Daftar Menu Makanan Sahur yang Mengandung Karbohidrat Kompleks | Cara Diet Sehat

Daftar Menu Makanan Sahur yang Mengandung Karbohidrat Kompleks


Salah satu makanan yang harus ada di menu makanan sahur adalah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks dapat Anda dapatkan dari oatmeal, biji gandum, dan lain sebagainya. Untuk memperjelas gambaran Anda tentang karbohidrat kompleks, kami akan sajikan ulasan singkat tentang list karbohidrat kompleks untuk menu sahur Anda di bulan Ramadhan 1435 H tahun ini. Yuk simak.

Inilah daftar menu makanan sahur yang mengandung karbohidrat kompleks

Menu Makanan Sahur yang Mengandung Karbohidrat Kompleks

Tentang Karbohidrat Kompleks dan Sederhana

Perlu Anda ketahui bahwa karbohidrat dibagi menjadi 2 bagian besar. Adalah karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks. Karbohidrat sederhana bisa Anda dapatkan dari tepung, roti olahan, pasta, dan makanan manis. Makanan-makanan ini memang mengenyangkan karena mengandung kalori. Namun kandungan nutrisi di dalam makanan tersebut tidak lebih baik dari pada karbohidrat kompleks. Sumber karbohidrat kompleks sendiri adalah sayuran bertepung, roti gandum, kacang-kacangan, dan lain-lain. Makanan ini selain mengandung kalori juga mengandung serat dan vitamin-vitamin lain yang dibutuhkan oleh tubuh Anda.

Di manakah Anda dapat menemukan karbohidrat kompleks?

Secara khusus Anda dapat menemukan karbohidrat kompleks pada biji-bijian. Adalah oatmeal, beras merah, dan quinoa, 3 di antara biji-bijian yang mengandung karbohidrat kompleks dan dapat dikonsumsi sehari-hari sebagai menu makanan sahur yang sehat dan sesuai. Sementara untuk gandum, Anda dapat memperolehnya dari roti gandum dan pasta. Selain makanan tersebut, Anda bisa memilih kentang, kacang polong, dan sayuran bertepung lainnya untuk menu sahur Anda yang mengandung karbohidrat kompleks.

Memilih makanan yang mengandung karbohidrat kompleks

Saat Anda membeli sebuah makanan kemasan, perlu kiranya Anda melihat label yang ada dalam kemasan guna melihat kandungan karbohidrat kompleks dalam makanan tersebut. Sebagai bantuan, Anda bisa melihat kandungan serat (pilih yang tinggi serat). Makanan yang mengandung 2,5 hingga 4,8 gram serat per porsi sudah dimasukkan dalam kategori yang baik. Sedangkan makanan dikatakan tinggi serat jika mengandung setidaknya 5 gram serat dalam satu porsi.

Lebih selektif lagi

Meskipun dalam sebuah kemasan makanan tertulis bahwa dia terbuat dari bahan biji-bijian, Anda tetap harus mengetahui apakah hal tersebut benar adanya. Galilah informasi sedalam-dalamnya tentang produk tersebut untuk kesehatan Anda. Sebagai informasi untuk Anda, biji-bijian yang mungkin bisa masuk dalam sebuah produk kemasan adalah gandum, gandum gulung, oatmeal, quinoa, beras merah, dan yang lainnya. Semua makanan yang disebutkan merupakan makanan yang tinggi serat dan cocok untuk sahur.

Dari menu makanan sahur yang kami paparkan di atas, manakah yang sudah tersedia di dapur Anda tahun ini? Mulailah pintar dalam berbelanja menu sahur. Karena makanan yang sehat dapat dimulai dengan berbelanja yang sehat. Baik untuk tubuh dan kantong Anda. Bisa sehat sekaligus berhemat. Semoga bermanfaat. Selamat berpuasa.

Salam Diet Sehat – www.dietsehatcantik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar