7 Cara Diet Tanpa Olahraga dengan Mengontrol Pola Makan | Cara Diet Sehat

7 Cara Diet Tanpa Olahraga dengan Mengontrol Pola Makan


Cara diet tanpa olahraga atau diet tanpa diimbangi dengan olahraga menjadi pilihan yang paling banyak ditempuh oleh banyak orang. Padahal, pengurangan energi sekitar 500 kalori per hari saja bisa membuat berat badan berkurang sekitar ½ kg dalam seminggu. Di mana pengurangan energi ini bisa ditempuh dengan jalan berolahraga.

Penelitian membuktikan bahwa dalam diet tanpa melakukan olahraga, jaringan yang kosong akan mudah ditempati lagi oleh lemak. Hal ini menyebabkan lemak lebih mudah tertimbun dalam tubuh, sehingga berat badan akan cepat naik lagi. Namun, jika Anda tetap ingin sukses melakukan diet tanpa olahraga, Anda bisa fokus mengontrol pola makan sehari-hari. Selengkapnya silakan simak ulasan kami dalam artikel ini ya?

7 cara diet tanpa olahraga untuk mendapatkan tubuh ideal dengan pola makan sehat


 7 cara diet tanpa olahraga untuk mendapatkan tubuh ideal dengan pola makan sehat

Kontrol Kalori Camilan Anda

Saat diet, Anda masih boleh makan camilan, namun dengan kalori dan nutrisi terkontrol. Pilih camilan yang kandungannya kurang dari 100 kalori. Selain itu, camilan dengan 3 gr lemak, kurang dari 15 gr gula, dan 7 gr protein masih terbilang baik untuk Anda konsumsi. Dengan camilan yang terkontrol, diet pun terasa lebih berwarna dan tidak membosankan.

Susu Rendah atau Tanpa Lemak

Jika Anda ingin meminum susu, pilih yang rendah atau tanpa lemak. Anda juga masih bisa mengonsumsi yogurt, keju, atau krim yang rendah lemak. Dengan begitu, Anda bisa tetap menikmati makanan yang enak, namun tetap bernutrisi tinggi.

Makanan Penutup yang Rendah Kalori

Cara diet tanpa olahraga berikutnya adalah dengan mengontrol makanan penutup. Untuk dessert ini, Anda juga harus memilih yang rendah kalori. Anda bisa memilih es krim yang kandungan kalorinya kurang dari 150 kal. Pilihan lain misalnya cookie yang mengandung kurang dari 100 kalori.

Kunyah Makanan Hingga Halus

Ada dua keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan mengunyah makanan sampai halus. Pertama, nutrisi akan cepat terserap tubuh karena organ tidak perlu menghaluskan makanan lagi. Kedua, otak Anda akan cepat memberikan sinyal kenyang, sehingga tidak banyak makanan yang akan Anda konsumsi.

Makan Hanya Ketika Benar-Benar Lapar

Untuk bisa sukses melakukan cara diet tanpa olahraga, Anda harus bisa mengendalikan nafsu makan. Ingat, mengendalikan nafsu makan bukan berarti tidak makan sama sekali. Justru Anda tidak boleh melewatkan sarapan pagi. Sebab menggabungkan sarapan pagi dengan makan siang akan membuat Anda justru menginginkan porsi makan yang lebih banyak. Kendalikan nafsu makan Anda dan makanlah hanya saat perut Anda sudah lapar.

Berhentilah Makan Sebelum Kenyang

Ketika Anda sudah merasa 80% - 90% kenyang, berhentilah makan. Anda akan terbiasa jika sudah sering melakukannya. Biasanya, sinyal kenyang baru akan mencapai otak 20 menit kemudian.

Hindari Makan Sambil Melakukan Hal Lain

Makan sambil melakukan kegiatan lain seperti menonton TV merupakan kebiasaan buruk yang harus Anda hindari. Kebiasaan ini bisa membuat makanan tidak tecerna dengan baik. Selain itu, kebiasaan ini juga akan membuat Anda tidak cepat merasa kenyang. Jadi, sebaiknya saat Anda makan, fokus pada makanan Anda saja sehingga bisa mengontrol dan mengukur konsumsi makanan Anda dengan lebih baik.

Meskipun Anda bisa melakukan cara diet tanpa olahraga di atas, namun sebaiknya lakukan setidaknya kegiatan ringan yang bisa memberikan latihan fisik untuk Anda. Anda bisa melakukan olahraga kecil seperti berjalan agak jauh atau menaiki tangga tanpa bantuan lift. Ini akan membantu memperbaiki metabolisme dan pembakaran lemak. (AE)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar