Ini 10 Menu Makanan Diet Sehat untuk Ibu Menyusui | Cara Diet Sehat

Ini 10 Menu Makanan Diet Sehat untuk Ibu Menyusui


Memilih menu makanan diet sehat untuk ibu menyusui harus dilakukan karena tidak hanya baik buat ibunya saja, melainkan juga baik untuk buah hati yang baru saja dilahirkan. Pemilihan makanan yang tepat bisa mempengaruhi kelancaran ASI dan nutrisi yang terkandung dari ASI itu. Jika saat ini Anda sedang melakukan dua hal sekaligus, yakni menyusui buah hati dan program diet sehat, kami akan memberikan beberapa pilihan makanan sehat terbaik untuk ibu menyusui. Silakan disimak.

Daftar menu makanan diet sehat untuk ibu menyusui

Ini 10 Menu Makanan Diet Sehat untuk Ibu Menyusui

Beras merah

Dalam artikel yang berjudul cara diet sehat untuk ibu menyusui sudah dijelaskan kalau mengganti makanan berkarbohidrat dengan karbohidrat kompleks sangat penting. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi beras merah. Menu makanan ini bisa Anda konsumsi secara sering dalam jumlah yang kecil dengan tujuan untuk memberikan energi pada tubuh, menghindarkan Anda dari rasa lapar berlebih, dan mengenyangkan perut. Perlu Anda tahu, beras merah ini selain mengandung karbohidrat juga mengandung kadar gula yang rendah serta serat yang baik untuk tubuh Anda.

Bayam

Sayuran hijau yang sangat mudah dijumpai di Indonesia ini memiliki kandungan Alpha lipoic, serat, dan juga glutathione. Selain bisa diolah menjadi sayuran sebagai menu makanan diet utama, bayam juga bisa dimasukkan dalam daftar camilan sehat untuk ibu menyusui.

Air putih

Air putih menjadi minuman wajib buat ibu yang sedang menyusui. Minuman ini secara langsung bisa membantu Anda mengontrol nafsu makan berlebih.

Blueberi

Buah yang satu ini bisa dinikmati dalam bentuk jus maupun dimakan mentah biasa. Menjadi menu makanan diet terbaik buat ibu menyusui yang ingin menurunkan berat badan cepat. Pasalnya, blueberi mengandung banyak sekali vitamin dan mineral. Serta mengandung karbohidrat sehat yang bisa menjaga tingkat energi Anda.

Jeruk

Daftar makanan diet yang baik pasca melahirkan adalah jeruk. Makanan ini termasuk dalam makanan yang bisa meningkatkan level energi. Apalagi, seorang ibu menyusui sangat membutuhkan banyak vitamin C yang terkandung dalam jeruk.

Lele

Salah satu ikan yang bisa dikonsumsi dengan mudah dan murah oleh ibu menyusui adalah lele. Asam amino dalam ikan lele sangat baik untuk perkembangan buah hati. Anda juga bisa mendapatkan ikan lain seperti salmon, udang, nila, atau kepiting.

Daging sapi (rendah lemak)

Jika Anda ingin menyantap daging sebagai menu makanan saat menyusui, maka daging sapi bisa menjadi pilihannya. Namun pilih yang rendah lemak saja, seperti tenderloin.

Telur

Pilihan makanan selanjutnya adalah telur. Cocok sekali untuk dijadikan menu sarapan pagi buat ibu menyusui baik dengan cara direbus maupun urak-arik.

Baca Juga: Begini 11 Cara Diet Sehat untuk Ibu Menyusui

Cokelat

Menu makanan sehat untuk ibu pasca melahirkan selanjutnya adalah cokelat. Di sini, dark chocolate menjadi pilihan yang terbaik, buat program diet sehat juga buat buah hati Anda.

Susu rendah lemak

Produk susu seperti susu, yogurt, dan keju juga menjadi pilihan bijak untuk Anda yang sedang menyusui. Namun, pilih yang terbaik, yakni yang kadar lemaknya rendah. Susu mengandung vitamin D yang baik untuk perkembangan tulang. Dia juga memiliki kandungan protein dan vitamin B yang sangat baik untuk Anda dan buah hati. Yang terpenting, susu juga memiliki kandungan kalsium. Yang mana sangat dibutuhkan oleh seorang ibu menyusui pasca melahirkan.

Itulah beberapa pilihan menu makanan diet sehat untuk ibu menyusui yang baik dan terbaik. Anda bisa mencobanya untuk mengatur pola makan terbaik saat menyusui.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar