Cara Tepat Mengolah Makanan untuk Diet Sehat | Cara Diet Sehat

Cara Tepat Mengolah Makanan untuk Diet Sehat


Cara Tepat Mengolah Makanan untuk Diet Sehat – Makanan untuk diet cepat dan sehat ada banyak macamnya, mulai dari buah-buahan, sayur-sayuran, hingga ikan dan bahkan daging putih. Namun, salah dalam pengolahan bisa membuat makanan untuk diet ini tidak layak lagi untuk dikonsumsi. Misalnya saja menggunakan minyak goreng yang sudah dipakai beberapa kali untuk menggoreng ikan, maka ikan yang tadinya menjadi menu aman untuk diet pun bisa jadi mengandung lemak dalam jumlah banyak. Maka dari itu, pemilihan menu saja tidak cukup. Anda harus mengetahui cara bijak mengolahnya agar bisa mendapatkan sajian yang lebih aman untuk dikonsumsi. Kami akan mengulas caranya dalam artikel ini. Simak.

Ini dia cara tepat mengolah makanan untuk diet sehat yang aman konsumsi

Cara Tepat Mengolah Makanan untuk Diet Sehat

Pemilihan minyak

Minyak yang baik untuk menggoreng adalah minyak kelapa atau minyak rendah kolesterol. Dan yang paling penting adalah, jangan lupa untuk menggunakan minyak dalam kadar seperlunya saja. Hindari pemakaian minyak goreng yang sudah pernah dipakai beberapa kali.

Waktu tepat dalam memasak

Usahakan untuk membuat sendiri makanan Anda ketika sedang menjalani diet sehat. Karena dengan begini Anda bisa menghitung asupan makanan dan merencanakan kalori dengan tepat. Di samping itu, hindari memasak yang terlalu lama atau terlalu matang, karena ini bisa membuat nilai gizi dari dalam makanan Anda berkurang. Brokoli hijau misalnya, lebih baik dikukus saja sebentar atau pakai air hangat. Jangan direbus dalam jangka waktu lama.

Lemak saat memasak

Mengolah makanan untuk diet sehat terkadang juga membutuhkan lemak. Namun perlu dicatat menu makanan yang lemaknya merupakan lemak sehat. Anda bisa menggunakan minyak zaitun, buah alpukat, atau bahan makanan dengan kandungan lemak sehat lainnya. Kemudian, Anda perlu mengatur porsi lemaknya supaya tidak berlebihan.

Kombinasi makanan

Perhatikan cara mengombinasikan makanan agar bisa mendapatkan gizi yang seimbang dan pas untuk diet sehat Anda. Untuk Anda yang sedang menjalani diet cepat dan alami, pilihan baiknya adalah mengombinasikan karbohidrat dengan sayuran atau protein dengan sayuran. Dua pilihan ini dinilai lebih baik ketimbang pilihan untuk mengombinasikan karbohidrat dengan karbohidrat, karbohidrat dengan protein, atau protein dengan protein. Misalnya, Anda mengombinasikan telur yang mengandung protein dengan sayuran di pagi hari.

Agar makanan memiliki rasa

Siapa bilang diet identik dengan rasa hambar. Anda tetap bisa memberi bumbu untuk masakan Anda asalkan porsi atau ukurannya tidak berlebihan. Oregano dan bawang putih menjadi bumbu yang bisa Anda pilih untuk bisa memberi rasa yang kuat di masakan Anda. Hindari dulu pemakaian MSG atau bumbu jadi. Lebih baik membuat bumbunya secara alami sendiri karena lebih sehat. Anda bisa menambahkan gula, garam (sedikit saja), hingga merica.

Secara umum, makanan untuk diet sehat bisa diolah dengan cara dikukus, direbus, dan dipanggang. Menggoreng menjadi salah satu cara yang tidak dianjurkan. 

Salam Diet Sehat dan Cepat - www.dietsehatcantik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar