7 Cara Menguruskan Badan Setelah Melahirkan yang Efektif | Cara Diet Sehat

7 Cara Menguruskan Badan Setelah Melahirkan yang Efektif


7 cara menguruskan badan setelah melahirkan yang efektif – Memiliki buah hati merupakan dambaan setiap wanita. Namun masalah sering muncul setelah masa melahirkan. Masalah ini tak lain dan tidak bukan adalah berat badan berlebih yang kadang susah sekali turun. Postur tubuh yang tadinya kurus (sebelum hamil) menjadi bengkak setelah melahirkan. Tangan, perut, paha, bahkan keseluruhan bodi terlihat melebar. Ibu pun sudah mulai panik dan ingin menurunkan berat badannya dengan cepat. Lantas, bagaimana cara menguruskannya? Dalam artikel ini, kami akan membahas cara mudahnya untuk Anda.

Inilah 7 cara menguruskan badan setelah melahirkan yang efektif

7 Cara Menguruskan Badan Setelah Melahirkan

Menyusui

Ketika Anda menyusui sambil duduk, kemungkinan kalori yang terbakar adalah sekitar 600 hingga 800 kalori (dalam satu hari). Anda akan membutuhkan tambahan kalori hingga 500 kalori per hari saat menyusui. Maka dari itu, cara ini merupakan cara alam untuk mengembalikan postur tubuh Anda sekaligus memberikan ASI Eksklusif kepada bayi Anda.

Bergeraklah

Bangun di pagi hari sangat baik untuk ibu yang menyusui. Anda bisa mulai bangun di pagi hari dan memulai sesi olahraga. Cukup lakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki jarak dekat. Hal ini mungkin akan membuat Anda lelah, apalagi jika Anda melahirkan secara Caesar. Namun demikian, olahraga ringan ini perlu Anda lakukan, jangan lupa untuk meminta saran dari dokter yang merawat. Setelah 6 minggu dan tubuh Anda kuat, Anda bisa berlatih kardio atau berjalan kaki lebih jauh lagi. Bahkan, Anda bisa mengombinasikannya dengan jalan kaki di tangga. Di sini, senam kegel juga bisa Anda lakukan.

Menggendong bayi

Cara menguruskan badan setelah melahirkan selanjutnya adalah dengan mengangkat beban. Melakukan aktivitas angkat beban ini bisa Anda ganti dengan menggendong bayi. Sertakan bayi Anda dalam kegiatan Anda yang padat. Dengan begini, Anda akan mudah menurunkan berat badan pasca melahirkan dan dapat meningkatkan sistem metabolisme.

Camilan sehat

Selanjutnya, Anda harus pandai dalam memilih camilan sehat. Saat keinginan ngemil hadir, Anda bisa menghindari makanan yang mengandung gula dan memilih makanan yang tinggi serat dan gizi yang imbang. Cobalah memilih camilan gandum dengan gabungan sayuran atau buah-buahan segar.

Periksa asupan kalori dan lemak

Pernahkah Anda mendengar tentang makanan berkalori kosong? Jika belum, istilah ini biasanya digunakan untuk menggambarkan makanan berkalori tetapi tidak memiliki nilai gizi dan tidak mengenyangkan. Sebut saja minuman bersoda, keripik, dan sejenisnya. Hindari makanan ini dan gantilah dengan makanan sehat seperti buah-buahan, biji-bijian, makanan berprotein, sayuran, dan susu rendah lemak.

Istirahat dan tidur siang

Cara menguruskan badan setelah melahirkan selanjutnya adalah dengan tidur di siang hari. Istirahat yang cukup bagi ibu menyusui sangatlah penting. Hal ini selain akan membuat tenaga Anda kuat juga akan menjaga tubuh melepaskan hormon kortisol yang akan memicu kenaikan nafsu makan. Dampak negatifnya, Anda bisa makan dalam jumlah tak terkendali dan bahkan memilih makanan yang manis-manis dalam menu makanan Anda. Maka dari itu, Anda perlu tidur di saat-saat Anda bisa tidur. Sebab beberapa ibu menyusui susah sekali untuk mencuri waktu tidur. Sebab bayinya memiliki kebiasaan yang berbeda.

Bersosialisasi

Cara terakhir yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan berat badan setelah melahirkan adalah dengan bersosialisasi. Cobalah untuk bertemu dengan tetangga atau kerabat yang juga habis melahirkan dan bertukar informasi dengannya. Anda dan dia mungkin sedang dalam tujuan yang sama, yakni menguruskan badan. Anda bisa berjalan-jalan, berolahraga dengannya dan mendapatkan support satu sama lain.

Demikian cara menguruskan badan setelah melahirkan yang dapat Anda lakukan secara efektif. Agar aman, Anda bisa mengonsultasikannya dengan dokter mengenai kondisi kesehatan Anda saat ini.

Salam Diet Sehat – www.dietsehatcantik.com



Tidak ada komentar:

Posting Komentar