4 Hormon yang Bisa Menggagalkan Diet Sehat | Cara Diet Sehat

4 Hormon yang Bisa Menggagalkan Diet Sehat


4 Hormon yang Bisa Menggagalkan Diet Sehat – Tidak hanya dipengaruhi oleh makanan sehat yang dikonsumsi dan olahraga yang dilakukan seseorang, hasil diet ternyata juga sangat dipengaruhi oleh kurang tidaknya hormon, naik turunnya serta keseimbangan dari hormon. Salah satu hormon yang paling sering disebut bisa menggagalkan diet sehat adalah hormon kortisol yang memang sangat bisa memicu seseorang untuk makan lebih banyak. Selain kortisol, masih ada hormon lainnya yang berperan baik positif maupun negatif pada diet sehat yang sedang dijalani seseorang.

Beberapa hormon yang bisa menggagalkan diet sehat yang dijalankan

Hormon yang Bisa Menggagalkan Diet Sehat

Hormon kortisol – buat diet terasa stagnan

Jengkel rasanya jika kita sudah melakukan berbagai tips diet sehat namun yang dihasilkan hanya angka itu-itu saja. Seolah jarum timbangan enggan sekali bergerak ke kiri dan stabil di angka puluhan dan cenderung besar. Hal ini banyak sekali dialami oleh orang-orang yang cenderung memiliki tubuh gemuk, di mana meski sudah menjaga pola makan sehat serta melakukan usaha, menurunkan berat badan 5 kilogram pun rasanya sangat sulit bahkan mustahil. Hal ini dipengaruhi oleh salah satu hormon dalam tubuh yang kita kenal dengan nama kortisol. Berat badan yang cenderung sudah diturunkan dan terkesan stabil alias stagnan di angka-angka itu saja disinyalir akibat hormon ini yang telah berhenti mengirimkan pesan kepada sel lemak. Hingga akhirnya tubuh pun membakar lemak lebih sedikit. Bagaimana solusi untuk masalah ini? Sayuran menjadi bagian tak terpisahkan untuk memerangi hal ini. Pasalnya, sayuran bisa membantu organ dalam liver dalam memperoleh mikronutrien glutathione. Di mana tugasnya adalah memecah estrogen serta menjaga supaya kortisol tetap menunaikan tugasnya yang benar.

Hormon leptin – bikin suka ngemil

Ngemil terkadang tidak hanya dipengaruhi oleh rasa perut yang lapar saja, melainkan juga karena satu hormon yang bisa menggagalkan diet sehat, yakni leptin. Hormon ini menunjukkan tingkat kepuasan seseorang atas makanan. Dan jika kadarnya tinggi maka seseorang bisa fokus pada pekerjaan dan lupa pada ngemil atau makanan yang bisa membuatnya puas. Sebaliknya, jika kadarnya rendah, maka biasanya Anda kekurangan fokus pada pekerjaan dan bisa membayangkan makanan-makanan apa yang akan membuat Anda kenyang, enak dimakan, dan yang lainnya. Untuk meningkatkan kadar hormon ini Anda bisa melakukan olahraga selama setengah jam dalam satu hari dan dilakukan setiap hari. Selain olahraga, konsumsi makanan yang mengandung antioksidan, vitamin, serta kadar serat tinggi juga amat disarankan.

Hormon gerlin – hormon lapar

Hormon gerlin kadang disebut juga sebagai hormon lapar. Hormon yang satu ini diproduksi di lambung dan menjadi salah satu hormon yang bisa menggagalkan diet sehat. Hormon ini diproduksi ketika perut seseorang sedang kosong atau saat seseorang menjalani diet. Di mana hormon ini bertugas mengirim sinyal lapar ke orak kemudian membuat nafsu makan meningkat. Untuk menekan hormon ini, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks serta makanan yang mengandung protein namun tanpa lemak. Sebaliknya, jika Anda merasa lapar dan hormon ini melanda, hindari donat, es krim, keripik, atau camilan tak sehat lainnya.

Hormon serotonin -  membuat rasa lapar

Menurunkannya hormon serotonin serta kadar gula darah bisa membuat seseorang merasa lapar, perut keroncongan, dan yang lainnya. Anjloknya hormon yang bisa menggagalkan diet sehat ini terkadang juga dipicu oleh sarapan yang tidak sehat. Di saat seperti ini, biasanya kita tidak akan memilih makanan yang tepat untuk dimakan. Asal bisa kenyang, tidak masalah. Justru ini merupakan tindakan yang tidak baik buat kesehatan dan diet Anda. Agar tetap stabil moodnya dan aman dari hasil diet yang stagnan, lebih baik pilih makanan yang mengandung karbohidrat kompleks atau karbohidrat yang kadar seratnya juga tinggi. Kemudian, kombinasikan makanan ini dengan makanan yang mengandung lemak sehat. Kombinasi makanan yang sehat ini bisa membantu meningkatkan kadar gula darah dan juga bisa meningkatkan hormon serotonin. Selanjutnya, mood pun bisa jauh lebih stabil. Karena pada dasarnya, hormon serotonin merupakan hormon yang berperan dalam membuat perasaan menjadi lebih tenang.

Dengan informasi tentang hormon yang bisa menggagalkan diet sehat di atas, Anda bisa bertindak dengan bijak sesuai dengan saran dan tips diet yang dianjurkan.

Salam – www.dietsehatcantik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar