Cara Diet Sehat Saat Puasa – Tetap Bugar Saat Bulan Menjalankan Ibadah | Cara Diet Sehat

Cara Diet Sehat Saat Puasa – Tetap Bugar Saat Bulan Menjalankan Ibadah


Cara diet sehat saat puasa ini akan memberikan gambaran kepada Anda untuk tetap menjalankan diet penurun berat badan meskipun sedang berpuasa ramadhan maupun puasa sunah senin-kamis, Daud, dan lain sebagainya. Seperti diketahui, puasa merupakan salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk tetap mendapatkan metabolisme yang sehat dan tidak akan mengganggu kesehatan. Tentu saja, jika ini dilakukan dengan cara yang benar akan dapat mendukung program diet Anda. Dengan kata lain, manfaatkan bulan puasa sebagai momen terbaik untuk menurunkan berat badan Anda. Penasaran dengan caranya? Yuk simak ulasan lengkapnya.

Inilah cara diet sehat saat puasa – tetap sehat dan bugar

Cara Diet Sehat Saat Puasa

Pertama, persiapan dan adaptasi

Perlu Anda ketahui bahwa tubuh Anda perlu melakukan adaptasi saat hari-hari pertama puasa. Tubuh memerlukan sekitar 10 hari pertama untuk beradaptasi dengan kebiasaan Anda saat tidak puasa dengan puasa biasa. Saat terjadi adaptasi ini, metabolisme Anda berjalan sangat cepat sehingga untuk menurunkan berat badan sangatlah mudah.

Kedua, makan sahur

Dalam islam, sahur sangat disarankan. Bahkan, sahur lebih baik diakhirkan dari pada dilakukan pada saat awal. Hal ini jugalah yang harus Anda lakukan jika Anda ingin menurunkan berat badan. Yakni mengakhirkan sahur (tetapi sebelum imsak). Hal ini dilakukan agar energi harian Anda dapat tersimpan dalam waktu yang lama dan bisa kuat menjalani hari dengan puasa. Lalu apa yang Anda makan saat sahur? Anda bisa membuka dengan menu yang manis seperti minuman manis untuk sahur sehat Anda. Kemudian, Anda bisa mengonsumsi makanan utama berupa karbohidrat, protein, dan sayur yang kaya akan serat. Anda juga bisa menambahkan lemak nabati yang sehat dalam menu sahur Anda.

Ketiga, menu makanan saat berbuka

Cara diet sehat saat puasa ketiga adalah dengan memperhatikan menu buka puasa. Berbeda dengan sahur, dalam islam Anda disarankan untuk mengawalkan berbuka puasa. Batalkan puasa Anda begitu mendengar adzan dan mulailah dengan makanan yang lembut. Setelah sholat maghrib, Anda bisa mengonsumsi menu utama buka puasa dengan porsi yang sewajarnya. Jangan terlalu berlebih dan pastikan untuk mengunyahnya hingga lembut. Jangan sampai terlalu kenyang karena akan tidak baik untuk kesehatan. Selain itu, Anda juga harus menghindari makanan pedas, bersantan, dan makanan lain yang tidak sehat untuk pencernaan Anda.

Keempat, melakukan aktivitas sewajarnya

Aktivitas yang padat memang menguras tenaga, nikmatilah pekerjaan ini sebagai sebuah olahraga ringan yang Anda perlukan untuk menurunkan berat badan. Lakukan dengan ikhlas dan dapatkan bonus pahala ibadah dari pekerjaan Anda.

Kelima, tetap berolahraga

Setelah shubuh, Anda bisa mengaji dan membuka aktivitas harian dengan olahraga pagi yang ringan seperti jalan kaki untuk menghirup udara pagi yang segar. Kesehatan tak hanya akan ada di saluran pencernaan Anda tetapi juga kesehatan pernafasan Anda.

Itulah cara diet sehat saat puasa yang bisa Anda lakukan agar tetap sehat dan bugar saat puasa. Selain itu, misi menurunkan berat badan Anda juga tetap bisa terlaksana.

Semoga Bermanfaat

Salam Diet Sehat - www.dietsehatcantik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar