Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan dalam 6 Langkah | Cara Diet Sehat

Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan dalam 6 Langkah


Cara menurunkan berat badan setelah melahirkan dalam 6 langkah – Untuk menurunkan berat badan atau mendapatkan berat badan ideal super cepat pasca melahirkan memang menantang. Buktinya, banyak sekali perempuan yang mengeluhkan perubahan bentuk tubuh pasca melahirkan. Padahal, perempuan harus selalu tampil cantik agar suami tidak berpaling ke lain hati.

Meski banyak yang belum berhasil, sebagian wanita juga terbukti mampu bisa mendapatkan berat badan idealnya setelah melahirkan dengan mudah. Bahkan hanya dalam hitungan minggu. Lantas, apa saja yang dilakukan oleh orang tersebut? Apakah cara yang mereka tempuh sama? Perlu Anda ketahui bahwa masih ada kemungkinan efek yang berbeda pada masing-masing individu. Maka dari itu, sebagai rekomendasi untuk Anda dalam menurunkan berat badan usai melahirkan, berikut kami sajikan 6 tips mudahnya. Simak.

Yuk coba cara menurunkan berat badan setelah melahirkan dalam 6 langkah ini!

Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan dalam 6 Langkah

Artikel ini dikutip oleh dietsehatcantik.com dari WebMD. Silakan disimak.

Sebelum memulai melakukan cara menurunkan berat badan setelah melahirkan ini, seorang ahli diet yang terdaftar dan seorang juru bicara ADA atau American Dietetic Association, Melinda Johnson mengungkapkan bahwa seorang ibu harus bersabar untuk mendapatkan berat badan idealnya kembali. Logikanya, jika Anda butuh waktu 9 bulan untuk menaikkan berat badan Anda, maka sudah pasti akan butuh beberapa bulan juga untuk menurunkannya atau mengembalikannya pada berat badan Anda sebelumnya.

Pertama, jangan lakukan diet

Melinda Johnson menyarankan kepada ibu-ibu yang ingin menurunkan berat badannya agar tidak melakukan diet. Pasalnya, dengan berniat diet, Anda akan menghindari sejumlah makan favorit yang justru bisa membuat Anda stres. Sedangkan stres sendiri dapat menaikkan berat badan Anda.

Namun demikian, dasarilah pada keinginan untuk kembali kepada konsumsi makanan sehat dan makan saat lapar. Jauhi makanan ringan atau snack dan gantilah dengan camilan sehat. Camilan seperti wortel, biskuit dari gandum, atau apel bisa menjadi solusi. Dan jangan lupa untuk mencukupi kebutuhan kalori sebanyak 1800 kal. Dengan begini, Anda bisa memulai cara menurunkan berat badan setelah melahirkan Anda dengan mudah.

Kedua, mengonsumsi makanan super

Menurut Melinda Johnson, salah satu makanan super yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil adalah ikan. Hal ini karena ikan mengandung DHA dan omega 3, asam lemak esensial yang dapat membantu perkembangan otak bayi. Kandungan ini sangat dibutuhkan oleh seorang ibu yang menyusui. Adalah tuna, salmon, dan sarden, tiga jenis ikan yang bisa dikonsumsi untuk membantu perkembangan otak bayi Anda.

Selain makanan ini, Melinda Johnson juga menyarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium seperti susu dan yogurt. Disusul makanan yang mengandung protein seperti daging tanpa lemak, kacang-kacangan, dan daging ayam. Cara menurunkan berat badan dengan makanan sehat ini akan sangat bermanfaat untuk Anda dan bayi Anda.

Ketiga, menyusui (sendiri)

Cara menurunkan berat badan setelah melahirkan selanjutnya adalah dengan menyusui putra atau putri Anda secara langsung. Dalam beberapa studi sudah ditemukan bahwa dengan menyusui secara eksklusif, akan membantu Anda untuk menurunkan berat badan super cepat. Dengan menyusui, Anda memiliki kemungkinan untuk mendapatkan tambahan kalori sebanyak 300 kal. Di samping itu, manfaat ASI sangat baik untuk tumbuh kembang bayi Anda.

Keempat, minum air putih yang cukup

Jangankan perempuan yang baru saja melahirkan atau sedang menyusui. Seorang perempuan yang tidak sedang melakukan keduanya pun harus mengonsumsi air putih yang cukup. Dalam hal ini, Melinda Johnson merekomendasikan konsumsi air putih sebanyak 8 gelas per hari. Anda bisa mengetahui kecukupan air dengan indikator warna air kencing Anda ditambah dengan frekuensi Anda buang air kecil. Normalnya, warna air kencing akan jernih dengan intensitas sekali dalam 3 hingga 4 jam.

Kelima, gerak yuk Bunda!

Jalan cepat mendorong bayi dapat menjadi solusi olahraga sederhana untuk ibu yang baru melahirkan. Cara menurunkan berat badan setelah melahirkan ini bisa Anda lakukan dengan rutin dan bermanfaat untuk mengurangi masalah tidur, stres, dan depresi. Anda bisa melakukannya selama 30 menit dan secara bertahap. Solusi lain dari Melinda Johnson adalah dengan mengurus bayi Anda sendiri.

Keenam, istirahat dan tidur yang cukup

Dalam sebuah studi terkini disebutkan bahwa seorang ibu yang baru saja melahirkan dan hanya mendapat jatah 5 jam bahkan kurang untuk tidur dapat berdampak pada kenaikan berat badan. Hal ini dikarenakan saat capek, tubuh secara otomatis akan melepaskan kortisol dan hormon lainnya yang dapat menyebabkan bertambahnya berat badan. Maka dari itu, meski mustahil, Anda harus mendapatkan cukup tidur. Jika bayi Anda tidur, usahakan untuk ikut tidur. Tidak peduli malam maupun siang.

Sekarang, Anda bisa mencoba cara menurunkan berat badan setelah melahirkan di atas untuk mendapatkan berat badan ideal. Mulailah secara bertahap dan dengan santai. Tidak perlu terlalu untuk memaksakan diri untuk langsing. Tetap kendalikan emosi dan pikiran Anda agar bisa terus menjalani peran terbaik sebagai seorang ibu.

Semoga bermanfaat

Salam Diet Sehat – www.dietsehatcantik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar