Awas Stress! Bisa Berakibat Buruk untuk 10 Organ Tubuh Ini | Cara Diet Sehat

Awas Stress! Bisa Berakibat Buruk untuk 10 Organ Tubuh Ini


Awas Stress! Bisa Berakibat Buruk untuk 10 Organ Tubuh Ini - Dengan segala kesibukan yang semakin meningkat, stress memang bisa mengundang banyak penyakit dan mengganggu kesehatan. Meskipun sudah menjaga pola makan sehat, jika anda terlalu stress, maka penyekit seperti stroke, hipertensi, dan gangguan lainnya berpeluang menghampiri tubuh anda. Berikut adalah 10 anggota tubuh yang terancam jika anda mengalami stress;
Stress Berakibat Buruk untuk 10 Organ Tubuh
Stress Berakibat Buruk untuk 10 Organ Tubuh

1.       Otak
Stress ternyata dapat mengganggu proses berpikir dan menghambat ide-ide kreatif anda. Terkadang stress juga bisa membuat anda lupa jalan pulang karena terlalu bingung dan cemas.
2.       Emosi
Sudah bukan rahasia umum, saat stress seseorang bisa kehilangan control atas emosinya. Seperti mudah tersinggung, menjadi sangat melankoli dan dramatis, juga bisa menjadi lima kali lipat lebih menakutkan saat kemarahannya datang.
3.       Gigi
Stress, kecemasan, dan kekhawatiran yang tertahan membuat seseorang menggerakkan giginya seolah sedang kedinginan. Jika ini dibiarkan, kondisi gigi juga menjadi kurang baik.
4.       Jantung
Stress memicu peningkatan hormone kortisol. Hormon ini bisa menyebabkan semakin cepatkan kinerja jantung dan bisa-bisa meningkatkan tekanan darah. Bahkan, dalam kasus yang berkepanjangan stress dapat menyebabkan stroke.
5.       Perut
Rasa mual yang anda rasakan saat terlalu stress berasal dari lambung dan organ pencernaan anda. Jangan heran jika saat stress perut anda akan terasa tidak nyaman apalagi jika anda memiliki riwayat penyakit gastro. Karena penyakit tersebut akan semakin parah saat anda terlalu stress.
6.       Kulit
Sudah pernah dengar stress akibatkan jerawat kan? yup, hal tersebut bukanlah sekedar mitos. Bahkan, stress dapat mengakibatkan demam di kulit anda. 
7.       Rambut
Hati-hati, kerontokan rambut anda bisa jadi diakibatkan oleh stress. Jika anda tidak segera mengatasi stress anda, maka hal ini akan terus berlanjut. Parahnya, kerontokan rambut itu bisa bertahan hingga 3 bulan dan bisa anda pulihkan lagi selama satu tahun.
8.       Otot
Otot-otot yang biasanya bermasalah saat anda stress adalah otot di bagian punggung, leher, dan dada.
9.       Daya tahan tubuh
Tak heran jika orang yang stress lebih mudah terserang penyakit atau lebih cenderung sakit-sakitan. Ini disebabkan oleh kekebalan tubuh yang menurun saat stress.
1.   Paru-paru
Orang yang memiliki asma atau gangguan pernafasan akan mengalami susah nafas saat stress melandanya. Kejadian ini bisa saja menjadi parah jika tidak ada yang menenangkan orang tersebut sehingga dia bisa kembali bernafas dengan lega lagi.
Begitu banyak dampak buruk stress untuk kesehatan organ tubuh kita. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita mengendalikan stress ini agar selalu sehat.
Salam Diet Sehat Cantik – www.dietsehatcantik.com
Hindayani

Tidak ada komentar:

Posting Komentar