Tidur Jadi Cara Diet Alami dan Sehat | Cara Diet Sehat

Tidur Jadi Cara Diet Alami dan Sehat


Tidur Jadi Cara Diet Alami dan Sehat – Banyak orang yang mengabaikan masalah istirahat yang cukup. Padahal, kurang tidur bisa mengakibatkan munculnya mata panda atau lingkar di bawah mata. Di samping itu, dengan kurang istirahat, komposisi makanan yang Anda konsumsi bisa bertambah dan mengakibatkan kegemukan. Maka dari itu, penting kiranya untuk tidur cukup apalagi saat Anda sedang diet. Paparan pentingnya tidur dan istirahat untuk diet akan diulas dalam artikel ini.

Yuk simak pentingnya tidur jadi cara diet alami dan sehat

Tidur Jadi Cara Diet Alami dan Sehat

Naiknya hormon kortisol karena kurang tidur

Kurang tidur bisa menyebabkan kenaikan hormon kortisol. Kenaikan hormon ini akan membuat Anda membutuhkan banyak energi hingga akhirnya Anda makan lebih banyak. Cukup susah menurunkan berat badan dengan cara ini. Intinya adalah semakin banyak Anda membakar kalori, semakin banyak pula berat badan yang bisa diturunkan.

Kurang tidur berarti proses insulin dalam tubuh berkurang

Perlu Anda ketahui kalau kurang tidur bisa mengakibatkan produksi insulin turun hingga 30 %. Dan ketika pankreas tidak mendapatkan insulin yang cukup, lemak dalam tubuh akan mudah tertumpuk dan tidak mudah terbakar. Ketika ini terjadi, akan sangat mudah untuk menaikkan berat badan ketimbang menurunkannya. Kabar buruknya, dengan hal ini, lemak dalam tubuh juga bisa hadir di bagian-bagian tubuh yang tidak Anda inginkan.

Ghrelin dan leptin

Kurang tidur juga bisa menyebabkan tubuh memproduksi hormon ghrelin dan leptin. Hormon ini akan membuat Anda ingin makan dan makan lebih banyak saat kekurangan tidur. Ghrelin dan leptin merupakan dua hormon yang kerjanya secara bersamaan. Leptin bertugas mengirim sinyal ke otak kalau diri Anda lapar dan apa yang Anda dapatkan belum cukup. Sementara ghrelin adalah hormon yang bisa membuat Anda ingin makan.

Tidur yang cukup membuat metabolisme berjalan normal

Dengan tidur yang cukup, sistem metabolisme Anda akan berjalan dengan normal dan ini baik untuk diet sehat Anda lakukan. Cara diet alami dan sehat pun bisa ditunjang dengan kuantitas tidur yang pas dengan kualitas yang baik.

Tidur cukup bisa membuat Anda lebih rileks

Selanjutnya, istirahat atau tidur yang cukup bisa membuat tubuh lebih rileks dan pikiran Anda lebih tenang. Sebaliknya, tidur yang kurang bisa menyebabkan masalah kesehatan tubuh seperti misalnya pusing, kurang fokus, dan yang lainnya.

Pentingnya tidur

Tidur untuk menurunkan berat badan sangat penting. Bahkan pentingnya tidur ini disamakan dengan pentingnya makan makanan yang sehat dan olahraga. Jadi, akan sangat baik jika mulai sekarang Anda tidur dalam waktu yang cukup. Agar bisa membantu diet sehat dan cepat dengan hasil yang maksimal.

Demikian informasi tentang cara diet alami dan sehat yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam Diet Sehat – www.dietsehatcantik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar