Ini Bahaya dan Efek Tidur Setelah Sahur dan Solusinya


Dampak, bahaya, dan efek tidur setelah sahur itu ternyata tidak baik lho? Salah satu yang merugikan bagi para pelaku diet adalah kecenderungan berat badan naik atau malah bisa jadi buncit. Bagaimana ini bisa terjadi? Dan efek negatif apa lagi yang bisa terjadi ketika kita tidur setelah sahur? Simak ulasan lengkapnya dalam artikel kami ini.

Begini beberapa dampak dan efek tidur setelah sahur saat berpuasa

Ini Bahaya dan Efek Tidur Setelah Sahur dan Solusinya

Pertama, perut buncit

Perlu Anda ketahui kalau saat sahur, kita akan banyak mengonsumsi makanan yang tentu saja akan masuk dalam perut. Jika setelah sahur kita memilih untuk tidur, maka akan besar kemungkinan makanan dan lemak yang terkandung dalam makanan itu akan tertimbun dalam perut. Apalagi, ketika seseorang tidur, maka tubuh akan hemat energi. Hal inilah yang kemudian bisa menjadikan perut menjadi buncit.

Kedua, berat badan naik

Tidak hanya masalah perut buncit yang menjadi bahaya tidur setelah sahur saat berpuasa. Kenaikan berat badan juga menjadi kabar buruk bagi para pelaku diet jika ini terus saja dilakukan.

Ketiga, refluks asam lambung

Ketika kita tidur, makanan yang baru saja masuk ke dalam perut bisa jadi berbalik, dari yang tadinya di lambung menuju ke kerongkongan. Hal ini biasanya dinamakan refluks. Jika hal ini terjadi, maka bukan tidak mungkin, kerongkongan akan mengalami luka dan terasa panas layaknya terbakar. Bahkan, mulut pun juga akan terasa pahit.

Keempat, stroke

Masalah selanjutnya yang bisa terpicu ketika kita tidur setelah sahur adalah meningkatnya gangguan stroke. Di mana sudah disebutkan dalam sebuah penelitian bahwa seseorang yang jeda antara tidur dan makannya paling lama memiliki risiko terendah terkena gangguan stroke.

Solusi supaya tidak terkena dampak negatif

Supaya tidak terkena dampak negatif, berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan;

Pertama, tidur setelah 2 jam makan

Jika memang Anda masih ingin tidur setelah sahur, misalnya saat akhir pekan, sabtu dan minggu. Maka tidurlah setelah 2 jam makanan tersebut Anda konsumsi.

Baca: Ini 6 Menu Makanan yang Harus Dihindari Saat Puasa

Kedua, mengakhirkan sahur

Selanjutnya, sebaiknya akhirkan jam sahur Anda. Yakni mendekati waktu imsyak. Dengan begini, Anda memiliki lebih banyak waktu untuk beristirahat di malam harinya.

Ketiga, ikuti cara Rasulullah SAW

Perlu Anda ketahui, Rasulullah SAW dulu tidak tidur setelah beliau makan. Beliau lebih memilih untuk beraktivitas dulu. Sebagaimana sabda beliau yang mengandung arti untuk mencairkan makanan manusia dengan cara shalat dan berdzikir kepada Allah. Untuk itu, setelah sahur, hendaknya Anda menunggu waktu sholat shubuh dengan cara berdzikir dan dilanjutkan dengan sholat shubuh. Jangan langsung tidur.

Begitulah solusi mudah dari dampak negatif tidur setelah makan sahur saat puasa yang perlu Anda praktekkan di bulan puasa 2015 atau Ramadhan 1436 H, juga di tahun-tahun berikutnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar