Cara Menurunkan Berat Badan Pasca Melahirkan secara Sehat dan Cepat | Cara Diet Sehat

Cara Menurunkan Berat Badan Pasca Melahirkan secara Sehat dan Cepat


Cara menurunkan berat badan pasca melahirkan secara sehat dan cepat  – Sebuah hal wajar jika seorang perempuan yang baru melahirkan akan mengalami pembengkakan badan. Bahkan ada yang mengeluhkan perutnya tetap buncit meskipun sudah tidak ada bayinya lagi. Tentu saja, beberapa perempuan ada yang langsung stress karena tidak bisa mendapatkan berat badan idealnya kembali. Akan tetapi, banyak juga yang tidak stres dan menerima keadaan sekaligus melakukan usaha menurunkan berat badan dengan cara mudah secara bertahap. Lantas, bagaimana cara menurunkan berat badan setelah melahirkan secara sehat dan aman? 

Inilah cara menurunkan berat badan pasca melahirkan secara sehat dan cepat

Cara Menurunkan Berat Badan Pasca Melahirkan

Kami sajikan ulasan cara aman dan sehat untuk menurunkan berat badan setelah melahirkan. Artikel ini kami lansir dari babycentre untuk Anda.

Kapan Anda bisa mulai untuk menurunkan berat badan?

Sebelum memulai usaha penurunan berat badan, ada hal yang penting dan tidak bisa diabaikan. Yakni kapan Anda mulai bisa diet. Sebab kini Anda tidak bisa memikirkan diri sendiri, ada bayi Anda yang juga harus mendapatkan perhatian. Untuk kasus ini, Anda bisa membahas dan mengonsultasikannya dengan bidan yang merawat Anda. Akan sangat baik jika Anda menunggu masa postnatal, yakni setelah 6 hingga 8 minggu kelahiran.

Bagaimana cara menurunkan berat badan setelah melahirkan secara aman?

Cara menurunkan berat badan pasca melahirkan dengan aman bisa Anda lakukan dengan cara mengonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur, mengonsumsi air putih sepanjang hari, serta memilih makanan ringan yang sehat. Tiga cara ini bisa membantu Anda untuk menurunkan berat badan sekaligus menjaga kesehatan Anda serta membantu penyesuaian diri Anda dan bayi.

Selain cara di atas, Anda bisa melakukan beberapa cara berikut;
  1. Sempatkan untuk makan di pagi hari
  2. Konsumsi setidaknya lima porsi buah dan sayur dalam satu hari
  3. Konsumsi makanan yang mengandung serat seperti gandum, biji-bijian, kacang-kacangan, dan yang lainnya
  4. Sertakan makanan bertepung seperti roti, nasi, dan pasta dalam menu makanan Anda. Pilihan bijaknya adalah yang terbuat dari tepung gandum.
  5. Hindari konsumsi makanan manis dan berlemak seperti makanan cepat saji atau fast food, minuman bersoda, kue, biskuit, permen, dan yang lainnya.
  6. Perhatikan porsi makan saat mengonsumsi menu makan malam. Serta makanan ringan antara waktu makan seperti pagi ke siang dan siang ke malam.

Olahraga apa yang bisa Anda lakukan?

Olahraga bisa menjadi booster untuk penurunan berat badan Anda. Ya, cara menurunkan berat badan pasca melahirkan ini akan sangat efektif ketika Anda bisa menggabungkan diet dengan makanan dan olahraga.

Olahraga yang bisa Anda lakukan adalah olahraga ringan seperti mendorong bayi Anda untuk jalan-jalan. Anda juga bisa mengikuti kelas untuk latihan bayi di mana Anda bisa bertemu juga dengan ibu-ibu lainnya. Dengan cara ini, Anda bisa sekalian olahraga dan menyenangkan suasana hati Anda.

Berapa banyak kalori yang dibutuhkan?

Diakui atau tidak, cara menurunkan berat badan pasca melahirkan memang agak sulit. Akan tetapi akan sangat bijak jika Anda menurunkan badan terlebih dulu sebelum kembali memutuskan untuk mengandung lagi. Ini adalah cara yang baik untuk menghindarkan Anda dari obesitas yang bisa memicu terjadinya penyakit berbahaya.

Maka dari itu, menurunkan berat badan setelah melahirkan penting agar Anda dapat mengelola berat badan Anda dengan mudah. Soal kalori yang Anda butuhkan, setiap orang berbeda. Hal ini tergantung pada aktivitas Anda, berat badan Anda sekarang, dan apakah Anda menyusui sendiri atau tidak.

Hubungan antara menyusui dan penurunan berat badan


Sudah banyak yang menyebutkan bahwa menyusui bisa menjadi salah satu cara menurunkan berat badan pasca melahirkan. Benarkah demikian?

Hot! Cara Menurunkan Berat Badan dalam 15 Langkah

Jika Anda menyusui bayi Anda, maka pastikan bahwa Anda mulai menurunkan berat badan setelah Anda dan bayi dapat beradaptasi dengan kebutuhan kalori dan semua hal tentang menyusui. Pasalnya, untuk memproduksi susu, kemungkinan Anda akan membutuhkan kalori yang lebih banyak. Yakni tambahan sebesar 330 kalori. Dalam hal ini, Anda akan dapat menggunakan menyusui sebagai salah satu cara menurunkan berat badan asal Anda tidak menambah kalori tubuh Anda. Jika Anda ingin menurunkan berat badan, maka lakukanlah secara bertahap. Anda bisa menghilangkan setengah hingga satu kilo gram dalam satu minggu.

Kapan tubuh Anda akan kembali normal?

Pada intinya, cara menurunkan berat badan pasca melahirkan ini akan berhasil jika Anda fokus dan bersabar. Artinya, Anda harus bersabar untuk mendapatkan berat badan Anda secara bertahap. Sementara ini, jangan dulu berfokus untuk memaksakan diri harus langsing kembali. Karena untuk memiliki tubuh yang sekarang butuh waktu, maka logikanya untuk menurunkannya pun Anda butuh waktu yang tidak sedikit.

Studi tentang penurunan berat badan untuk ibu hamil

Dalam satu studi disebutkan bahwa empat dari 10 ibu yang melakukan diet agar langsing kembali telah berhasil saat bayi berusia 6 bulan. Maka dari itu, meski dilakukan secara bertahap, Anda tetap harus memiliki target kapan waktu yang tepat Anda mendapatkan berat badan ideal Anda kembali. Anda bisa mulai membuat target saat usia bayi Anda sudah 1 tahun. Namun demikian, memulai menurunkan berat badan akan sangat bergantung pada kesiapan tubuh dan mental Anda. Tidak hanya itu, cara menurunkan berat badan pasca melahirkan ini juga erat hubungannya dengan konsultasi Anda dengan dokter atau bidan yang merawat Anda.

Semoga ulasan ini bermanfaat.

Salam diet sehat dan salam tips serta cara menurunkan berat badan –
www.dietsehatcantik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar