Cara Aman Diet Sehat untuk Ibu Menyusui | Cara Diet Sehat

Cara Aman Diet Sehat untuk Ibu Menyusui


Topik tentang cara diet sehat untuk ibu menyusui yang aman memang tidak ada habisnya. Pasalnya, diet ini banyak dicari oleh ibu-ibu muda yang mendapati tubuhnya gemuk pasca melahirkan. Sayangnya takut untuk memulai diet karena tidak mau membahayakan buah hatinya yang sedang mendapatkan ASI eksklusif. Lagi pula, melakukan diet secara sembarangan tidak baik buat ibu menyusui. Karena memang bisa berdampak pada kualitas ASI yang diberikan pada buah hati. Solusinya bagaimana? Dikutip dari kompas, beberapa cara aman dan mudah untuk menurunkan berat badan pasca melahirkan khususnya saat menyusui ada dalam artikel ini.

Ini lho cara aman diet sehat untuk ibu menyusui yang bisa dicoba

Cara Aman Diet Sehat untuk Ibu Menyusui

Menyusui

Tahukah Anda jika saat menyusui ada hormon yang diproduksi dan bisa berfungsi untuk membantu menurunkan berat badan? Faktanya, hal ini benar. Maka dari itu, jika ingin menguruskan badan setelah melahirkan, tetaplah menyusui selama 2 tahun. Bahkan dalam sebuah penelitian diungkapkan kalau menyusui bisa membakar kalori sampai dengan 500 kkal per hari. Jumlah kalori ini setara dengan olahraga bersepeda selama kurang lebih 60 menit.

Hindari junk food

Makanan cepat saji bukan pilihan yang baik untuk menurunkan berat badan, baik saat Anda menyusui maupun tidak sedang menyusui sekalipun. Untuk itu, hindari makanan ini karena tidak bermanfaat buat tubuh.

5-6 kali makan

Sebaiknya, makanlah sesering mungkin dengan porsi yang kecil. Anda bisa makan sampai 6 kali makan. Dengan jatah waktu 3 kali camilan sehat dan 3 kali makanan utama, yakni pagi, siang, dan malam.

Hindari stress

Terkadang melihat tubuh yang gemuk dan tidak seperti yang dulu membuat Anda stres. Jika ini terjadi, jangan limpahkan perasaan Anda dengan cara makan makanan yang banyak. Sebaiknya alihkan dengan bermain bersama buah hati agar Anda terhibur dan lupa dengan perasaan Anda.

Pola makan yang sehat

Pilihan menu makanan terbaik dalam diet sehat ibu menyusui adalah makanan yang mengandung nutrisi lengkap dan seimbang. Anda bisa memilih makanan berprotein, susu rendah lemak/skim, telur, ikan, makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, cukup cairan (air putih), dan yang lainnya.

Bagaimana dengan olahraga?

Setelah menyusui Anda bisa melakukan olahraga khusus untuk menurunkan berat badan. Olahraga yang Anda pilih seharusnya yang ringan saja seperti jalan kaki. Jika tidak memungkinkan meninggalkan buah hati Anda untuk jalan-jalan. Sebaiknya, ajak bayi Anda untuk jalan kaki di pagi hari sambil de-de atau menjemurnya di bawah mentari pagi. Selain jalan kaki, Anda juga bisa mencoba renang dan bersepeda. Pokoknya pilih olahraga ringan yang santai dan tidak mengekang diri. Pilih olahraga yang nyaman buat Anda dan bisa ditolerir oleh tubuh dan bayi Anda.



Baca Juga: Olahraga Penurun Berat Badan untuk Ibu Menyusui

Jika ada keluhan apapun dengan cara aman diet sehat untuk ibu menyusui yang Anda lakukan, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter supaya lebih safe.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar