20 Menu Diet Golongan Darah AB, Tips dan Pantangannya | Cara Diet Sehat

20 Menu Diet Golongan Darah AB, Tips dan Pantangannya


Makanan yang diperlukan saat diet golongan darah AB terbilang lebih general dibanding diet jenis golongan darah lainnya. Hal ini karena menu golongan AB merupakan gabungan dari menu yang ada di golongan darah tipe A dan B, termasuk makanan yang bisa dimakan.

Diet Sehat Tipe Darah AB

Karakteristik Golongan Darah AB

Admin akan mengulas dulu bagaimana karakter, sifat, dan watak dari orang yang memiliki tipe darah AB yaitu :

  • Kamu itu penuh dengan misteri karena sangat sulit menebak jalan pikiranmu. Bahkan kamu cenderung punya dual personality.
  • Gaya bicaramu juga singkat padat jelas tanpa “tedeng aling-aling”, mak jleb., tapi kamu sering kelihatan menampilkan wajah malu alias innocent.
  • Mungkin penyebabnya karena kamu sangat menjaga privasi dan tenang.
  • Akibatnya, kamu cenderung tidak suka persaingan, berkompetisi, dan tidak suka melawan arus.
  • Tapi kalau ada masalah, logikamu adalah jalan utama untuk mencari solusi rasional.
  • Yang paling kamu tidak suka adalah pengkhianatan. Khiaanaatiiii…

Famous people atau orang-orang terkenal yang bertipe AB adalah John F. Kennedy, Marilyn Monroe, Thomas Edison, Jackie Chan, Mick Jagger, and Barack Obama. Wow, ada penemu, artis dan 2 presiden ya ternyata.

Penyakit yang sering menyerang anemia, sakit jantung, kanker, penyakit saraf, depresi, komplikasi hati dan alzheimer. Paling umum adalah anemia dan depresi. Selain itu, lendiri yang diproduksi juga berlebih. Penyebabnya, sistem imunitas AB lebih lemah.

Oleh karena itu, di anjurkan dalam mengawali hari untuk meminum segelas air putih hangat dengan campuran perasan setengah jeruk untuk membersihkan lendir yang ada di mulut. Perbanyak makan buah yang dianjurkan di bawah.

Makanan Sehat yang diperbolehkan untuk di makan saat diet golongan darah AB antara lain;

1. Lauk Pauk

Lauk pauk yang cocok untuk Anda konsumsi adalah daging kelinci, ikan tuna, ikan salmon, sarden, dan ikan laut lainnya.

Sebagai menu variasi mingguan, Anda bisa menggunakan lauk pauk yang lain seperti abalon. Sup abalon adalah olahan makanan yang sarankan, karena pengolahannya menggunakan air, bukan minyak.

2. Mozarella dan Yogurt

Anda boleh mengonsumsi mozzarella dan yogurt sebagai menu andalan. Sedangkan krim keju, dan keju cheddar bisa menjadi menu pilihan tetapi tidak harus dikonsumsi setiap saat.

3. Minyak dan Makanan Mengandung Lemak

Makanlah makanan yang monounsaturated (jenis lemak di sini). Olive oil adalah yang terbaik dan minyak kacang tanah bisa menjadi pilihan kedua.

4. Kacang Tanah dan Walnut

Lengkapi kebutuhan kacang Anda, makanlah kacang tanah dan walnut. Sebagai variasi, almond dan pignola bisa menjadi pilihan selanjutnya. Tetapi jangan terlalu sering.

5. Sayuran

Seledri, brokoli, mentimun, kentang, dandelion dan bawang putih adalah jenis sayur mayur yang sangat disarankan untuk dihidangkan saat diet sehat golongan darah AB.

Tempe, Tahu, dan Tofu juga menjadi pilihan yang terbaik untuk variasi lauk.

Sedangkan wortel dan sup asparagus menjadi kebutuhan diet dalam tingkatan sedang. Bisa ditinggalkan dan atau dimakan dalam porsi sedang.

6. Buah-Buahan yang disarankan

Tips mengonsumsi buah adalah dengan mengonsumsinya sendiri, 1 jam sebelum atau sesudah makan. Buah-buah yang cocok dengan diet sehat golongan darah AB adalah anggur, kiwi, lemon, dan nanas. Buah ceri juga menjadi pilihan terbaik.

Sebaliknya, hindari belimbing, pisang, kelapa, mangga, dan jambu merah.

Minuman Sehat yang diperbolehkan untuk dikonsumsi oleh orang bergolongan darah AB.

7. Kopi Teh

Kopi dan teh masih diperbolehkan untuk diet bergolongan darah AB. Khusus teh, yang paling disarankan adalah teh hijau.

Untuk menambah variasi menu Anda ketika berada di restoran, salad bisa menjadi pilihan yang terbaik. Konsumsilah dalam ukuran yang pas. Jangan berlebihan.

Hindari minuman bersoda.

8. Jus

Jika Anda ingin meminum jus, minumlah sesuai dengan jenis buah-buahan yang sudah ditulis di atas yaitu anggur, kiwi, lemon, nanas, dan ceri.

Akan sangat baik jika Anda tidak menambahkan gula ke dalam jus Anda. Selain jusnya akan lebih segar, proses menurunkan berat badan juga akan lebih mudah dengan ini.

Pantangan Makanan dan Minuman

9. Sayur Mayur

Jenis sayur-sayuran yang dilarang adalah jamur, kecambah dan jagung. Larangan tiga jenis sayur mayur ini menurut admin bukanlah masalah besar karena ada banyak sayur alternatif yang dapat anda pilih di nomor 5 di atas.

10. Lauk Pauk

Bagi penyuka daging dan seafood anda harus siap-siap untuk mengetatkan ikat pinggang. Pasalnya ada banyak jenis daging dan seafood yang harus anda hindari.

Alasannya jenis lauk pauk di bawah ini dapat memicu peningkatan kolestrol, lemak tubuh, tidak baik untuk sistem pencernaan anda karena bersifat panas, dan pemicu tekanan darah, jantung, stroke dan penyakit saraf.

Daging yang dilarang adalah daging babi, ayam, sapi, kerbau, kuda, asap, daging angsa, bebek, burung puyuh, dan burung dara.

Jenis seafood yang dilarang adalah ikan ekor kuning, teri tawar, kakap hitam, udang, kodok, gurita, belut, dan kepiting.

11. Minuman yang dilarang

Selain minuman bersoda, anda harus menghindari teh jenis black tea dan minuman beralkohol. Tidak masalah bukan, anda tetap masih bisa minum teh jenis lain dan kopi seperti yang saya jelaskan di nomor 7.

12. Olahan Susu

Anda sebaiknya menghindari minum susu sapi murni, mentega, keju amerika, blue cheese, keju brie, dan es krim. Alasannya, jenis produk tersebut dapat meningkatkan jumlah lendir dalam tubuh.

13. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Mencakup biji bunga matahari (kwaci), biji labu, kacang merah, dan kacang lima.

14. Buah-buahan

Buah alpukat, mangga, jambu, pisang, jeruk, belimbing dan jagung harus sebisa mungkin anda hindari untuk konsumsi. Memang rasanya lezat tapi tidak cocok untuk golongan darah AB.

15. Bumbu-bumbuan

Cuka, lada, ekstrak almond, dan tapioka harus anda singkirkan saat meracik bumbu masakan. Maksudnya, boleh anda masukkan tapi jumlahnya sangat sedikit. Malah lebih baik jika tidak memakainya sama sekali.

Tips Agar Program Diet Darah Tipe AB Berjalan Sukses

16. Makanan untuk menggemukkan badan

Jika tujuan diet anda untuk menambah berat badan, maka di anjurkan untuk memperbanyak konsumsi daging merah, kacang merah, jagung manis dan soba.

Daftar makanan ini memang kalau menurut daftar di atas sebaiknya di hindari. Itu jika anda berniat menguruskan badan. Tapi jika sebaliknya yaitu menaikkan berat badan, maka boleh dikonsumsi sampai target berat sudah mencapai ideal.

17. Makanan untuk menurunkan berat badan

Untuk mengurangi lemak dalam tubuh terutama bagian perut paha dan lengan yang mau dikecilkan, sebaiknya anda memperbanyak konsumsi tahu, ikan laut, sayur hijau, nanas dan buah jenis alkali.

18. Olahraga yang cocok

Jenis olahraga yang sesuai dengan karakter, sifat dan kesehatan anda adalah yoga, jalan kaki, hiking, golf, dan joget seperti tari, dansa dan senam. Yang lebih menantang seperti bela diri juga diperbolehkan yaitu tai chi dan silat.

19. AB + positif

Golongan darah tipe AB + populasinya sekitar 4% dari penduduk dunia. Anda yang memiliki darah ini dapat menerima donor darah dari semua golongan, tetapi hanya bisa mendonorkan kepada sesama AB+ saja.

Makanan yang cocok adalah jenis makanan yang mengandung zat tepung seperti biji-bijian sebagai bahan bakar kebutuhan aktivitas dan olahraga anda serta agar tingkat stress anda tidak meningkat. Selain itu tomat juga sangat baik karena tidak ada efek samping ke darah anda.

Anda harus menghindari daging. Jika terpaksa ingin mengonsumsinya maka masih boleh namun dengan porsi super kecil.

20. AB – negatif

Darah golongan AB– populasinya sedikit lebih banyak yaitu 6% dari penduduk dunia. Anda dapat mendonorkan ke AB– dan AB+ dan menerima donor dari semua golongan yang negatif saja yaitu A-, B–, AB-, dan O-.

Sebaiknya anda mengonsumsi buah, sayur, kacang dan olive oil karena makanan tersebut menjadi sumber lemak yang sehat. Sumber protein dapat anda dapatkan dari kacang dan biji-bijian namun wajib dikonsumsi dalam jumlah kecil karena akan berakibat pada sistem pencernaan anda.

Anda harus menghindari daging babi, daging sapi, daging ayam, jagung, jamur, kecambah, pisang dan jambu karena berakibat melemahkan sistem imunitas anda.

Itulah makanan dan minuman untuk diet golongan darah AB. Untuk diet golongan darah A, diet darah golongan B dan diet darah tipe O, sudah di bahas dalam artikel selanjutnya.

Semoga bermanfaat
Salam Diet Sehat Cantik –
www.dietsehatcantik.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar