6 Menu Makanan Sehat yang Mengandung Lemak Sehat | Cara Diet Sehat

6 Menu Makanan Sehat yang Mengandung Lemak Sehat


6 Menu Makanan Sehat yang Mengandung Lemak Sehat - Tahukah Anda jika tidak semua lemak itu jahat? Ya, buktinya ada lemak yang bersahabat dengan tubuh kita. Pada dasarnya, lemak memang sangat dibutuhkan oleh tubuh karena merupakan sumber energi untuk tubuh (baca: lemak versus kolesterol). Lalu bagaimana caranya menemukan lemak jahat dan lemak sehat? Inilah beberapa menu makanan sehat mengandung lemak yang bisa Anda konsumsi dengan aman;

6 Menu Makanan Sehat yang Mengandung Lemak Sehat


Menu Makanan Sehat dengan Lemak Sehat

1.    Minyak Kelapa dan Minyak Zaitun


Menu makanan sehat yang pertama berasal dari jenis minyak. Adalah minyak kelapa yang berasal dari kelapa (lemak nabati) dan minyak zaitun. Kedua manfaat ini memiliki manfaat untuk tubuh. Minyak kelapa sangat baik untuk membantu meningkatkan kadar kolesterol baik. Namun demikian, gunakanlah dengan bijak minyak kelapa ini. Karena minyak kelapa juga mengandung lemak jenuh.

Sedangkan minyak zaitun sangat baik untuk kesehatan jantung Anda. Minyak zaitun ini bisa menjadi pilihan Anda saat memasak sebagai pengganti minyak goreng, butter, atau margarin. Sebaliknya, jangan gunakan minyak kelapa sebagai pengganti minyak goreng.

2.    Beberapa Jenis Ikan


Ikan yang masuk dalam kategori lemak sehat adalah ikan salmon, ikan tuna, dan ikan sarden. Ketiga ikan ini bisa menjadi menu pilihan lauk Anda di rumah. Apalagi jika Anda sedang dalam proses menurunkan berat badan. Olahan makanan ikan yang dipanggang seperti menu harian di artikel sebelumnya, bisa menjadi makanan lezat sekaligus sehat.

Ikan salmon, ikan tuna, dan ikan sarden ini memiliki manfaat untuk mengontrol tekanan darah, mengurangi pembekuan darah, dan menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

3.    Kacang-kacangan


Menu makanan sehat satu ini mengandung lemak tak jenuh. Kacang-kacangan juga memiliki fungsi baik untuk tubuh dalam hal penurunan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Kacang yang bisa Anda masukkan dalam menu makanan diet sehari-hari adalah almond, kacang mede, kacang tanah, dan hazelnut.

4.    Kelapa


Inilah sumber lemak yang sangat bagus untuk Anda. Kenapa? Karena kelapa mengandung vitamin K, vitamin E, dan zat besi. Vitamin K memiliki fungsi untuk membantu pertumbuhan tulang dan mempercepat kerja kalsium, sedangkan vitamin E berfungsi untuk membantu meremajakan kulit serta menjaga kesehatannya. Zat besi tak diragukan lagi perannya untuk kesehatan tubuh, dalam hubungannya dengan darah.

5.    Biji Anggur


Menurut penelitian, ekstrak biji anggur dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

6.    Alpukat

Setelah berkutat dengan sayuran dan lauk, kini saatnya Anda tahu buah berlemak yaitu alpukat. Jangan khawatir, karena lemak nabati di dalamnya sangat tinggi dan malah berfungsi untuk memerangi kolesterol LDL dalam darah. Selain manfaat tersebut, alpukat juga bisa membantu Anda untuk mencegah penyakit degeneratif seperti stroke dan serangan jantung.

Itulalah 6 menu makanan sehat yang bisa Anda pilih untuk melengkapi kebutuhan lemak Anda tanpa harus takut gemuk dan atau kelebihan kolesterol. Karena faktanya, makanan tersebut malah berperan untuk mengurangi kadar lemak jahat dalam darah. So, lemak juga ada yang sehat kan?

Semoga bermanfaat

Salam Diet Sehat Cantik – www.dietsehatcantik.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar