3 Menu Sahur Ramadhan 1435 H Pilihan yang Ga Bikin Eneg Makan | Cara Diet Sehat

3 Menu Sahur Ramadhan 1435 H Pilihan yang Ga Bikin Eneg Makan


Memilih menu sahur memang susah-susah gampang. Lihat saja, banyak sekali menu yang tersaji di meja akan tetapi nafsu makan kurang hingga tidak menghabiskan makanan tersebut saat sahur. Alih-alih ingin makan sebagai cadangan energi saat puasa di siang hari, malah tidak kalori yang masuk dalam tubuh akibat pilihan menu yang tidak menggugah selera. Kami rangkum sajian sahur yang paling tepat agar Anda tidak merasakan eneg saat hendak mengonsumsi makanan sahur di pagi hari.

Inilah 3 menu sahur Ramadhan 1435 H pilihan yang ga bikin eneg makan

http://www.dietsehatcantik.com/2014/07/3-menu-sahur-ramadhan-1435-h-pilihan.html

Telur dadar saus kecap

Selain lezat dan segar, resep sahur harusnya bisa dibuat dalam waktu yang singkat. Kepraktisan resep untuk makanan sahur akan sangat mendukung aktivitas Anda selama di dapur. Resep pertama ini adalah telur dadar saus kecap, Anda bisa mencobanya dan mengonsumsinya hangat. Caranya;

Bahan: ambil 4 butir telur ayam
Bahan untuk saus: setengah siung bawang Bombay diiris, 2 siung bawang merah diiris, 1 siung bawang putih diiris, cabe merah atau cabe rawit (sesuai selera) diiris – lebih baik hindari makanan pedas, 4 sendok makan minyak goreng, 4 sendok teh mentega, 4 sendok kecap manis, 1 sendok makan saus tomat, garam secukupnya, dan air.

Cara membuatnya sangat mudah;
Pertama, kocok telur hingga berbusa lalu panaskan minyak dan goreng seperti menggoreng telur dadar. Goreng hingga matang dan angkat.
Kedua, panaskan minyak, masukkan bawang Bombay, bawang merah, bawang putih, dan cabe lalu tumis hingga harum. Tuangkan air ke dalamnya, susul dengan kecap manis dan saus tomat. Aduk-aduk hingga mengental. Jangan lupa tambahkan garam.
Ketiga, masukkan telur dadar dalam saus dan tunggu hingga meresap.
Keempat, hidangkan.

Oseng Tempe Kecap

Anda bisa mencoba oseng tempe yang lezat ini untuk menu sahur Anda yang segar.

Siapkan bahan-bahan: tempe sebanyak 300 gram dipotong dadu dan digoreng terlebih dahulu, bawang merah 4 siung diiris, bawang putih 2 siung diiris, cabe merah secukupnya (usahakan tidak terlalu pedas), tomat 1 buah dipotong, daun salam 1 lembar, lengkuas 2 cm digeprak, garam secukupnya, ebi atau udang kering 2 sdt direndam air panas terlebih dahulu, gula merah 2 sdt, kecap manis 1 sendok makan atau secukupnya, dan terakhir minyak untuk menggoreng.

Buat dengan cara menumis bumbu terlebih dahulu, tambahkan air asam dan ebi plus gula merah dan kecap manis lalu aduk hingga rata. Kemudian, masukkan tempe yang telah digoreng bersama dengan tomat yang telah dipotong dan bubuhkan garam secukupnya. Aduk hingga rata sampai matang dan bumbunya meresap. Sajikan hangat.

Sop ayam jagung manis

Menu berkuah yang kaya akan sayur juga bisa Anda coba untuk menu sahur dan makanan sahur lezat Anda di Ramadhan tahun ini.

Bahannya:
Daging ayam 1 ons dipotong dan rebus ambil air kaldunya, wortel potong kecil-kecil, buncis 1 ons dipotong, jagung manis 1 ons yang telah disisir, kacang polong 1 ons, sosis ayam (boleh ada boleh tidak), tepung sagu, telur, bawang Bombay, bawang merah, daun bawang, gula pasir, pala, dan merica secukupnya.

Cara membuat:

Tumis bawang Bombay, bawang merah yang telah diiris hingga harum dan kecokelatan, tambahkan merica, pala, dan garam secukupnya kemudian masukkan ayam yang telah diiris atau dipotong dan diambil air kaldunya. Masukkan juga jagung yang telah disisir, wortel dan buncis.
Masukkan bahan yang telah ditumis pada poin di atas ke dalam air kaldu di atas api hingga mendidih. Cicipi, jika sudah pas maka angkat, jika belum tambahkan garam, gula pasir, atau merica bubuk.

Masukkan telur yang telah dikocok lepas secara perlahan. Diamkan hanya dalam waktu 7 detik saja hingga putih telur membentuk serabut yang cantik. Tambahkan tepung sagu secukupnya untuk mengentalkan kuah. Angkat dan sajikan hangat menu sahur lezat ini.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba resep menu sahur Ramadhan 1435 H di atas.

Salam Diet Sehat – www.dietsehatcantik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar