Atasi Stress dengan Tiga Langkah Mudah! | Cara Diet Sehat

Atasi Stress dengan Tiga Langkah Mudah!


Atasi Stress dengan Tiga Langkah Mudah! - Di artikel sebelumnya, saya telah membahas tentang efek buruk yang akan ditimbulkan oleh stres, yaitu dapat mengakibatkan banyak penyakit termasuk menjadi perusak atas 10 organ tubuh manusia. Nah, kali ini saya akan memberikan solusi mudah untuk mengatasi dan menghilangkan stres dengan tiga langkah mudah;

ganti stres dengan relax
Atasi Stress dengan Tiga Langkah Mudah


Langkah pertama, Gaya hidup dan kegiatan positif
Gaya hidup yang saya maksud di sini adalah kebiasaan hidup sehari-hari anda yang kadang disadari atau tidak kurang baik sehingga dapat dengan mudah memicu stress pada diri anda. Mulailah membiasakan diri dengan gaya hidup baru seperti:

a.       Olahraga rutin
Selain jalan kaki, olahraga yang bisa meredam stres adalah renang, bersepeda, dan olahraga yang memerlukan adrenalin seperti memanjat gunung.

b.      Cukup istirahat
Tidur adalah saat di mana tubuh anda memperoleh energi baru. Jika anda kurang tidur, maka tubuh anda akan menggunakan stres untuk membuat anda terus beraktivitas dan tetap aktif.

c.       Makanan yang sehat
Bensin untuk tubuh anda adalah asupan gizi yang berasal dari makanan yang anda makan. Salah makan akan membuat metabolisme tubuh anda menjadi buruk. Selain dengan memakan makanan yang sehat, air putih ternyata juga bisa mengurangi stres anda.

d.      Belajar santai
Mulailah dengan hal-hal kecil yang dapat membuat anda santai, seperti mendengarkan musik slow, mandi, pijat, atau mungkin dengan menulis. Anda bisa mulai menuliskan hal-hal yang membuat anda stres dalam sebuah diary.

e.      Meditasi dan yoga
Jika anda tidak punya waktu untuk keluar rumah untuk beryoga, cobalah untuk melakukan meditasi sendiri di rumah. Caranya mudah kok, yang penting anda berfokus dan bersihkan pikiran anda dari hal-hal yang mengganggu.

f.        Lakukan yang anda sukai
Saya yakin anda punya hobi, lakukanlah untuk mengalihkan stress. Atur dan lakukan secara reguler jika perlu.

Langkah kedua, Benahi mindset dan cara berpikir
Setelah menjadikan hal di atas sudah menjadi lifestyle anda, sekarang saatnya anda selalu berpikiran positif dan merubah mindset atau cara berpikir anda menjadi lebih baik. Caranya:

a.       Hindari berpikiran negatif
Anda bisa memulai hal ini dengan bersyukur dari hal-hal kecil yang anda dapatkan. Jika perlu anda tuliskan apa pun yang anda dapatkan hari ini, meskipun itu kecil.

b.      Buatlah goal dan to-do list
Tujuan hidup akan membantu anda dalam mengarahkan hidup, juga membantu anda dalam membuat to-do list untuk mencapai tujuan tersebut.

c.       Cari tahu hal apa saja yang biasanya membuat anda stress
Dengan begini, anda bisa menghindari kondisi-kondisi yang dapat memicu munculnya stres.

d.      Berhenti mencemaskan hal-hal yang memang di luar kendali anda
Intinya, percayalah bahwa anda telah melakukan dengan maksimal. Jika itu belum berhasil, maka ada kalanya anda harus berpasrah. Karena ada hal-hal yang memang di luar jangkauan anda.

e.      Hidup adalah milik anda, maka jalanilah sewajarnya sesuai dengan porsi anda. Jangan terlalu memaksakan diri

f.        Berguraulah!
Tertawa bisa membuat anda bahagia dan dapat menghilangkan stress. Selera humor diperlukan di sini. Menonton acara komedi bisa menjadi salah satu opsi yang bisa anda pilih.

g.       Cari seorang sahabat atau pacar sebagai tempat berbagi
Seorang yang anda percaya bisa mengurangi beban anda dan membuat hati anda sedikit lega. Dengan bercerita, anda akan terhindar dari stres.

Langkah ketiga, Berani ungkapkan pendapat
Hal terakhir yang perlu anda lakukan untuk menghilangkan stres adalah dengan mengungkapkan apapun yang mengganggu pikiran anda. Jangan terlalu menghiraukan apa yang akan orang katakan, karena itu akan lebih memperburuk keadaan. Yakinlah, bahwa yang anda lakukan adalah hal positif bagi anda juga dia. Agar masalah dan hal-hal menggantung lainnya bisa segera diselesaikan dan tidak mempengaruhi aktivitas anda lainnya.

Salam Diet Sehat Cantik – www.dietsehatcantik.com

Semoga Bermanfaat
Hindayani

Tidak ada komentar:

Posting Komentar