Menu Makanan Sehat dengan Telur | Cara Diet Sehat

Menu Makanan Sehat dengan Telur


Menu Makanan Sehat dengan Telur - Menu makanan sehat diperlukan tak hanya untuk menyehatkan badan Anda, tetapi juga  bisa digunakan untuk menurunkan berat badan. Salah satu cara untuk mendapatkan menu makanan sehat adalah dengan memasak telur. Nah, jika selama ini Anda memasak telur dengan cara direbus, digoreng, atau dipanggang menjadi cake, apakah Anda yakin jika menu masakan Anda tersebut sudah sehat? Cari tahu yuk.

Inilah Beberapa Detail yang Perlu Diperhatikan Saat Membuat Menu Makanan Sehat dengan Telur

Menu Makanan Sehat dengan Telur

Kandungan Telur untuk diet


Telur sudah dikenal sebagai makanan yang sangat bagus digunakan untuk diet. Dalam kaitannya dengan manfaat ini, telur mengandung protein, vitamin D, vitamin A, dan vitamin B, serta iodine. Hingga saat ini memang belum ada aturan khusus tentang ukuran atau batasan mengonsumsi telur untuk diet. Tapi sebaiknya, Anda menyeimbangkan penggunaan telur dengan bahan lainnya untuk mendapatkan diet sehat yang seimbang.

Telur Versus Kolesterol


Telur mengandung kolesterol sehingga dapat berpotensi untuk meningkatkan tekanan darah pada tubuh kita. Namun demikian, sebuah studi mengungkapkan bahwa lemak jenuh lebih berpotensi meninmbulkan darah tinggi dari pada telur.

Memakan Telur Mentah, Boleh atau Tidak?

Memakan telur saat masih mentah bisa jadi berakibat buruk karena telur mengandung bakteri salmonella yang bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan.  Namun tidak semua orang akan teracuni oleh telur mentah, yang patut waspada dan berhati-hati adalah;

a.    Anak-anak
b.    Ibu hamil
c.    Orang yang sudah lanjut usia, atau
d.    Orang yang sedang sakit

Oleh karena itu, sebaiknya Anda memasak telur dengan benar agar mendapatkan menu makanan sehat dari telur. Anda juga perlu memperhatikan cara untuk menyimpan telur, agar bakteri tersebut tidak berkembang dengan cepat.

Cara Menyimpan Telur yang Benar


Untuk mengurangi perkembangan bakteri dan membatasi jumlah bakteri tersebut, Anda harus menyimpan baik-baik telur di dalam rumah Anda. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan;

a.    Menyimpannya di dalam freezer dengan suhu di bawah 20 derajat celcius
b.    Memisahkannya dengan menu makanan lain agar tidak terkontaminasi
c.    Jika Anda memasak telur, lebih baik memakannya dengan segera. Jika memang tidak segera dimakan, usahakan untuk segera menyimpannya kembali.
d.    Telur rebus yang sudah matang bisa bertahan dalam 2 hingga 3 hari di dalam freezer. Lebih dari itu, disarankan untuk tidak dimakan lagi.

Makanan yang Terbuat dari Telur Mentah


Beberapa makanan terbuat dari telur mentah sehingga ada kemungkinan bakteri salmonella masih menempel dan tidak mati. Makanan tersebut antara lain; Es krim, tiramitsu, mayonnaise, dan lain-lain. Oleh karena itu, saat makan di luar atau di restoran Anda patut berhati-hati agar kesehatan Anda bisa terjaga dengan baik. Solusi terbaiknya adalah dengan memasak menu makanan sehat sendiri. Dengan begini, Anda bisa mengawasi makanan yang Anda makan serta asupan gizi yang Anda butuhkan.

Dengan memperhatikan 5 hal di atas, Anda telah siap membuat menu makanan sehat dari telur, selamat mencoba.

Semoga bermanfaat
Salam Diet Sehat Cantik - www.dietsehatcantik.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar