Mengetahui Kandungan Gula dalam Menu Makanan Sehat | Cara Diet Sehat

Mengetahui Kandungan Gula dalam Menu Makanan Sehat


Mengetahui Kandungan Gula dalam Menu Makanan Sehat - Untuk dapat bertahan dan berkembang, sel-sel tubuh kita memang membutuhkan gula. Akan tetapi, jika konsumsi gula terlalu berlebihan, maka akibatnya juga akan sangat parah. Beberapa penyakit yang mungkin timbul karena kelebihan gula adalah diabetes tipe 2, serangan jantung, dan tekanan darah tinggi. Tiga penyakit ini seolah menjadi momok orang yang senang dengan makanan manis.

Diakui atau tidak, memilih menu makanan sehat memang susah-susah gampang. Apalagi semakin banyak produk baru yang menawarkan kelezatan dan mampu menjadi obat saat stres melanda. Oleh karena itulah, sangat penting untuk mengetahui kandungan dalam setiap makanan yang dikonsumsi supaya dapat mengatur asupan makanan khususnya gula yang masuk dalam tubuh. 

Mengetahui Kandungan Gula dalam Menu Makanan Sehat


Seperti diketahui, gula tak hanya terkandung dalam makanan saja. Minuman seperti soft drink, jus buah, dan lain-lain juga mengandung gula. Nah, kali ini yang akan menjadi pembahasan adalah kandungan gula dalam minuman (soft drink) dan buah-buahan.
Menu Makanan Sehat

Kandungan Gula dalam Menu Makanan Sehat berupa Buah


Berikut adalah beberapa buah-buahan yang mengandung gula, buah yang tertulis di bawah ini disetarakan dengan ukuran 100 gram;

•    Mangga mengandung 3,2 sendok teh gula
•    Pisang mengandung 3 sendok teh gula
•    Lemon mengandung 0,6 sendok teh gula
•    Anggur mengandung 4 sendok teh gula
•    Kiwi mengandung 2,3 sendok teh gula
•    Strawberry mengandung 1,3 sendok teh gula
•    Tomat mengandung 0,7 sendok teh gula
•    Nanas mengandung 2,5 sendok teh gula
•    Apel mengandung 2,6 sendok teh gula
•    Blueberry mengandung 1,7 sendok teh gula

Kandungan Gula dalam Menu Minuman


Berikut adalah beberapa minuman yang bisa dipaparkan kandungan gulanya;

•    Cola mengandung 7 sendok teh gula
•    Orange squash mengandung 2,5 sendok teh gula
•    Cokelat panas mengandung 4,5 sendok teh gula

Beberapa Penelitian tentang Gula yang Perlu Anda Ketahui


1.   
Dalam sebuah studi yang diterbitkan oleh Circulation, jurnal AHA, mengatakan bahwa meminum minuman soft drink lebih dari 1 botol dalam satu hari akan meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes.

2.    Nutritionist memberi saran untuk mengonsumsi gula secukupnya saja. Lebih dari 13 sendok teh per hari itu lebih dari cukup.

3.    AHA merekomendasikan untuk mengonsumsi 150 kalori dari gula dalam sehari untuk lelaki dan 100 kalori saja untuk perempuan.

4.    Di awal 2014, WHO telah menyarankan untuk mengonsumsi maksimal 5% gula dari total kalori yang dimakan.

5.    Para ilmuwan dari The Medical Research Council menyatakan bahwa memakan banyak gula akan meningkatkan risiko obesitas.

6.    Dalam sebuah riset tentang tekanan darah tinggi yang dilaporkan pada AHA (The American Heart Association) ke 63 ditemukan bahwa mengonsumsi fruktosa dalam jumlah yang besar akan meningkatkan risiko tekanan darah tinggi pada pria.

7.    Para peneliti dari Emory University School of Medicine dan the US Centers for disease control and prevention atau CDC menemukan bahwa orang yang mengonsumsi gula berlebih akan cenderung terkena serangan jantung.

8. 
   Riset yang dilakukan di university of California di San Fransisco mengindikasikan bahwa konsumsi gula dapat menyebabkan diabetes tipe 2.

Itulah kandungan gula dalam menu makanan sehat serta peringatan tentang konsumsi gula berlebih dalam beberapa penelitian. Berkaitan dengan kandungan gula dalam menu makanan sehat, akan lebih baik jika Anda rajin untuk melihat kotak nilai gizi yang tersedia dalam kemasan. Di sana biasanya tertulis sukrosa, fruktosa, atau laktosa yang merupakan pecahan dari zat gula.

Semoga bermanfaat

Salam Diet Salam Sehat Salam cantik - www.dietsehatcantik.com



Tidak ada komentar:

Posting Komentar