Tips Sehat Ibu Hamil Saat Puasa | Cara Diet Sehat

Tips Sehat Ibu Hamil Saat Puasa


Tips Sehat Ibu Hamil Saat Puasa - Seorang muslimah yang sedang hamil, boleh meninggalkan sementara puasa wajibnya jika memang tidak kuat dengan ketentuan tertentu. Namun terkadang rasanya tidak nyaman dan tidak enak jika seorang ibu hamil tidak bisa ikut puasa di bulan ramadhan yang penuh dengan berkah, rahmat, dan maghfiroh. Maka dari itu, dibutuhkan sebuah solusi berupa tips sehat ibu hamil yang bisa menjaga kestabilan kondisi tubuh sang bunda dan janin saat harus menjalani momen ibadah puasa bersama-sama. Berusaha untuk selalu sehat bukan berarti harus memaksakan, jika memang Anda tidak bisa melanjutkan puasa pada hari itu, Anda bisa menghentikan puasa Anda.

Berikut tips sehat ibu hamil saat melaksanakan ibadah puasa

Tips Sehat Ibu Hamil Saat Berpuasa

Ada tiga rutinitas yang selalu dilakukan oleh seorang muslim atau muslimah saat berpuasa. Demikian juga dengan puasa untuk ibu hamil, rutinitas yang saya maksudkan adalah;

Pertama, sahur


Inilah rutinitas pertama yang akan dilaksanakan oleh seorang muslimah. Saat inilah seseorang yang menjalankan ibadah puasa akan mendapatkan asupan gizi bekal berpuasa seharian. Khusus untuk ibu hamil, asupan gizi saat sahur adalah hal yang paling penting. Sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung cukup protein dan lemak. Juga memilih makanan yang bisa lama disimpan oleh tubuh sebagai energi (tidak cepat lapar).

Makanan seperti daging cocok untuk ibu hamil. Selain itu, Anda juga sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan dengan kandungan vitamin C, zinc dan magnesium yang akan memberikan kebugaran pada Anda saat puasa. Stamina saat siang hari juga akan lebih terjaga dengan asupan gizi ini. Jika Anda senang dengan makanan manis, sangat disarankan untuk dikurangi dulu ketika sahur, sebaliknya gantilah dengan meminum air putih sebanyak-banyaknya.

Kedua, saatnya puasa


Inilah bagian yang sangat ditunggu-tunggu oleh umat islam. Selain menahan diri dari makanan, minuman, hawa nafsu, dan menyucikan diri, seorang yang berpuasa juga harus memperbanyak amaliyahnya dalam kehidupan sehari-hari. Maka dari itu tips sehat ibu hamil selanjutnya adalah dengan melakukan kegiatan yang bermanfaat dan dihitung sebagai ibadah. Lakukanlah hal-hal seperti membaca Alquran, mendengarkan ayat-ayat alquran yang baik untuk Anda dan janin dalam kandungan.

Sebaliknya, hindari kegiatan yang menguras tenaga dan akan membuat Anda berkeringat seperti kegiatan lapangan dan lain sebagainya. Selain tidak baik untuk Anda yang sedang berpuasa, hal ini juga tidak baik bagi kesehatan janin Anda. Intinya, lakukan dalam batas dan semampu Anda dan jangan dipaksakan. Apalagi jika Anda mengalami hal-hal di bawah ini, sudah seharusnya Anda membatalkan puasa Anda;

a.    Muntah lebih dari 3 kali yang dikhawatirkan akan membuat Anda dehidrasi
b.    Berkeringat dingin saat berpuasa
c.    Mimisan atau mengeluarkan darah
d.    Diare dengan rasa perut sakit, mulas, dan melilit.
e.    Badan terasa lemas dan kepala pusing dengan mata berkunang-kunang.

5 kondisi tersebut sangat membahayakan bagi ibu hamil dan janinnya. Makanya sangat disarankan untuk dibatalkan saja puasanya.

Ketiga, berbuka puasa


Berkebalikan dengan saat sahur, Anda membutuhkan air gula yang hangat sebagai menu pembuka buka puasa Anda. Namun Anda harus tetap mencukupi bukan melebihkan makanan atau minuman manis yang Anda konsumsi. Ingat bahwa Allah tidak suka dengan hal yang mubazir (berlebihan). Makanlah menu utama berbuka setelah sholat maghrib, porsi yang cukup dan tidak berlebihan (lagi). Anda juga disarankan untuk mengonsumsi air hangat dan makanan ringan untuk menjaga kebutuhan ASI janin Anda saat dia lahir nanti.

Demikian tips sehat ibu hamil saat berpuasa. Anda juga harus mengingat, bahwa Allah memberikan ma’fu bagi seorang ibu hamil untuk tidak menjalankan ibadah wajib ini. Jadi, jika memang merasa tidak kuat, Anda bisa menghentikannya terlebih dahulu.

Semoga Bermanfaat

Salam Diet Sehat Cantik - www.dietsehatcantik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar