Cara Menurunkan Berat Badan Pasca Melahirkan yang Benar | Cara Diet Sehat

Cara Menurunkan Berat Badan Pasca Melahirkan yang Benar


Cara Menurunkan Berat Badan Pasca Melahirkan yang Benar – Tetap langsing usai melahirkan menjadi satu kebanggaan sendiri bagi kaum Hawa. Betapa tidak, biasanya kaum Hawa banyak yang mengeluhkan badannya yang bongsor dan tidak lagi ramping pasca melahirkan. Ini adalah hal yang sangat umum dan wajar terjadi. Namun demikian, yang namanya perempuan selalu ingin tampil sempurna. Ingin mengenakan pakaian yang ukurannya pas di badan dan tidak terlalu gendut. Ingin ukuran baju tetap dan tidak berubah menjadi besar adalah satu motivasi tersendiri bagi mereka. Tentu saja, ujung dari hal ini adalah tetap menarik bagi suami tercinta. Nah, kami akan memaparkan beberapa tips yang mungkin sekali bisa menjadi patokan Anda untuk sukses menurunkan berat badan usai melahirkan sebagaimana kami lansir dari webMD. Kami akan paparkan secara lengkap sehingga bisa Anda ikuti satu per satu. Silakan disimak ulasan kami berikut ini.

Yuk simak cara menurunkan berat badan pasca melahirkan yang benar berikut


Cara Menurunkan Berat Badan Pasca Melahirkan yang Benar

Jangan terlalu cepat memulai program diet

Yang perlu Anda catat pertama kali adalah bahwa Anda tidak boleh terburu-buru alias tergesa-gesa dalam memulai program diet penurunan berat badan setelah melahirkan. Sebaliknya, jangan terlalu nyaman dengan kondisi Anda yang sekarang sehingga tubuh bertambah gemuk dan penurunan berat badan menjadi lebih sulit dilakukan. Bagaimanapun, tubuh Anda membutuhkan recovery pasca melahirkan. Anda bisa memberikan waktu pada tubuh minimal 6 minggu lamanya untuk berhenti sejenak tanpa program diet sama sekali. Atau jika Anda menyusui bayi Anda, maka sangat disarankan untuk menunggu bayi Anda hingga berusia 2 bulan.

Pasalnya, program diet dan cara menurunkan berat badan pasca melahirkan ini bisa saja berpengaruh pada produksi ASI yang seharusnya Anda berikan kepada bayi Anda. Tidak hanya itu, terlalu cepat mengambil program diet juga akan berpengaruh secara signifikan kepada tubuh Anda. Kemungkinan bisa cepat lelah atau imbas lain yang cukup buruk. Maka dari itu, beri kesempatan kepada tubuh Anda untuk melakukan kerjanya sendiri dulu, memperbaiki diri sendiri dan pada saat yang tepat Anda bisa menurunkan berat badan secara alami dan efektif.

Realistis pada target penurunan berat badan

Hal kedua yang harus dicatat dalam cara menurunkan berat badan pasca melahirkan adalah bahwa Anda harus menentukan target yang jelas. Pertama-tama, tanamkan dalam diri Anda bahwa Anda tidak bisa mendapatkan berat badan seperti saat Anda belum melahirkan atau sebelum hamil. Perlu Anda ingat bahwa saat seorang perempuan hamil, ada banyak perubahan yang terjadi dalam diri perempuan tersebut. Mulai dari perubahan kulit di perut hingga perubahan ukuran lingkar perut. Nah, di sinilah mengapa Anda harus menentukan target yang realistis sehingga tidak terlalu membuat Anda merasa terganggu nanti. Jangan sampai, karena target yang terlalu tinggi Anda justru menjadi kecewa karena tidak bisa menggapainya.

Diet dan olahraga adalah yang terbaik

Catat! Tidak ada pil ajaib yang bisa membuat perut Anda kembali kecil seketika. Tidak ada trik sulap yang bisa membuat Anda langsing seketika setelah melahirkan. Untuk langsing, Anda perlu usaha dan cara menurunkan berat badan pasca melahirkan terbaiknya adalah dengan melakukan diet dan mengombinasikannya dengan olahraga. Meskipun hanya dengan olahraga jalan kaki cepat dengan anak Anda. Ini bisa menjadi satu cara yang efektif untuk menguruskan badan setelah melahirkan. Dengan kata lain, dengan bertindak lebih aktif usai melahirkan, ini bisa menjadi cara menurunkan berat badan pasca melahirkan yang baik.

Pelan-pelan saja

Lagu Kotak berjudul pelan-pelan saja tampaknya harus dicamkan sebagai cara menurunkan berat badan pasca melahirkan yang terbaik dan benar. Betapa tidak, seorang yang telah melahirkan memang membutuhkan cukup waktu untuk pemulihan. Jumlah kalori yang dibutuhkannya berbeda ketika hidup sendiri (tanpa bayi). Apalagi jika Anda menyusui sendiri bayi Anda. Untuk Anda ketahui;

1.Untuk wanita normal, angka minimal kalori yang dikonsumsi adalah sebanyak 1.200 kalori per hari
2.Sebagian besar perempuan membutuhkan 1500 – 2000 kalori per hari
3.Kebanyakan perempuan yang mengurus bayi minimal membutuhkan 1800 kalori per hari
4.Namun sebagian besar ibu menyusui butuh antara 2000 hingga 2700 kalori per hari

Anda perlu mengetahui kebutuhan kalori rata-rata di atas. Yang perlu menjadi catatan adalah bahwa Anda tidak disarankan untuk memaksakan diri dengan menjaga asupan kalori secara mendadak. Sebaiknya lakukan secara perlahan. Kurangi asupan kalori sebanyak 500 kalori sesuai dengan kondisi Anda saat ini. Namun ingat jangan sampai di bawah batas minimal. Dan lagi pula, untuk mengurangi kalori berlebih, Anda bisa melakukan olahraga alias menambahkan jadwal dan kegiatan Anda.

Makanlah yang rutin dan jangan lewatkan jam makan

Sudah banyak penelitian yang menunjukkan kalau sarapan menjadi satu kunci dari keberhasilan dari diet atau cara menurunkan berat badan pasca melahirkan. National Weight Control Registry misalnya, mencatatkan bahwa dengan makan pagi secara rutin sekitar 78% dari obyek yang ikut penelitian, mengalami penurunan rata-rata berat badan hingga 66 pound dan bertahan selama 5,5 tahun lamanya. Untuk itu, penting kiranya bagi Anda untuk makan dalam porsi kecil sebanyak 5 hingga 6 kali dalam satu hari. Dengan begini, Anda akan terhindar dari makan banyak di jam makan berikutnya dan tetap bisa mendapatkan energi dari makanan yang Anda konsumsi. Tidak hanya itu, dengan keberadaan anak, terkadang jadwal untuk makan harus dicuri-curi karena jadwal bayi dan orang dewasa kadang tidak sama dan tidak beraturan.

Pilih-pilih makanan dan minuman itu penting

Menjadi pemilih sebagai cara menurunkan berat badan pasca melahirkan amat sangat penting. Anda harus pandai dalam memilih makanan dan minuman yang Anda konsumsi. Konsumsi susu rendah lemak dan memilih makanan dengan bahan dasar gandum sudah terbukti bisa membantu menurunkan berat badan. Jadi, ini juga bisa membantu membuat program kelangsingan tubuh Anda mendapatkan hasil yang cepat. Tidak hanya makanan dan minuman tersebut, Anda juga disarankan untuk mengonsumsi makanan yang baik dan mengandung serat seperti buah dan sayuran.

Untuk buah, Anda bisa memilih beberapa jenis beri, apel, hingga jeruk. Sementara untuk sayuran, yang direkomendasikan adalah wortel, dan yang lainnya. Anda juga membutuhkan makanan yang bisa meningkatkan energi Anda sebagai cara menurunkan berat badan pasca melahirkan. Pasalnya, sekarang anak Anda tergantung pada apa yang Anda makan. Jadi, sebaiknya konsumsi makanan yang bisa memberikan energi baik seperti protein dan karbohidrat. Namun tetap jaga porsinya, khususnya untuk makanan yang berkarbohidrat. Atau Anda bisa memilih yang karbohidrat kompleks, jangan yang sederhana. Jangan lupa juga untuk memasukkan lemak sehat dalam menu harian Anda saat menjalani diet sehat setelah melahirkan ini. Pasalnya, lemak sangat Anda butuhkan.

Buatlah rencana menu makanan harian dalam program Anda

Membuat target saja tidak cukup. Anda harus membuat rencana yang jelas untuk mendukung atau menyokong target atau gol yang ingin Anda capai tersebut. Sebaiknya, buatlah jadwal makanan harian yang akan Anda konsumsi dalam satu hari secara lengkap dan rutin. Untuk Anda yang tidak menyusui, Anda bisa membuat rencana makanan dengan asupan kalori sekitar 1800 dalam satu  hari. Atau sesuaikan dengan kondisi Anda. Jika perlu Anda bisa datang ke ahli gizi.

Itulah beberapa cara menurunkan berat badan pasca melahirkan yang dapat kami sampaikan untuk Anda. Semoga cara diet sehat setelah melahirkan ini bermanfaat untuk ibu-ibu semua.

Salam Diet Sehat - www.dietsehatcantik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar