Cara Makan yang Benar dalam Tips Menurunkan Berat Badan | Cara Diet Sehat

Cara Makan yang Benar dalam Tips Menurunkan Berat Badan


Cara Makan yang Benar dalam Tips Menurunkan Berat Badan – Selama ini, kita tahu kalau memilih makanan sehat adalah hal yang wajib dilakukan ketika ingin menurunkan berat badan. Ini menjadi salah satu cara yang paling utama sebagai bentuk pemenuhan kalori yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun, perlu Anda tahu juga kalau memilih makanan saja terkadang tidak cukup. Jika porsinya berlebih dan Anda tidak memakan makanan tersebut secara benar. Bisa jadi, makanan tersebut akan menjadi musuh Anda. Maka dari itu, trik makan yang benar harus Anda kuasai dan dilaksanakan supaya bisa mendapatkan tubuh ideal dengan mudah dan sehat. Kami pun telah merangkum tips diet sehat tentang cara makan yang sehat dan benar dalam ulasan khas www.dietsehatcantik.com di bawah ini.

Berikut beberapa cara makan dalam tips menurunkan berat badan yang sehat

Cara Makan yang Benar dalam Tips Menurunkan Berat Badan

Perhatikan makanan Anda

Supaya makan Anda menjadi aktivitas yang benar-benar sehat, maka ada baiknya Anda memperhatikan apa yang Anda konsumsi ketika Anda sedang makan. Memperhatikan yang dimaksud di sini bukan berarti Anda harus selalu memandang makanan Anda atau terlalu serius saat makan, bukan seperti itu. Yang dimaksud di sini adalah dengan memperhatikan apa yang Anda konsumsi tanpa harus membagi fokus Anda dengan orang lain. Misalnya saja Anda makan sambil menonton TV, maka perhatian Anda akan terfokus pada TV sehingga tidak memperhatikan apa yang Anda makan dan seberapa ukuran makanan yang sudah Anda habiskan. Anda pun tidak akan terasa padahal sudah makan dalam jumlah banyak. Termasuk ketika Anda makan bersama teman sambil ngobrol ke sana dan ke mari. Biasanya, ukuran makanan berlebih pun bisa dikonsumsi tanpa sengaja.

Supaya tidak teralihkan perhatian Anda dari makanan, tips menurunkan berat badan ini menyarankan agar Anda mau merasakan dan menikmati makanan yang Anda konsumsi. Rasakan makanan itu masuk dalam mulut dan nikmati sensasi dan rasa dari masakannya.

Hindari makan sebagai sambilan

Istilah ngemil atau makan sambil melakukan sesuatu memang sangat rentang dengan kegemukan, jadi hindari ini. Sebagai contoh, Anda makan jajan sambil menyetir, selain berbahaya karena berada di perjalanan. Trik ini juga akan berbahaya bagi diri Anda. Tidak akan terasa meskipun sudah menghabiskan banyak makanan. Anda baru akan terasa ketika makanan dalam porsi besar sudah Anda habiskan sendiri. Selain menyetir, menonton Televisi, bekerja, dan yang lainnya juga menjadi aktivitas yang rentan dijadikan aktivitas sambilan saat makan.

Pilih alat makan yang membutuhkan fokus


Sebagai orang Indonesia, sebagian besar dari kita tidak terbiasa makan dengan menggunakan supit. Manfaatkan hal ini sebagai tips menurunkan berat badan secara alami. Bagaimana caranya? Mudah saja, ketika seseorang menggunakan supit, maka mereka akan jauh lebih fokus ketimbang makan menggunakan sendok. Mereka harus benar-benar mengawasi supit dan ukuran makanan mereka supaya tidak jatuh saat memakai supit tersebut, atau hal-hal lain yang tidak diinginkan. Pilih supit ketimbang garpu akan membantu Anda untuk lebih fokus pada makanan Anda. Pun demikian, masih banyak jalan lain yang bisa Anda tempuh untuk lebih fokus. Misalnya, pilihan menu makanan berkuah yang berwarna-warni atau yang lainnya.

Kunyah makanan Anda hingga halus

Cara dan tips menurunkan berat badan puluhan kilo selanjutnya adalah dengan mengonsumsi makanan Anda secara benar. Yang terbaik adalah dengan mengunyah makanan hingga halus. Jangan kunyah sebentar telan, kunyah sebentar telan. Jangan terburu-buru saat makan hingga membuat hal ini terjadi. Atau jika Anda memang terbiasa makan dengan cara itu, mulai dari sekarang, berlatihlah untuk makan dengan mengunyahnya dulu hingga halus. Jika perlu, Anda harus menghitung kunyahan Anda. Pelan-pelan, berlatihlah. Lakukan setiap kali Anda makan selama sekitar 40 hari. Ini dilakukan supaya Anda bisa terbiasa. Toh, dengan makan secara perlahan hingga halus, Anda memberikan kesempatan kepada tubuh Anda untuk makin menikmati hidangan yang tersaji untuk Anda.

Berhenti makan sebelum kenyang

Supaya makin oke lagi tips menurunkan berat badan cepat ini, ada baiknya Anda berhenti makan sebelum Anda kenyang. Memang porsi makanan sudah Anda tentukan. Namun, Anda juga perlu mengingat bahwa otak membutuhkan waktu yang cukup untuk memberi tahu Anda sudah kenyang. Oleh karena itu, untuk menghindari kekenyangan atau kelebihan porsi, berhentilah makan sebelum Anda kenyang. Ini sesuai dengan sunah Rasul dalam agama islam. Biasanya, Anda akan merasa kenyang setelah 10 bahkan 15 menit makan. Jadi, beri sedikit waktu untuk tubuh Anda merasakannya. Sementara itu, dalam jeda waktu itu, Anda jangan makan terus menerus. Jika kekenyangan, dampak buruknya bagi tubuh juga cukup banyak. Jadi, ini harus dihindari.

Tips menurunkan berat badan dan cara menguruskan badan berkenaan dengan cara makan yang terakhir memang terkesan sepele. Namun ini membutuhkan kesadaran kita semua supaya bisa lebih peduli kepada tubuh kita sendiri.

Salam diet sehat – www.dietsehatcantik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar