13 Cara Mengolah Ayam untuk Diet Menurunkan Berat Badan | Cara Diet Sehat

13 Cara Mengolah Ayam untuk Diet Menurunkan Berat Badan


Memasak sendiri olahan ayam untuk diet yang akan kita konsumsi itu lebih menyenangkan ketimbang beli, lho?

Kenapa?

Hal positif yang bisa Anda dapatkan dari mengolah ayam untuk menurunkan berat badan adalah;

  • Anda bisa berkreasi dengan berbagai resep yang menggoda selera
  • Ayam yang Anda olah akan terasa lebih lezat
  • Anda bisa mengontrol jumlah kalori yang masuk ke tubuh dengan lebih mudah

Poin ketiga mengacu pada pengolahan ayam secara sehat dan sesuai dengan diet untuk menguruskan badan. Apakah Anda sudah tahu triknya?

Jika belum, ini saya rangkum beberapa cara mudah untuk mengolah ayam yang baik untuk diet.

Olahan ayam untuk diet: bernutrisi dan aman

Cara Mengolah Ayam untuk Diet Menurunkan Berat Badan

Berprotein

Protein adalah salah satu kandungan nutrisi dari ayam yang baik untuk tubuh dan program diet. Protein memiliki beberapa manfaat pokok untuk menunjang keberhasilan diet, di antaranya;

  • Protein itu mengenyangkan
  • Perut jadi tidak mudah lapar
  • Tubuh lebih berenergi, dll.

Pembahasan detail tentang protein ini ada dalam artikel sebelumnya mengenai penyebab umum kegagalan diet. Yang mana secara ringkas dijelaskan bahwa kurangnya protein berpotensi besar dapat memicu gagalnya diet.

Untuk itu, selama Anda menjalankan program diet menguruskan badan, memasukkan makanan berprotein seperti telur dan ayam sangat disarankan.

Jaga kebersihan ayam

Berbeda dengan saat membeli olahan ayam, dengan memasak Anda bisa turun tangan untuk membersihkan ayam. Sudah jelas Anda bisa lebih tahu secara detail bersih tidaknya ayam yang hendak dimasak.

Pastikan Anda mencuci ayam hingga bersih. Selain itu, Anda juga perlu memastikan;

  • Bulu ayam sudah benar-benar bersih
  • Sudah tidak ada lagi darah

Bagian daging yang bagus dan segar pun bisa Anda pilih dan diolah sesuai selera Anda.

Pilih bagian dada

Tidak semua bagian dari ayam memiliki dampak positif terhadap diet. Ada beberapa bagian yang harus dihindari, salah satunya kulit. Sebab kulit memiliki kadar lemak yang sangat tinggi.

Sebaliknya, bagian ayam yang sangat disarankan adalah dada. Bagian dada ayam ini memiliki kandungan lemak paling sedikit, rasanya enak, dan banyak dagingnya. So, yummy!

Untuk itu, saat memasak dada ayam, disarankan untuk mengulitinya terlebih dahulu.

Artikel terkait: Mengapa Junk food tidak baik untuk diet?

Cara menguliti ayam

Apakah Anda terbiasa menguliti hewan seperti ayam, kalkun, atau jenis unggas lain? Jika tidak, Tos! Saya juga tidak terbiasa.

Bahkan kalau sudah urusan potong memotong ayam, saya minta tolong langsung ke penjualnya. Saya cukup bilang bagian ini tolong dipotong jadi 4 ya? Bagian ini tolong dibuang ya? Begitu seterusnya.

Jika penjual ayam di daerah Anda sama baiknya dengan di daerah saya, coba saja minta tolong pada mereka. Namun jika tidak, kenapa tidak coba menguliti ayam sendiri? Anda bisa mencoba trik berikut untuk menguliti ayam.

But, at First, pastikan pisau Anda sudah diasah dan tajam ya? Jadi makin mudah eksekusi pengambilan kulit ayamnya. Memakai pisau yang kecil biasanya lebih mudah, tapi besar pun tidak masalah. Asal tajam dan Anda nyaman menggunakannya.

  • Pertama-tama, mulailah mengiris kulit dari bagian leher. Memanjang ke arah dada (kanan dan kiri).
  • Kedua, potong sayap kanan dan kirinya dulu.
  • Ketiga, lanjutkan mengiris bagian kulitnya ke bagian dada. Hati-hati.
  • Keempat, lanjutkan terus ke bagian bawah. Jika sudah sampai paha, potong bagian paha kanan dan kirinya.
  • Kelima, saat tangan kanan mengiris kulit, tangan kiri harus menarik keluar kulit tersebut sehingga area yang terbuka lebih lebar.
  • Keenam, jika sudah terbuka sedikit demi sedikit dengan area yang lebih lebar. Anda bisa menggunakan tangan untuk melepas kulit ayam secara keseluruhan. Bantuan pisau masih dibutuhkan jika sewaktu-waktu ada bagian yang sulit terlepas.

Merebus dada ayam

Teknik pengolahan ayam yang dinilai paling aman adalah merebus. Kenapa?

Inti dari mengolah ayam untuk diet sehat adalah membuang lemaknya. Atau meminimalkan lemak yang terkandung di dalam ayam tersebut. Dengan merebus, Anda bisa membuat lemak yang terkandung dalam ayam larut dalam air rebusan.

Mengukus dada ayam

Selain merebus, mengukus juga menjadi salah satu cara mengolah ayam untuk diet yang bisa Anda coba. Anda bisa menambahkan beberapa bumbu dan sayuran agar olahan ayam Anda terasa lebih lezat dan penuh cita rasa.

Memanggang

Jika Anda bosan dengan ayam yang direbus dan dikukus, Anda bisa mencoba memanggang ayam tersebut. Sebelum dipanggang, Anda bisa mengoleskan minyak zaitun ke seluruh bagian ayam terlebih dulu. Selain itu, tambahkan juga bumbu-bumbu pilihan untuk menambah rasa nikmat.

Membakar ayam

Last but not least, Anda juga bisa membakar ayam yang sudah dikuliti. Selain menyiapkan bumbu-bumbu, Anda juga harus memastikan seberapa besar ketebalan ayam sebelum membakarnya. Iris dengan ketebalan yang pas agar kematangan ayam sempurna.

Harus benar-benar matang

Pastikan bahwa ayam yang Anda masak benar-benar matang. Sebab mengonsumsi daging ayam yang kurang matang tidak baik buat kesehatan. Berikut adalah beberapa gejala yang mungkin akan Anda alami jika makan ayam mentah;

  • Mual
  • Muntah
  • Diare

Hal ini karena ayam mengandung sejumlah mikroorganisme yang jika tidak dimasak dengan benar bisa membahayakan tubuh.

Mikroorganisme yang dimaksud adalah Salmonella, Escherichia coli, Enterococcus, Listeria monocytogenes, Campylobacter jejuni, dan Staphylococcus aureus.

Menakar jumlah ayam yang disajikan

Anda sudah melewati cara mengolah ayam untuk diet dengan baik. Saatnya Anda mengontrol jumlah ayam yang Anda konsumsi agar sesuai dengan kebutuhan kalori harian Anda. Berikut beberapa informasi mengenai jumlah kalori dari ayam yang Anda masak.

  • Sebanyak 3 ons ayam panggang tanpa kulit mengandung 130 kalori plus 4 gram lemak.
  • Per 1 cangkir takaran saji ayam rebusan mengandung 43 kalori.

Sajikan bersama sayuran dan buah

Buah dan sayur tidak hanya akan mempercantik tampilan meja makan Anda tetapi juga melengkapi kebutuhan nutrisi.

Ayam tidak memiliki kandungan serat dan karbohidrat. Jadi, untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tersebut Anda membutuhkan buah dan sayur. Anda bisa memasak ayam dengan wortel, kentang, buncis, dll (bisa dibuat sop atau dikreasikan sesuai selera Anda).

Buah seperti apel, melon, atau buah lainnya juga bisa dihadirkan sebagai pencuci mulut.

Artikel terkait: Langkah Sederhana Alami Turunkan Berat Badan

Makanan pengganti

Untuk mendapatkan asupan protein saat sedang diet, Anda juga bisa mengonsumsi makanan lain seperti ikan salmon, tuna, dan yang lainnya. Makanan tersebut bisa menjadi pilihan lauk jika ada satu waktu Anda bosan dengan ayam.

Pengolahan ikan juga lebih mudah karena kulitnya aman untuk dikonsumsi. Soal teknik mengolahnya, Anda bisa merebus, mengukus, memanggang, atau membakar, sama dengan saat mengolah ayam.

Ayam goreng untuk diet

Bagaimana jika sewaktu-waktu ingin makan ayam goreng? Bolehkah makan ayam goreng saat sedang diet?

Jika ingin sesekali tidak masalah, silakan goreng ayam yang sudah direbus. Cukup digoreng sebentar karena ayamnya sudah matang. Namun tetap ingat, kalorinya lebih besar dan ada tambahan lemak di dalamnya. Jadi, make it count!

Now, selamat mencoba membuat olahan ayam untuk diet di rumah ya? Semoga cara mengolah ayam secara sehat di atas bisa diaplikasikan dengan baik.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar