Mengatur Pola Makan Diet Saat Berpuasa | Cara Diet Sehat

Mengatur Pola Makan Diet Saat Berpuasa


Tips menjaga pola makan diet saat berpuasa Ramadhan itu penting, mengingat di bulan ini kemungkinan untuk turun berat badan jauh lebih besar dibanding hari-hari biasa. Target yang di bulan biasa seolah tidak bisa dicapai, dengan berpuasa selama sebulan penuh rasa-rasanya target untuk turun berat badan itu dapat diperoleh dengan mudah. Asalkan, pola makan kita selama berpuasa juga dijaga.

Bagaimana cara mengatur pola makan diet saat berpuasa Ramadhan 1436H?

Mengatur Pola Makan Diet Saat Berpuasa

Esensi puasa

Sebelum menjalankan diet saat puasa, seharusnya kita tahu dulu, bahwa masih ada kemungkinan (meskipun itu kecil) bagi kita untuk mengalami kenaikan berat badan saat puasa. Biasanya ini terjadi manakala kita tidak mengetahui esensi dari berpuasa sesungguhnya. Ya, esensi dari puasa adalah bagaimana kita mengontrol diri, mengontrol dari hawa nafsu, makan, minum, dan yang lainnya. Kita harus bisa mengontrol diri kita untuk menjaga kesehatan, mengatur pola makan sehat, melakukan segala sesuatu sesuai ritme yang benar.

Puasa juga mengajarkan bagaimana cara kita berdisiplin dengan diri kita sendiri. Dengan mengetahui esensi puasa, kita akan jauh lebih mudah mendalami bagaimana cara menurunkan berat badan hingga 15 kg di bulan Ramadhan.

Diet yang seimbang

Ketika kita sudah tahu esensi puasa adalah mengontrol diri, maka akan jauh lebih mudah bagi kita untuk menahan apa yang kita inginkan dan memberikan untuk tubuh kita apa yang dibutuhkannya. Yang dibutuhkan oleh tubuh ketika sedang diet saat berpuasa adalah diet yang seimbang, artinya Anda harus memilih makanan dengan gizi yang seimbang seperti protein, karbohidrat kompleks, serat, lemak sehat, dan yang lainnya. Anda bisa memilih beberapa makanan seperti kentang, roti gandum, produk susu rendah lemak, sayuran, serta buah-buahan. Termasuk di dalamnya juga ikan, daging, dan yang lainnya.

Makanan yang harus dihindari

Selain menjalankan diet yang seimbang, seharusnya kita tahu bagaimana memilih makanan dengan cermat. Dalam hal ini, agar puasa tidak malah menambah berat badan, ada makanan yang harus dihindari, di antaranya adalah;

•makanan yang digoreng
•makanan berminyak
•makanan dengan kandungan lemak tak sehat
•makanan yang terlalu asin atau kadar garamnya tinggi
•makanan yang mengandung gula tinggi

Pengolahan makanan

Berbicara tentang pola makan diet saat berpuasa Ramadhan, maka tidak bisa dipisahkan dari cara mengolah makanan yang benar. Di sini, pengolahan yang disarankan adalah mengukus dan merebus. Mengingat selama bulan puasa, kita disarankan untuk sebisa mungkin menghindari makanan yang berminyak, makanan yang digoreng, hingga makanan yang berlemak tak sehat sebagaimana dijelaskan di atas.

Baca Juga: Olahraga Diet Selama Bulan Puasa Ramadhan 2015

Cara makan

Pada saat berbuka, kita cenderung ingin makan banyak dalam waktu yang cepat. Terkadang ini membuat kita makan dengan kunyahan yang kurang sempurna. Untuk itu, sebaiknya hindari hal-hal seperti ini, makanlah secukupnya dengan terlebih dulu minum cairan saat waktu berbuka datang, dilanjutkan dengan kurma. Setelah maghrib, baru makan berat dan sempurnakan kunyahannya hingga halus.

Semoga tips sehat diet menurunkan berat badan selama berpuasa ini bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar