Langkah Lengkap Berlatih Senam Nifas Pasca Melahirkan | Cara Diet Sehat

Langkah Lengkap Berlatih Senam Nifas Pasca Melahirkan


Senam Nifas menjadi latihan atau senam yang cukup penting buat ibu yang baru melahirkan. Senam ini bisa membantu memulihkan organ-organ tubuh dan meningkatkan kekuatan fisik ibu pasca melahirkan. Tidak hanya itu, senam jenis ini juga bisa membantu seorang ibu untuk mendapatkan tubuh ideal atau tubuh ramping seperti semula. Penasaran dengan gerakannya?

Gerakan senam nifas untuk membentuk tubuh ramping kembali pasca melahirkan

Langkah Lengkap Berlatih Senam Nifas Pasca Melahirkan

Langkah 1

Posisikan tubuh berbaring telentang, lalu kontraksikan otot-otot perut hingga bagian belakang punggung menempel pada matras. Tahan beberapa menit, lalu lepaskan. Ulangi 5 set. Ikuti dengan posisi tubuh telentang, kaki ditekuk, dan tangan di atas perut. Tarik napas hingga terasa sampai rongga dada dan perut berkontraksi. Tahan beberapa saat, lalu lepaskan. Ulangi 8 set.

Langkah 2

Posisikan tubuh berbaring telentang dengan kaki kanan menyilang di atas tungkai kiri. Lalu, tarik napas dan hembuskan perlahan. Biarkan otot perut berkontraksi sesaat, lalu lepaskan. Ulangi 8 set. Ikuti dengan posisi seperti semula. Putar kaki kanan 4 kali dan begitu juga untuk kaki kiri. Berikan dorongan kaki ke depan dan ke belakang. Ulangi 8 set.

Langkah 3


Posisikan tubuh berbaring telentang dan kedua tangan menyilang di depan dada. Angkat tubuh bagian atas beberapa cm dari matras. Anda bisa juga melakukan gerakan ini dengan posisi tangan di belakang kepala. Ikuti dengan posisi tubuh seperti semula dengan gerakan lanjutan mengangkat kedua kaki dari matras. Lalu, kontraksikan otot pantat hingga beberapa saat dan lepaskan.

Langkah 4

Posisikan tubuh berbaring telentang di matras dengan kedua lengan tangan dibentangkan. Lalu, angkat kedua lengan dan dorong hingga saling menyentuh. Kembali ke posisi awal. Ikuti dengan posisi kaki ditekuk, sementara kaki lain diangkat hingga menyentuh ujung paha kaki lain.

Langkah 5

Langkah kelima dalam senam nifas adalah dengan memosisikan tubuh berbaring telentang, lalu angkat kepala hingga ujung dagu menyentuh dada. Ikuti dengan posisi tubuh seperti semula, lalu angkat kaki kanan lurus hingga tubuh dan kaki membentuk sudut 90 derajat. Lakukan pada kaki lain.

Langkah 6

Posisikan tubuh berbaring dengan kedua kaki ditekuk. Lalu, tarik salah satu kaki hingga menyentuh dada, diikuti dengan menekuknya ke belakang. Lakukan juga pada kaki yang lain. Ikuti dengan posisi berlutut dan kedua kaki agak berjarak. Dekatkan dada hingga dekat dengan lutut.

Langkah 7

Posisikan tubuh duduk dengan kepala menunduk. Lalu putar kepala ke kiri dan ke kanan masing-masing 4 putaran. Ikuti dengan posisi tangan memegang pergelangan tangan yang lain. Angkat dan geser tangan ke siku, lalu ke posisi awal. Ulangi 8 set.

Berlatih senam nifas secara teratur akan membuat tubuh Anda segera fit kembali. Lakukan dengan bantuan ahli untuk memastikan Anda melakukan setiap gerakan dengan benar. Anda juga bisa melakukan senam ini bersama-sama agar lebih bersemangat. Salam diet sehat. (AE)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar