Lezat, Ini 4 Resep Makanan Anak yang Kaya Protein | Cara Diet Sehat

Lezat, Ini 4 Resep Makanan Anak yang Kaya Protein


Lezat, Ini 4 Resep Makanan Anak yang Kaya Protein - Umumnya, anak-anak selalu picky untuk menu makan mereka. Ada yang tidak suka sayur, ada yang tidak suka telur, dan lain-lain. Nah, Anda bisa menyiasati menu untuk anak yang tetap mengandung gizi seimbang dengan beragam bahan pilihan. Mengombinasikan sayuran dengan daging juga merupakan cara yang tepat untuk membuat makanan lezat sekaligus bernutrisi.

4 pilihan resep makanan anak dengan kandungan protein tinggi

4 pilihan resep makanan anak dengan kandungan protein tinggi

Ayam Kruyuk

Bahan-bahan:
1 ekor ayam (diambil dagingnya saja), 1 buah wortel, 1 buah mentimun, dan kembang kol secukupnya.
Bumbu-bumbu:
2 siung bawang putih, 1 batang daun bawang, 1 buah cabai merah, 1 iris jahe, gula, kecap manis, saus tomat, dan garam.
Cara Membuat:
Potong daging ayam dengan ukuran sesuai selera, lalu goreng dengan tepung. Tumis bawang putih dan jahe hingga harum, lalu masukkan sayuran dan ayam. Tambahkan gula, kecap manis, saus tomat, dan garam, serta beri sedikit air. Tambahkan 1 sdm tepung sagu atau tepung kanji jika anak Anda suka kental.

Daging Saus Kacang

Bahan-bahan:
250 gr daging sapi yang sudah digiling, 6 gr bawang merah yang sudah dirajang, 5 gr bawang putih yang sudah dirajang, 1 butir telur ayam, 10 lembar daun kol muda, garam dan lada secukupnya.
Cara Memasak:
Campurkan daging giling dengan telur ayam, garam, lada, serta bawang merah dan bawang putih yang sudah ditumis. Aduk hingga rata. Rebus daun kol muda sampai setengah matang, lalu rendam dalam air es sebentar. Bungkus dan gulung adonan pada semua daun kol sehingga menjadi 10 gulung. Kukus hingga sekitar 8 menit, lalu sajikan dengan saus kacang.

Ikan Kukus Jamur

Bahan-bahan:
500 gr daging ikan kerapu yang sudah dipotong-potong, 2 sdm kecap asin, ½ sdm air jeruk nipis, 2 siung bawang putih yang sudah dicincang, 1 ruas jahe yang sudah diiris tipis, 75 gr tauge, 10 gr bawang bombay yang sudah diiris kasar, dan 100 gr jamur shitake/shimeji.
Cara Memasak:
Untuk membuat resep makanan anak ini, aduk ikan dengan kecap, air jeruk, dan bawang putih. Kemudian, tambahkan sayur dan jamur. Kukus selama 20 menit. Sajikan selagi hangat.

Telur Bersembunyi

Bahan-bahan:
5 butir telur ayam yang sudah direbus dan dikupas, 450 gr daging cincang, 3 sdm susu murni, 1 butir telur ayam (pisahkan dari putihnya), 60 gr tepung roti, garam, pala, dan merica halus secukupnya, dan minyak untuk menggoreng.
Cara Membuat:
Campurkan daging cincang, garam, merica, pala, susu, serta kuning telur. Aduk rata, lalu bagi menjadi 5 bagian. Tutuplah telur dengan semua adonan daging satu per satu. Masukkan telur yang sudah dilapisi daging tersebut dalam putih telur yang sudah dikocok, lalu gulingkan dalam tepung roti dan goreng hingga kekuningan. Sajikan dengan dipotong menjadi dua atau sesuai selera.

Baca juga resep makanan yang praktis untuk sarapan.

Itulah 4 pilihan resep makanan anak yang bisa Anda coba di rumah. Dengan penyajian yang menarik, si kecil tentu akan suka dengan menu yang Anda sajikan meskipun ada bahan-bahan makanan yang biasanya bukan menjadi favoritnya. Selamat berkreasi! (AE)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar