuk berpuasa sangat penting. Jika anak-anak didukung dengan penghargaan, maka orang yang sudah dewasa membutuhkan dorongan lain selain pahala. Yakni manfaat baik dari puasa, misal buat kesehatan tubuh. Sebab puasa bisa membuang racun dalam tubuh serta mencegahnya. Ini akan menjadi alasan sekaligus semangat yang baik untuk menjalankan Ibadan bulan puasa Ramadhan dengan lebih tenang dan lancar.

Demikian info tentang tips menahan lapar ketika berpuasa yang dapat disampaikan. Semoga ulasan tentang puasa dan diet sehat ini bermanfaat buat kita semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar