Begini 11 Cara Diet Sehat untuk Ibu Menyusui | Cara Diet Sehat

Begini 11 Cara Diet Sehat untuk Ibu Menyusui


Cara diet sehat untuk ibu menyusui dalam rangka mengecilkan perut buncit sering kali harus dihadapkan pada berbagai kendala. Salah satunya adalah kekhawatiran kalau diet sehat yang dilakukan akan berdampak pada buah hati yang saat ini tengah disusui. Hal ini wajar, karena memang masih ada keterkaitan antara ibu dan anak, apalagi saat anak itu disusui oleh ibunya. Tak heran, banyak sekali ibu menyusui yang rela menunda untuk mengecilkan perut atau merampingkan perut usai melahirkan. Namun tahukah Anda jika menerima dengan legowo diri Anda sekarang juga bisa jadi awal baik untuk menguruskan badan dengan cepat pasca melahirkan?

Kami telah melansir dan merangkum cara menurunkan berat badan bagi ibu menyusui dari babycenter untuk Anda simak dan coba di rumah. Namun yang terpenting dari cara diet ini adalah Anda harus mengetahui kondisi Anda dulu. Sebaiknya konsultasikan ke dokter apakah saat ini Anda boleh menjalankan program diet, supaya lebih aman.

Berikut cara diet sehat mengecilkan perut buat ibu menyusui

Cara Diet Sehat untuk Ibu Menyusui

Makan dengan gizi lengkap dan seimbang

Makanan menjadi bagian terpenting yang harus Anda perhatikan. Untuk itu, pilihlah makanan dengan gizi seimbang dan juga lengkap, supaya bisa memenuhi nutrisi untuk tubuh Anda dan bayi Anda juga. Ini juga bisa berdampak baik untuk penurunan berat badan Anda. Selain pilihan makanannya, Anda juga harus memperhatikan jumlah konsumsi makanannya. Di sini, Anda disarankan makan sering dengan porsi yang kecil, bukan sekali tapi langsung banyak.

Tidak perlu hitung kalori

Ibu menyusui berbeda dengan ibu yang tidak menyusui. Bedanya, ibu menyusui membutuhkan sekitar 500 kalori lebih banyak ketimbang ibu tidak menyusui. Maka dari itu, jangan hanya berfokus pada kalori yang Anda konsumsi. Karena kekurangan kalori harian juga tidak baik untuk perkembangan Anda dan bayi Anda. Ikuti kebutuhan Anda untuk makan, bukan keinginan.

Pelan namun pasti

Cara mengecilkan perut ibu menyusui ini bisa dilakukan ketika Anda bisa menerima diri Anda, kemudian melakukannya secara pelan namun pasti. Intinya, Anda tetap harus tenang dan tidak memfrosir diri Anda. Tempatkan kesehatan Anda dan bayi di posisi yang utama. Anda bisa mulai poin ini dengan membuat target 1 tahun menurunkan berat badan setelah melahirkan. Jangan terlalu cepat dan ingat dampak negatifnya.

Variasi makanan sehat

Pilihlah makanan yang sehat seperti mengganti gula buatan dengan gula alami atau mengganti makanan berkarbohidrat dengan karbohidrat kompleks. Pertimbangkan untuk memilih diet sehat dengan pilihan makanan yang tepat sebagai cara merampingkan perut bagi ibu menyusui. Sehingga kebutuhan nutrisi tubuh pun bisa terpenuhi. Protein juga menjadi pilihan yang baik.

Lemak baik saja

Lemak dibutuhkan oleh tubuh. Terutama ibu menyusui, sangat memerlukannya. Anda bisa mengonsumsi lemak, tapi pilih yang baik atau sehat. Misal, lemak nabati. Hindari lemak trans.

Jika perlu, pilih yang organik

Ada buah dan sayur yang mengandung pestisida atau yang lainnya. Kontaminan seperti ini tidak cocok untuk Anda konsumsi. Sehingga jika memungkinkan, pilihlah yang organik.

Konsumsi ikan

Salah satu makanan yang bisa Anda ambil proteinnya secara aman adalah ikan. Ikan yang mengandung asam lemak omega 3, DHA dan EPA bisa jadi pilihan yang baik untuk Anda, khususnya bayi Anda.

Hindari alkohol

Sudah bukan rahasia lagi jika alkohol menjadi minuman yang sebaiknya dihindari dalam kondisi apapun, baik saat Anda belum hamil, sedang hamil, maupun saat menyusui.

Vitamin pasca melahirkan

Seorang ibu usai melahirkan biasanya mendapatkan vitamin dari bidan atau dokter yang merawat. Anda tetap bisa mengonsumsi vitamin ini meski sedang dalam program diet alami untuk ibu menyusui. Kalsium, vitamin D, dan DHA menjadi pilihan terbaik untuk Anda dan buah hati Anda.

Baca Juga: Perhatikan Porsi Kurma Jika Ingin Kurus

Minum banyak air putih, batasi/hindari kafein

Cara merampingkan perut usai melahirkan untuk ibu menyusui selanjutnya adalah dengan banyak mengonsumsi air putih. Cara diet sehat ini bisa bermanfaat untuk kebugaran Anda selama menyusui juga bisa membuang racun-racun dalam tubuh sekaligus merontokkan lemak. Sebaliknya, minuman berkafein sebisa mungkin dibatasi, atau bahkan dihindari untuk sementara waktu dulu.

Pertimbangkan rasa makanan yang Anda pilih

Cara melangsingkan perut bagi ibu yang sedang menyusui erat kaitannya dengan rasa makanan yang dikonsumsi. Sebaiknya pilih banyak rasa supaya bisa memberikan dampak yang baik pula buat Anda dan buah hati.

Itulah beberapa cara diet sehat untuk ibu menyusui yang mudah, alami, dan cukup toleran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar