Begini Nih Tips Memilih Menu Buka Puasa yang Sesuai


Memilih menu buka puasa saat Ramadhan memegang peranan yang sangat penting, mengingat puasa ini dijalankan selama sebulan penuh. Tidak bisa sembarangan atau akan berpengaruh pada puasa dan lebih umum ke kesehatan tubuh selama menjalankan ibadah puasa. Untuk itu, kita perlu cermat menentukan menu makanan sehat untuk berbuka puasa yang terbaik. Di sini, kami akan memberikan pemaparan tentang beberapa pertimbangan yang perlu dilakukan supaya bisa mendapatkan menu buka puasa yang paling oke buat keluarga.

Yuk simak dulu cara dan tips memilih menu buka puasa terbaik bagi keluarga

Begini Nih Tips Memilih Menu Buka Puasa yang Sesuai

Bagaimana kondisi saluran pencernaan?

Perlu Anda ketahui, kalau kondisi saluran pencernaan setelah berpuasa seharian berbeda dengan hari-hari biasa. Karena pada saat hendak berbuka, perut masih dalam kondisi kosong. Dan supaya terhindari dari peregangan yang terjadi secara tiba-tiba pada lambung, minumlah terlebih dulu. Kemudian lanjutkan dengan makanan namun porsinya kecil dan bertahap. Jangan langsung banyak.

Baca Juga: Cara Aman Berpuasa Saat Menyusui

Memilih makanan ta’jil buat buka puasa

Cairan tubuh dan juga kadar gula darah biasanya menurun setelah berpuasa seharian. Untuk mengembalikannya, Anda harus mengawali buka puasa dengan minuman dengan rasa manis, ditambah dengan makanan porsi kecil dengan rasa manis pula. Makanan yang dipilih juga harus makanan yang mudah dicerna seperti makanan dengan kandungan karbohidrat sederhana. Anda bisa memilih mangga yang sudah dibuat jus, kurma, dan yang lainnya. Namun demikian, Anda juga harus memperhatikan lonjakan kadar gula darah. Supaya tidak naik secara tiba-tiba, ada baiknya Anda menghindari makanan manis dan minuman di atas dalam jumlah banyak, maksimal sekitar 10 sampai 15 persen saja dari jumlah total kalori harian yang dibutuhkan. Berikut pilihan menu ta’jil buka puasa yang bisa dipilih;

1.Minuman manis dengan 1 sampai 2 sendok teh gula dalam 1 gelas
2.Makanan yang mudah dicerna seperti kurma
3.Kue manis rendah lemak sebanyak 1 – 2 potong saja.

Menu makanan sehat buka puasa

Setelah makan ta’jil, Anda bisa mengambil wudlu, kemudian sholat maghrib dulu. Baru setelah itu, Anda bisa mengonsumsi makanan utama dengan kandungan yang lengkap dan seimbang gizinya. Kandungan vitamin, mineral, dan zat gizi lainnya disajikan dalam olahan bervariasi yang tidak membosankan serta menggugah selera.

Baca Juga: Mau Perut Langsing Ramping? Pilih 5 Makanan Ini!

Bagaimana dengan minuman?

Meski hanya boleh makan dari kumandang adzan maghrib sampai imsyak, kita tetap harus menjaga jumlah air yang kita minum dalam satu hari. Tetap mengonsumsi cairan sebanyak 2 liter atau sekitar 8 sampai 10 gelas saat Anda berpuasa. Hal ini juga akan membantu dalam menjaga stamina Anda di siang hari saat menjalankan ibadah puasa.

Memilih menu buka puasa dengan tepat juga harus diimbangi dengan pemilihan menu sahur yang pas pula. Apalagi buat Anda yang sedang menjalani program diet sehat selama bulan Ramadhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar