5 Cara Menguruskan Badan di Bulan Puasa


Cara menguruskan badan di bulan puasa memang identik dilakukan saat bulan Ramadhan. Akan tetapi, aturan menurunkan berat badan dengan berpuasa juga bisa dilakukan saat menjalani puasa senin kamis, puasa daud, dan puasa sunah lainnya. Kali ini, kami akan berbagi tips mudah untuk menurunkan berat badan saat berpuasa seperti dilansir dari alarabiya. Simak.

Ini dia 5 cara menguruskan badan di bulan puasa yang bisa Anda lakukan

5 Cara Menguruskan Badan di Bulan Puasa

Minum air putih (hidrasi tubuh)

Puasa tidak bisa Anda jadikan alasan untuk tidak minum dengan jumlah yang cukup. Meskipun sedang puasa, Anda tetap harus mengonsumsi air putih dalam jumlah yang seharusnya, yakni minimal 8 gelas per hari. Mudahnya, Anda bisa mengonsumsi air putih sebanyak 2 gelas saat berbuka puasa, 2 gelas saat sahur, dan 4 gelas air putih di antara 2 waktu tersebut. Akan lebih baik jika Anda mengonsumsi air putih tidak lebih dari 1 gelas dalam 1 jam. Penghitungan ini di luar minuman manis seperti es, teh, kopi, atau minuman lainnya yang biasanya ada di menu buka puasa.

Buka puasa yang sehat

Selanjutnya, saat Anda menurunkan berat badan di bulan puasa Ramadhan atau yang lain, silakan mengonsumsi menu buka puasa yang sehat. Anda bisa memilih kurma sebagai pembatal puasa Anda hari ini. Cukup satu kurma saja cukup karena kurma mengandung gula yang cukup tinggi. Lanjutkan dengan mengonsumsi sup sayur dan hindari sup yang mengandung krim. Lanjutkan buka puasa dengan salah sayur dengan minyak zaitun yang sehat di atasnya.


Setelah berbuka puasa, beristirahatlah tetapi bukan tidur. Anda bisa bercakap-cakap dengan saudara, berdoa, berjalan kaki selama 5 menit, dan Anda bisa makan hidangan utama dengan makanan yang mengandung karbohidrat dan protein. Hindari porsi besar.

Jangan lewatkan sahur

Cara menguruskan badan di bulan puasa selanjutnya adalah dengan menjalani rutinitas sahur. Sahur itu harus dilakukan agar Anda tidak lemas di siang hari. Pemilihan makanan yang pas untuk sahur ini adalah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, roti gandum, makanan yang mengandung protein, atau telur. Sebaliknya, hindari makanan berlemak (digoreng) dan makanan asin. Dua makanan ini mudah sekali membuat Anda haus di siang hari.

Tetap aktif

Cara keempat yang bisa diterapkan adalah dengan tetap aktif tidak banyak alasan untuk melakukan kegiatan. Namun demikian, tetap Anda harus menjaga tubuh dari paparan sinar matahari langsung. Anda bisa mencoba melakukan olahraga setelah berbuka puasa selama 30 menit. Olahraga yang bisa dilakukan adalah squat, sit up, dan yang lainnya.

Hindari makanan manis atau gula buatan

Salah satu hambatan penurunan berat badan saat berpuasa adalah menu makanan manis yang biasanya dihadirkan di atas meja makan saat berbuka puasa. Sebisa mungkin, hindari makanan ini agar diet sehat Anda bisa menghasilkan sesuatu yang lebih optimal.

Demikian informasi tentang cara menguruskan badan di bulan puasa yang bisa Anda terapkan dengan mudah. Semoga bermanfaat.

Salam Diet Sehat – www.dietsehatcantik.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar