4 Makanan Untuk Mengendalikan Berat Badan: Bayam Susu Yoghurt Sapi | Cara Diet Sehat

4 Makanan Untuk Mengendalikan Berat Badan: Bayam Susu Yoghurt Sapi


4 Makanan untuk Pengendali Berat Badan -Ahli gizi dari Prima Diet Catering, dr. Peni Hedi P. MKM (Gizi), telah mengatakan bahwamakan yang cukup pasti akan dapat membuat Anda merasa kenyang dan ‘puas’ lebih cepat.

Akan tetapi, untuk sampai ke level kenyang dan puas seperti yang dikatakan dr. Peni tidaklah mudah. Makanan yang Anda makan harus memenuhi porsi harian yang telah disarankan (recommended daily allowance - RDA).

Porsi harian RDA untuk wanita Asia dewasa yang memiliki IMT di angka normal (18,5 – 22,9) disarankan berupa : protein 0,8 sampai 1,0 gramuntuk setiapkilogram berat badan, dan sayuran serta buah adalah 50 hingga 100 gram untuk setiap kali makan.

4 Makanan untuk Pengendali Berat Badan
4 Makanan untuk Pengendali Berat Badan

4 makanan untuk pengendali berat badan

Berikut ini daftar 4 jenis makanan yang mampu menjadi pengendali berat badan yang dianjurkan oleh dr. Peni. Jangan lupa, untuk konsumsilah sesuai dengan aturan porsi di atas.

1. Bayam

Kandungan Bayam berupa glutathione, serat dan alpha lipoic acid. Satu cangkir sayur bayam hanya mengandung 41 kalori. Bayam sangat bermanfaat untuk mengikat kolesterol jahat (LDL) dan membuangnya ke luar tubuh anda. Bayam juga akan membuat perut anda merasa lebih kenyang.

2. Susu (rendah lemak)

Susu memiliki kandungan berupa kalsium dan protein. Dua kandungan ini juga ada terdapat dalam olahan susu (dairy food) rendah lemak.Keduanya sangat bermanfaatuntuk membantu menurunkan berat badan sekaligus menjaga massa otot. Kalsium juga bermanfaat untuk mengolah lemak dalam tubuh lebih efisien dan memberikan peningkatan tenaga.

Susu yang tinggi akan kandungan kalsium dan rendah lemak mampu meningkatkan thermogenesis (membakar lemak) seta metabolisme. Berkat kandungan proteinnya, minum susu juga akan memberi efekrasa kenyang yang lebih lama dibandingkan dengan meminum jus. Akhirnya, keinginan untuk ngemil sembarangan juga menghilang.

3. Yoghurt (rendah kalori)

Yoghurt memiliki kandungan protein dan kalsium. Manfaatnya sama seperti pada susu. Bagi Anda yang tubuhnya tergolong susah untuk mencerna susu (intoleransi laktosa), maka yoghurt adalah pilihan terbaiknya. Apalagi jika yoghurt tersebut telah diperkaya bakteri yang baik, sehingga kinerjanya pada pencernaan menjadi lebih lancar.

4. Daging Sapi

Daging sapi juga memilik kandungan protein. Tak perlu takut untuk makan daging sapi.Apalagi bila Anda telah memilih sebuah daging yang kandungan lemaknya rendah, seperti pada jenis tenderloin (has dalam) dan juga topside (has luar).

Studi klinik nutrisi di Amerika telah membuktikan bahwawanita yang telah memasukkan daging merah dalam menunya dapat membakar kalori lebih banyak jika dibanding dengan mereka yang mengonsumsi makanan dengan jumlah kalori yang sama banyak tetapi tanpa daging merah. Rupanya, protein dalam sebuah daging memiliki manfaat untuk menjaga kebutuhan kalori di dalam bagian massa otot tubuh. Kuncinya, pilih daging yang tanpa lemak.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar