Inilah 10 Tanda Kekurangan Zat Besi yang Wajib Diketahui (Part-2 Habis) | Cara Diet Sehat

Inilah 10 Tanda Kekurangan Zat Besi yang Wajib Diketahui (Part-2 Habis)


Inilah 10 Tanda Kekurangan Zat Besi yang Wajib Diketahui (Part-2 Habis) - Lima tanda kekurangan zat besi telah dibahas dalam artikel sebelumnya. Artikel ini akan membahas mengenai 5 tanda atau gejala kekurangan zat besi terakhir agar Anda bisa mengerti dan memahami serta mampu menanggulangi kekurangan zat besi dengan baik. Mari kita simak tanda atau gejala kekurangan zat besi berikut ini;

Inilah 5 tanda kekurangan zat besi yang wajib diketahui

Tanda atau Gejala Kekurangan Zat Besi

Pertama, sakit kepala

Menurut National Headache Foundation, kekurangan zat besi bisa menyebabkan kurangnya asupan oksigen yang mengalir ke jaringan otak. Hal ini kemudian menyebabkan kontraksi pada otak dan akan menyebabkan rasa sakit pada kepala yang tidak tertahankan. Kabar buruknya, hal ini bisa terjadi sangat sering dan mengganggu aktivitas. meski sakit kepala maupun pusing tak hanya merupakan gejala kekurangan zat besi, Anda tetap harus waspada.

Kedua, rambut rontok

Rambut rontok bisa menjadi salah satu tanda atau gejala kekurangan zat besi. Kesehatan rambut seorang perempuan bukan hanya tergantung dari perawatan luarnya seperti keramas, pemakaian kondisioner, dan atau perawatan lain yang biasanya dilakukan. Kesehatan rambut juga berkenaan dengan zat-zat dan ion yang terkandung dalam tubuh, salah satunya adalah zat besi. Kekurangan zat besi hanya akan membuat akar rambut dan batang rambut menjadi rapuh. Akibatnya tentu saja akan membuat rambut menjadi rontok dan tidak terlihat segar.

Ketiga, pelaku diet vegetarian

Jika Anda sedang melakukan diet vegetarian, kemungkinan besar untuk menderita kekurangan zat besi sangat tinggi. Pasalnya, zat besi biasanya didapatkan dari ikan, daging, dan makanan hewani lainnya. Saat Anda melakukan diet vegetarian, makanan ini jelas akan Anda hindari. Oleh karena itu, penting untuk menemukan buah dan sayur yang mengandung zat besi dalam jumlah banyak untuk mengganti kekurangan tersebut dan mendapatkan diet sehat dan cocok untuk tubuh Anda.

Keempat, mengalami radang usus

Orang yang mengalami radang usus disarankan untuk segera berkonsultasi ke dokter dan mengetahui secara pasti penyebab radang ususnya. Hal ini karena penyakit radang usus dapat menyebabkan penyerapan zat besi menjadi berkurang. Tentu saja, dengan penyerapan zat besi yang hanya sedikit, kebutuhan akan zat besi tidak akan tercukupi dengan baik.

Kelima, merasa cemas tanpa alasan

Sering cemas bukanlah masalah psikis saja. Ada kalanya cemas ini berkaitan dengan kekurangan zat besi dalam tubuh. Hal ini karena sistem saraf manusia tidak cukup mendapatkan kebutuhannya akan zat besi sehingga mampu menstimulus tubuh dan pikiran untuk stres, cemas, dan khawatir meskipun sebenarnya tidak ada apa pun yang perlu dikhawatirkan atau sedang terjadi. Bahkan Anda sedang dalam posisi santai dan tidak membawa beban sedikit pun, termasuk tidak sedang lelah.

Itulah gejala atau tanda kekurangan zat besi yang harus Anda waspadai. Bisa jadi, hampir semua orang mengalami salah satunya. Dan solusi terbaiknya hanyalah dengan hidup sehat.

Semoga Bermanfaat

Salam Diet dan Sehat – www.dietsehatcantik.com 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar