Ini 6 Menu Makanan Yang Harus Dihindari saat Puasa | Cara Diet Sehat

Ini 6 Menu Makanan Yang Harus Dihindari saat Puasa


Ada beberapa jenis menu makanan yang harus dihindari saat puasa. Makanan dan minuman tersebut sebagian besar bisa membuat kita merasa haus sehingga bisa menjadi pemicu beratnya puasa yang kita jalani. Badan lemas di siang hari dan tentu saja tidak bisa terlihat sehat dan bugar. Hal semacam ini disadari atau tidak bisa membuat fokus menjadi berkurang dan aktivitas di kantor baik pekerjaan di dalam maupun di luar (lapangan) akan sedikit terganggu. Pemilihan makanan yang tepat bisa menjadi cara mencegah terbaik.

Beberapa jenis menu makanan yang harus dihindari ketika puasa Ramadhan 1436 H

Ini 6 Menu Makanan Yang Harus Dihindari saat Puasa

Junk food – Makanan cepat saji

Menu makanan pertama yang harusnya dihindari adalah makanan junk food atau yang kita kenal juga dengan istilah makanan cepat saji. Makanan ini tidak baik buat tubuh. Cenderung membut kita mudah cepat lapar dan haus. Sebaliknya, Anda disarankan untuk menikmati buah dan sayur sebagai pengganti makanan kurang sehat tersebut. Terlebih, junk food juga memang tidak disarankan untuk dikonsumsi bagi pelaku diet, baik saat sedang berpuasa maupun saat sedang tidak berpuasa.

Makanan asin

Makanan yang asin menjadi salah satu jenis makanan yang seharusnya tidak dimakan saat sahur dan berbuka puasa. Sama dengan makanan cepat saji, makanan ini juga bisa memicu rasa haus saat siang hari sehingga puasa pun terasa lebih berat. Selain makanan asin, makanan yang mengandung banyak rempah juga bisa membuat kita cepat merasa haus.

Makanan manis

Selain makanan asin, makanan yang mengandung banyak gula juga menjadi salah satu makanan yang harusnya dihindari ketika sedang berpuasa, utamanya saat menikmati santap sahur. Solusinya, jika memerlukan makanan yang manis atau olahan makanan yang manis, gunakanlah madu. Jika sedang berbuka puasa, sebaiknya minum jus buah atau buah mentah saja untuk merasakan manis yang segar dan sehat.

Makanan yang digoreng

Makanan yang digoreng bagi mereka yang sedang menurunkan berat badan merupakan sebuah pantangan. Sebab biasanya, makanan seperti ini mengandung banyak minyak sehingga bisa jadi ada lemak trans yang terkandung di dalamnya. Bagi mereka yang sedang berpuasa, makanan ini pun seharusnya dihindari, sebab sulit dicerna.

Makanan tak seimbang

Sebaiknya pilihlah makanan yang mengandung gizi seimbang, jangan hanya berfokus pada salah satu kandungan gizi saja sehingga Anda bisa menjalankan diet sehat yang seimbang. Makanan yang tak seimbang misalnya, hanya mengonsumsi karbohidrat berat, namun tidak mengombinasikannya dengan protein atau yang lainnya. Untuk itu, jika Anda makan nasi, kombinasikanlah dengan lauk seperti ikan yang mengandung protein. Atau Anda juga bisa membuat sayur dari aneka kacang-kacangan.

Baca Ini: Terapi Sauna, Stress dan Gemuk Hilang

Minuman yang harus dihindari

Selanjutnya, menu minuman yang harus dihindari ketika berpuasa adalah teh dan kopi, kenapa? Hal ini karena minuman tersebut bisa membuat seseorang merasa cepat dehidrasi. Jika sudah terbiasa mengonsumsi 2 minuman ini, sebaiknya Anda membatasinya dulu. Misalnya dengan minum setengah porsi dari biasanya. Kemudian sedikit demi sedikit gantilah kebiasaan dengan minum jus buah, air kelapa, air putih, dan minuman sehat lainnya.

Demikian informasi tentang beberapa variasi menu minuman dan makanan yang harus dihindari ketika puasa. Semoga informasi ini bermanfaat buat diet seimbang dan puasa Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar