Kumpulan Tips Menu Sahur dan Buka Sehat untuk Diet


Memilih dan mengonsumsi menu sahur dan menu berbuka puasa yang pas menjadi satu hal yang perlu dilakukan saat bulan Ramadhan oleh para pelaku diet. Sebab dengan pilihan yang tepat, tak hanya program diet yang akan berjalan dengan lancar, namun puasa juga bisa berjalan lebih baik dan tanpa gangguan yang berarti. Tubuh tetap bugar di siang hari dan program diet pun dapat berjalan semestinya.

Tentang tips dan cara memilih menu sahur dan berbuka puasa sehat ini akan kami ulas dan rangkum dalam artikel ini secara singkat. Silakan simak sebagaimana kami olah dari berbagai sumber buat Anda.

Begini lho tips menu sahur dan buka sehat untuk diet yang bisa dijalankan

Kumpulan Tips Menu Sahur dan Buka Sehat untuk Diet

Pertama, air putih awal yang baik

Langkah pertama sahur dan berbuka puasa sehat sama saja, yakni dengan meminum air putih. Hal ini karena saat puasa, tubuh kita kehilangan banyak cairan. Di saat buka kita minum air putih dengan tujuan untuk mencukupi cairan yang hilang, sementara saat sahur, kita minum air putih dengan alasan agar cairan dalam tubuh cukup untuk menghadapi puasa seharian.

Kedua, buah-buahan

Menu sehat sahur dan berbuka terbaik kedua adalah buah-buahan. Untuk itu, setelah Anda minum air putih, lanjutkan dengan memilih buah-buahan sehat. Saat berbuka, Anda bisa mengonsumsi 3 buah kurma yang tidak hanya disunahkan oleh Rasulullah SAW, tetapi juga memiliki kandungan baik seperti zat besi, vitamin A, kalsium, mineral, dan serat, serta bisa menjadi sumber energi. Sementara itu, saat sahur, Anda bisa memilih buah lain yang ada di lemari es, atau tetap mengonsumsi buah kurma sebanyak 7 buah jika memang persediaannya banyak. Toh kandungannya memang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Ketiga, jus tanpa gula dan salad sayur/buah

Menu sahur untuk diet selanjutnya adalah jus tanpa gula. Hal ini dilakukan guna mendapatkan pasokan zat besi sehingga kita tidak mengantuk seharian. Karena saat kandungan zat besi dalam tubuh cukup, maka pasokan oksigen dalam darah juga baik dan tubuh bisa lebih bugar. Sedangkan untuk berbuka puasa, Anda bisa mengonsumsi salad buah dengan tujuan untuk menjaga lambung dari gangguan pencernaan. Anda juga bisa mengonsumsi sup dulu sebelum salad buah dan sayur.

Keempat, karbohidrat kompleks untuk keduanya

Pilihan karbohidrat terbaik saat berbuka puasa maupun sahur adalah karbohidrat kompleks. Jika Anda mengonsumsi karbohidrat kompleks saat sahur, maka manfaatnya salah satunya adalah stabilnya gula darah selama Anda berpuasa seharian. Di samping itu, Anda juga perlu menghindari gula buatan karena bisa membuat Anda merasa cepat lapar. Sebagai gantinya, Anda bisa mengonsumsi madu atau gula murni.

Kelima, hindari menggoreng makanan

Buat Anda para ibu rumah tangga yang rajin menyiapkan hidangan sahur dan berbuka untuk diet, sebaiknya pilihlah menu makanan yang tidak digoreng. Sebab, makanan yang digoreng tidak hanya mengandung lemak tetapi juga kurang baik karena bisa menyebabkan kita mudah mengantuk. Data statistik menunjukkan kalau ikatan oksigen dapat berkurang hingga 20% karena konsumsi makanan yang digoreng.

Baca Juga: Begini Nih Tips Memilih Menu Buka Puasa yang Sesuai

Keenam, magnesium dan potasium juga penting

Jika Anda ingin memasukkan menu camilan sehat atau hidangan penutup untuk berbuka puasa sahur yang sehat buat diet, tentu saja tetap bisa. Intinya, pilihlah makanan yang mengandung potasium dan magnesium. Yang pastinya bisa Anda temukan di kacang almond, jeruk, hingga pisang.

Baca Juga: Cobain Cara Memulai dan Membangun Gaya Hidup Sehat

Ketujuh, tips tambahan berbuka dan sahur

Untuk mengonsumsi makanan berbuka, sebaiknya dilakukan setelah sholat maghrib. Sementara untuk menu makanan diet untuk sahur, sebaiknya pilih lauk pauk yang bisa membuat kenyang lebih lama, seperti kacang-kacangan, tahu, tempe, dan ikan.

Dengan menu sahur dan berbuka sehat buat diet di atas, tak hanya diet sehat alami Anda saja yang akan lancar. Puasa tetap bugar dan lancar, insyaAllah. Selamat berpuasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar