20 Makanan dan Tips Diet Golongan Darah B | Cara Diet Sehat

20 Makanan dan Tips Diet Golongan Darah B


Diet Golongan Darah B - Salah satu cara melangsingkan tubuh tanpa obat pelangsing adalah dengan melakukan diet berdasarkan tipe darah. Diet ini memiliki konsep untuk memberikan asupan gizi yang sesuai pada tubuh kita menurut jenis darah yang kita miliki.

Nah, jika sebelumnya kami membahas mengenai diet golongan darah A dan diet darah AB, kali ini pembahasan diet ini berlanjut ke darah golongan B. Sehingga Anda yang bergolongan darah tipe B bisa mengikuti program menguruskan berat badan dengan diet sehat ini.

Pembagian asupan gizi pada menu diet darah B digolongkan ke dalam Paling Direkomendasikan, Boleh Dimakan Tapi Dibatasi, dan Dihindari. Lalu, apa saja yang masuk dalam masing-masing golongan tersebut?

Diet Sehat tipe Darah B

Karakteristik Darah Golongan B

Sebelum masuk ke inti pembahasan, kita awali dengan intro karakter dan sifat tipe darah B. Secara umum :

  • Kamu bersifat optimistik dan suka kebebasan. Kalau ada masalah, selalu tenang dan memikirkan jalan keluarnya. Santai dan easy going.
  • Maka dari itu, kamu pintar banget berkomunikasi dengan siapapun. Pergaulanmu luas.
  • Sifatmu juga ramah kepada semua orang.
  • Anehnya, suasana hatimu sulit ditebak alias moody.
  • Kalau sudah kumat moodynya, kamu bisa terlalu berlebihan dalam tindakan dan ucapan. Dan ini yang membuat temanmu menjauhimu. meskipun jarang sih.
  • Negatifnya, kamu itu sensitif tapi kok kadang kurang peka. Suka nggak ngeh sendiri.

Daftar orang terkenal yang memiliki darah tipe B :

  • Leonardo DiCaprio, Luciano Pavarotti, Jack Nicholson, Tom Selleck, Vince Young, and Paul McCartney.

Faktor kesehatan orang dengan tipe darah golongan B sebenarnya memiliki sistem imunitas yang kuat, tapi cenderung memiliki risiko tinggi untuk terpapar infeksi virus yang perkembangannya lambat seperti kelelahan kronis dan lupus.

Gangung kesehatan berupa hipoglikemia atau kadar gula rendah juga sering menghantui akibat salah pola makan.

Menu Sehat Makanan dan Minuman Paling Direkomendasikan untuk Diet Sehat Golongan Darah B

Ada 5 jenis makanan dan minuman yang paling di sarankan untuk di konsumsi dengan frekuensi sesering mungkin.

1. Makanan Utama

Untuk makanan yang mengandung karbohidrat, Anda bisa memilih nasi, roti, sereal, tepung beras, dan tepung terigu.

2. Lauk Pauk Daging dan Ikan

Di menu makanan Anda, Anda juga bisa menambahkan olahan ikan salamon, ikan sarden, dan daging kelinci.

3. Sayuran

Sementara untuk sayurannya, kol, wortel, jamur, kentang, dan brokoli adalah yang terbaik. Semua sayuran tersebut bisa Anda campurkan maupun dimasak secara terpisah. Sesuai dengan selera Anda. Yang perlu Anda ingat, pilihlah sayuran organik yang masih fresh.

4. Camilan

Anda bisa memakan camilan buah-buahan seperti pisang, nanas, pepaya, dan anggur. Jika bosan Anda bisa membuatnya menjadi jus. Atau, yoghurt dengan topping buah juga bisa menjadi pilihan yang segar.

5. Kacang atau Biji-bijian

Untuk diet tipe darah B ini, tidak ada jenis kacang atau biji-bijian yang paling direkomendasikan. Tetapi ada yang boleh dimakan.

Makanan dan Minuman yang Boleh Dimakan Untuk Menunjang Diet Golongan Darah B

Makanan ini boleh dimakan dengan intensitas sedang, yaitu 2 kali dalam seminggu, bukan sehari ya.

6. Daging dan Seafood

Anda boleh tetap memakan daging, abalone, dan ikan tuna untuk variasi lauk mingguan Anda, agar tidak jenuh dengan makanan yang disebutkan sebelumnya.

7. Roti

Anda juga mengkreasikan roti Anda dengan keju cheddar, keju krim, dan margarin di sarapan mingguan Anda.

8. Sayuran

Untuk pilihan sayurnya, sebenarnya orang dengan darah B sudah memiliki banyak sekali pilihan, tetapi bayam dan asparagus bisa membuat kamus sayuran tipe darah ini semakin banyak.

9. Camilan

Camilan Anda adalah buah seperti cherry, kiwi dan jambu merah. Kacang-kacangan yang diperbolehkan adalah kacang almond dan walnut.

10. Buah dan Jus

Sementara jus dari buah-buahan tadi jelas diperbolehkan ditambah kopi dan teh.

Pantangan Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari

2 pantangan kelompok makanan ini harus anda hindari. Kalau bisa jangan sampai ketemu makanan ini. Apa sebab? Kalau sampai anda mengonsumsinya, maka bubarlah sudah program diet yang anda lakukan.

11. Makanan Yang Dilarang

Kecap, santan atau kelapa, tomat, tofu atau tahu, jagung, kacang tanah, kwaci, udang, dan kepiting adalah beberapa makanan yang harus dihindari.

Untuk urusan lauk, olahan ayam adalah salah satu yang harus dihindari juga.

12. Minuman yang dilarang

Minuman soda tidak begitu baik untuk dikonsumsi. Sebaiknya segera kurangi dan ganti dengan minuman jenis lain seperti air putih yang sangat sehat bagi tubuh.

Tips Untuk Kesuksesan Program Diet Darah Golongan B

13. Perbanyak Air putih. Wajib.

Selalu terhidrasi atau selalu mencukup asupan air dalam tubuh sangatlah penting. Tidak hanya untuk darah jenis B saja, tetapi juga untuk semua tipe. Minimal air yang harus di minum sehari adalah 8 gelas air putih. Sebaiknya di minum 2 gelas 30 menit sebelum makan.

Hal ini akan memberikan dampak yang bagus untuk meluruhkan lemak dan memudahkan pencernaan.

14. Tahan banting tapi juga rentan

Maksudnya, tipe darah B memang umumnya tahan terhadap “penyakit masa kini” yaitu kanker dan gangguan jantung. Namun demikian, mereka juga rentan terhadap infeksi sinus, saluran kemih, E.Coli dan influenza (pilek).

Hal ini dapat diatasi jika anda mengikuti arahan yang sudah kami sajikan di atas dengan rutin memakan menu yang paling di rekomendasikan dan membuang jauh-jauh makanan yang termasuk dalam pantangan yang wajib di hindari.

15. Mudah kurus kalau mampu kontrol porsi makan

Dapat disimpulkan dari berbagai sumber bahwa mereka yang memiliki darah tipe B mudah menghancurkan lemak yang ada dalam tubuh. Tapi bukan berarti anda bisa menggemukkan badan dan menurunkannya kapan saja semau anda. Mengingat, anda juga punya kerentanan terhadap masalah insulin. Untuk itu, kurangi makanan yang mengandung gula berlebih.

Kuncinya ada di pola pengendalian makanan. Atur porsi makan anda dengan menghitung jumlah kalori makanan yang akan anda konsumsi. Tidak berlebihan dan tidak kurang. Pas takarannya.

Tips Diet Darah Tipe B Lainnya

16. Hindari Stress

Stress adalah masalah besar yang harus anda hindari. Beberapa penyebabnya bisa jadi masalah pekerjaan dan keluarga. Untuk itu disarankan untuk belajar mengatur waktu dengan skala prioritas dan membina hubungan keluarga yang lebih baik lagi

17. Olahraga

Selain itu, stress anda dapat di atur atau kontrol dengan berolahraga. Ikutlah jenis olahraga yang menenangkan seperti yoga, tai chi, dan ikut meditasi yang ada di silat. Lakukan olahraga secara rutin dan teratur. Sebisa mungkin belajar pernapasan untuk mencari ritme ketenangan.

18. Rileks

Rileks diperoleh dari asupan tidur yang cukup. Tujuannya agar anda dapat mengawali hari dengan penuh santai dan tanpa stres. Ingat ya, yang cukup, bukan berlebihan.

19. B + positif

Jenis darah B+ mampu mendonasikan darahnya ke B+, AB+ dan menerima donor dari B+, B-, O+, O-.

Tipe Makanan yang sebaiknya dikonsumsi adalah sayuran hijau yang kaya mineral seperti brokoli dan kubis yang dapat membantu memerangi virus. Olahan susu juga baik untuk anda karena mudah di cerna perut.

Sebaiknya anda harus berhati-hati dengan jagung, kacang dan biji sesame. Waspadalah terhadap daging ayam karena memiliki agglutinating lectin yang berpotensi menyebabkan stroke dan melemahkan imunitas anda.

20. B – Negatif

Tipe darah B– dapat menjadi donor ke B–, B+, AB–, AB+ dan menerima donor darah dari B– dan O-.

Makanan yang sebaiknya anda konsumsi adalah protein dan karbohidrat dari sayur dan daging. Brokoli sangat baik karena mengandung antioksidan untuk meningkatkan imunitas (daya tahan) anda. Kubis juga bagus karena mengandung vitamin C.

Waspadalah dengan daging babi, kerang, dan daging ayam yang memiliki kandungan >agglutinating lectin yang berpotensi mengganggu kekebalan tubuh anda. Tomat juga sebaiknya dihindari karena mengandung lectins yang mampu menyebabkan iritasi pada lapisan perut.

Itulah menu diet golongan darah B minuman yang direkomendasikan, diperbolehkan, dan harus dihindari. Karena biasanya golongan darah ini memiliki masalah dengan organ reproduksi, ada baiknya untuk menjaga diri dari makanan penyebab masalah reproduksi. Untuk diet sehat darah golongan O bisa anda simak di sini.

Semoga Bermanfaat
Salam Diet Sehat Cantik – www.dietsehatcantik.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar