Ini Nih 9 Menu Pilihan Diet Pengganti Nasi


Ini Nih 9 Menu Pilihan Diet Pengganti Nasi – Sudah sejak zaman dahulu nasi dikenal sebagai salah satu makanan pokok orang Indonesia. Bahkan, ada anggapan di masyarakat kalau belum makan nasi, maka diibaratkan belum makan. Makan bakso atau pun roti sekalipun. Sayangnya, tidak banyak yang menyadari kalau nasi memiliki indeks glikemik yang tinggi. Di mana berarti nasi lebih cepat diserap menjadi gula darah dalam tubuh manusia. Normalnya, indeks glikemik ini berada di bawah angka 70 (jika sudah di angka kurang dari atau sama dengan 55, maka indeks glikemik ini dikategorikan rendah). Namun, nasi putih memiliki indeks glikemik sekitar 88 hingga 89. Tentu saja, ini tidak baik bagi tubuh, sebab bisa meningkatkan risiko obesitas hingga diabetes jika diteruskan. Tidak heran jika para penderita diabetes disarankan untuk mengurangi bahkan menghindari nasi putih sebagai hidangan utama.

Oleh karena itu, nasi pun tidak begitu disarankan bagi seseorang yang sedang menjalani diet sehat menurunkan berat badan. Cara diet sehat tanpa nasi bahkan dilakukan oleh beberapa artis di Indonesia. Dan hal tersebut terbukti berhasil dilakukan hingga langsing sehat pun bukan hanya sekedar mimpi. Pertanyaannya, jika tidak makan nasi, lantas makan apa supaya tetap kenyang namun sehat? Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah menu makanan diet sehat pengganti nasi di bawah ini.

Yuk Hidup Sehat dengan Menu Makanan Diet Pengganti Nasi Berikut

9 Menu Pilihan Diet Pengganti Nasi

Singkong

Menu makanan diet pertama yang bisa menjadi pengganti nasi adalah singkong. Sudah bukan rahasia jika singkong juga menjadi salah satu makanan pokok orang Indonesia selain nasi. Pada zaman dulu, makanan yang berasal dari singkong menjadi idaman. Sebut saja, tiwul, sredek, gethuk, dan yang lainnya. Sayangnya, kini singkong kurang populer di Indonesia. Hanya beberapa daerah saja yang melestarikan singkong, itu pun kebanyakan di daerah pedesaan. Di sana masih ada emplok (gemblong telo atau masih banyak penamaan lainnya). Di mana hidangan ini dijual di pasar sebagai makanan diet pengganti nasi yang cukup populer saat mereka hendak berangkat ke ladang atau lahan pertanian lainnya.

Baiknya, menu makanan ini bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat sebab kandungan seratnya yang cukup tinggi. Karbohidrat kompleks yang terkandung di dalam singkong dikombinasikan dengan indeks glikemik yang cukup rendah, yakni kurang dari 55 saja.

Talas

GI atau Indeks Glikemik dari talas hanya sekitar 54 saja. Kadar ini cukup rendah dan sangat baik buat Anda yang sedang melakukan diet sehat cara menurunkan berat badan secara alami. Selain itu, talas juga memiliki kandungan nutrisi yang seimbang dan lengkap, sehingga sangat disarankan untuk dikonsumsi. Namun yang perlu diingat, sebagai menu makanan diet pengganti nasi, talas juga seharusnya diolah dengan sangat baik dan tepat. Jangan diolah menjadi keripik atau makanan cepat saji, namun pilih talas untuk dikukus atau direbus sebagai sayuran.

Perlu Anda ketahui, kalau kandungan karbohidrat dalam talas cukup banyak, hampir 80%. Sementara itu, kandungan lainnya adalah protein dan serat yang jumlahnya sekitar 5,3 gram. Talas juga memiliki manfaat kesehatan seperti menurunkan dan mencegah risiko terkena penyakit jantung hingga hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Jagung

Selain padi, jagung menjadi hasil tani yang cukup populer di Indonesia. Jagung menjadi makanan pokok yang juga dijadikan sebagai menu diet pengganti nasi. Jagung bisa diolah dengan berbagai cara, direbus, dikukus, hingga dimasak sebagai nasi jagung. Jagung bisa diolah menjadi masakan manis maupun asin, semuanya tetap lezat dan nikmat. Selezat kandungannya yang cukup banyak dan sangat baik untuk kesehatan, yakni antioksidan, serat, vitamin B, mineral, dan fruktosa. Indeks glikemik jagung juga terbilang sedang, di angka antara 55 dan 60.

Baca Juga: Cara Menurunkan Berat Badan 10 Kg 2 Bulan

Kentang

Makanan satu ini sudah populer di Indonesia dari dulu hingga sekarang. Banyak sekali inovasi baru yang ditunjukkan dalam cara memasak kentang sebagai makanan diet pengganti nasi. Menu makanan sehat untuk menguruskan badan ini memang bisa mengenyangkan, bahkan ada yang dilumatkan untuk dibuat menyerupai nasi dan dikonsumsi dengan makanan sehat lainnya. Perlu Anda tahu kalau kentang memiliki indeks glikemik yang cukup tinggi namun lebih baik dari pada nasi karena kandungan nutrisi dari kentang lebih lengkap dan seimbang. Kandungan-kandungan tersebut antara lain, vitamin C, serat, kalori (rendah), dan yang lainnya.

Gembili

Mungkin makanan sehat untuk menurunkan berat badan satu ini sudah cukup dilupakan oleh masyarakat. Ya, gembili merupakan satu rimpang yang bisa mengenyangkan perut dan kini keberadaannya makin langka. Mengolah gembili membutuhkan ketrampilan, jika salah dalam mengolah bisa-bisa gatal. Maka dari itu, ketika membersihkan haruslah sampai bersih. Yang unik dari gembili adalah kandungan inulinnya yang bisa membantu untuk meningkatkan kinerja usus sehingga bisa membuang sisa makanan dengan lebih mudah. Kandungan dalam gembili juga bisa membantu meningkatkan daya serap tubuh atas kalsium serta memproduksi vitamin B. Nutrisi lain yang ada dalam gembili yakni lemak, protein, kalori, vitamin B, fosfor, kalsium, karbohidrat, zat besi, dan vitamin C.

Sukun

Menu diet pengganti nasi selanjutnya adalah sukun. Kita sudah sering menjumpai menu makanan satu ini sebagai camilan, yakni keripik sukun. Rasanya manis sehingga banyak orang yang menyukainya. Namun, pengolahan sukun untuk diet sehat menurunkan berat badan seharusnya dikukus ataupun direbus. Sehingga nutrisinya tetap terjaga dan aman untuk dikonsumsi. Sukun memiliki kandungan flavonoid, di mana kandungan ini sangat baik untuk kesehatan ginjal dan jantung. Kadar GI dalam sukun pun rendah meskipun rasanya manis, sehingga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Ganyong

Pernahkah Anda mendengar makanan satu ini? Atau paling tidak, masih ingatkah Anda? Ganyong menjadi satu rimpang yang tampaknya kini semakin sulit ditemukan. Padahal rasa dari ganyong ini sangat khas, kalau dalam bahasa Jawa kita biasa menyebutnya nyanten. Masyarakat dulu biasanya mengukus ganyong dan dijadikan makanan pengganti nasi. Kalsium dan fosfor dari dalam ganyong ini bisa membantu mengatasi masalah gizi buruk yang terjadi pada balita. Sementara itu, kandungan nutrisi lain yang amat sangat bermanfaat dari ganyong adalah vitamin C, protein, lemak, air, karbohidrat, kalori, fosfor, zat besi, dan kalsium. Masalah penyakit yang bisa diatasi dengan ganyong adalah demam. Selain itu, dia juga bisa memiliki fungsi sebagai penenang, peluruh kencing, hingga untuk menurunkan tekana darah. Dan tentu saja ganyong bisa menjadi menu makanan diet pengganti nasi yang sangat oke buat Anda.

Baca Juga: Menu Diet Tradisional Usia Remaja Secara Sehat Alami

Ubi jalar

9 Menu Pilihan Diet Pengganti Nasi
Banyak sekali jenis ubi jalar yang ada di Indonesia, mulai dari ubi putih, kuning, hingga ungu. Rasa makanan diet pengganti nasi satu ini juga sangat lezat, sehingga tidak akan membuat kita bosan ketika mengonsumsinya. Di Amerika, ubi jalar yang dikenal dengan nama sweet potato dinobatkan sebagai sayuran yang memiliki nutrisi lengkap. Beberapa di antara kandungan yang baik dari ubi jalar yakni fosfor, kalsium, betakaroten, vitamin A, vitamin C, vitamin B1, zat besi, protein, lemak, air, karbohidrat, dan yang lainnya. Indeks Glikemik ubi jalar juga hanya 54 sehingga sangat lamban dalam diserap sebagai gula darah. Terlebih, makanan diet pengganti nasi ini memiliki fungsi untuk mencegah konstipasi. Dengan demikian, makanan ini amat cocok untuk menurunkan berat badan dengan sehat dan alami.

Pasta

Menu Makanan diet pengganti nasi selanjutnya adalah pasta. Menu makanan diet ini memang belum familiar di Indonesia. Hanya beberapa orang saja yang sudah terbiasa mengonsumsi menu makanan ini. Soal kandungan makanan, pasta sangat baik karena hanya memiliki indeks glikemik sebesar 4,1 saja. Lebih dari itu, pasta juga mengandung banyak nutrisi seperti asam folat hingga lemak yang jumlahnya sangat rendah.

Ternyata, banyak pilihan menu makanan sehat diet pengganti nasi, bukan? Anda tinggal memilih mana yang ada dan mudah di dapatkan di daerah Anda. Kemudian, Anda bisa memulai diet sehat tanpa nasi dan menjalankan program menurunkan berat badan super cepat dengan mudah.

Salam – www.dietsehatcantik.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar