Tips Diet Saat Bulan Puasa Ramadhan 1436 H | Cara Diet Sehat

Tips Diet Saat Bulan Puasa Ramadhan 1436 H


Menurunkan berat badan atau diet saat bulan puasa Ramadhan seharusnya bisa dilakukan dengan mudah. Betapa tidak, selama satu bulan penuh, kita dianjurkan untuk menahan diri dari lapar dan dahaga serta hawa nafsu. Dengan demikian, seharusnya porsi makan kita berkurang dan mudah sekali untuk memperoleh target kurus. Namun, apa jadinya jika saat puasa seseorang malah gemuk? Ini menjadi pertanyaan besar yang harus dijawab oleh masing-masing orang. Yang jelas, jika Anda ingin tetap menjalankan program diet sehat selama bulan puasa, termasuk Ramadhan 1436 H tahun ini, berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda jalankan.

Ini cara menurunkan berat badan saat bulan puasa Ramadhan 1436 H, biar lancar

Tips Diet Saat Bulan Puasa Ramadhan 1436 H

Niat

Niat yang harus Anda tanamkan bukanlah niat untuk diet. Bagaimanapun jangan sampai niat diet ini merusak nilai ibadah Anda saat berpuasa. Niatkan berpuasa karena Allah semata, bukan karena Anda ingin kurus atau semacamnya.

Jadwal

Yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah jadwal makan Anda. Bagaimanapun saat bulan puasa tiba, Anda harus secara otomatis mengganti jadwal makan. Jika sebelumnya Anda makan pagi, siang, dan malam. Pada saat berpuasa Anda harus menjalankannya dengan sahur, menu pembuka berbuka puasa, dan makanan utama setelah maghrib. Anggap saja sahur di pagi hari sebagai menu makanan pagi Anda, kemudian saat adzan maghrib berkumandang, konsumsilah makanan sebagai camilan sehat. Setelah itu, baru makanan berat bisa Anda konsumsi setelah sholat maghrib.

Perhatikan porsi saat berbuka

Sebenarnya, Anda harus memperhatikan semua porsi makan Anda, baik saat sahur maupun berbuka. Namun, seseorang yang sedang puasa biasanya cenderung makan berlebih justru saat berbuka puasa. Ketika sudah jam 4-5 an sore, keinginan untuk makan ini itu biasanya datang. Dan diwujudkan saat hendak makan berbuka. Sebaiknya hindari hal-hal semacam ini. Makanlah sewajarnya dan berhentilah makan sebelum kenyang sebagaimana sabda Nabi. Isi perut Anda 80% nya saja. Supaya saat sholat tarawih Anda juga tidak merasa terkekang dengan perut yang terlalu penuh.

Utamakan karbohidrat kompleks

Menu makanan berkarbohidrat menjadi menu yang paling populer di Indonesia. Ketika bulan puasa tiba dan Anda sedang dalam program diet sehat, sebaiknya hindari terlalu banyak mengonsumsi makanan berkarbohidrat sederhana. Sebaiknya, pilih makanan berkarbohidrat kompleks sebagai bekal untuk mendapatkan nutrisi yang cukup. Pilihan menu sahur berkarbohidrat kompleks juga bisa membantu Anda untuk tetap bugar seharian meskipun sedang berpuasa. Oleh karena itu, sangat wajar bila selama bulan puasa, Anda menyiapkan makanan berkarbohidrat kompleks saat berbelanja dan menyimpan di lemari pendingin.

Jangan terlalu banyak makanan manis

Cara menguruskan badan selama bulan puasa selanjutnya adalah dengan tidak terlalu banyak mengonsumsi makanan yang manis. Memang, berbuka lebih baik diawali dengan yang manis. Namun memilih pemanis buatan juga tidak baik buat tubuh terlebih buat diet sehat yang sedang dijalankan.

Baca Juga: Cara Aman Diet Sehat untuk Ibu Menyusui

Tetap beraktivitas

Aktivitas Anda merupakan bentuk olahraga selama Anda berpuasa. Aktivitas ringan sekalipun akan membantu dalam pembakaran kalori tubuh. Justru, disarankan untuk tidak melakukan aktivitas berat selama Anda berpuasa. Tetap beraktivitas namun ketahui batas kemampuan diri Anda. Supaya Anda tetap bugar dan sehat selama berpuasa.

Cairan

Penting sekali untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh selama Anda berpuasa, khususnya dalam program diet sehat selama bulan puasa Ramadhan 2015 tahun ini. Air putih menjadi teman yang baik buat Anda untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tersebut.

Supaya tubuh tidak lemas baik saat malam maupun siang hari saat Anda menjalankan tips diet saat bulan puasa Ramadhan 2015 1436 H tahun ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar