11 Langkah Awal Diet Sehat untuk Menurunkan Berat Badan


Langkah Awal Diet Sehat untuk Menurunkan Berat Badan
Langkah Awal Diet Sehat untuk Menurunkan Berat Badan
11 Langkah Awal Diet Sehat untuk Menurunkan Berat Badan - Kelebihan berat badan menjadi momok bagi sebagian orang. Mereka mempunyai alasan yang berbeda tentang kenapa mereka tidak mau gemuk. Dari alasan yang berhubungan dengan kesehatan hingga alasan moral yang terkadang terkesan dibuat-buat saat didengarkan. Beberapa orang menginginkan tubuh yang langsing karena tidak ingin kesehatan mereka terganggu, karena jika sampai terjadi obesitas maka penyakit-penyakit lain akan mudah memasuki tubuh. Tak jarang yang ingin menurunkan berat badan dengan alasan moral, seperti terganggu dengan ejekan teman. Juga tak sedikit pula yang memilih untuk langsing karena tuntutan profesi.

Diantara sekian orang yang gemuk dan ingin langsing, terdapat beberapa orang yang menginginkan cara instan dan tak sedikit pula yang dengan setia menunggu jarum timbangan mengarah ke kiri dengan sabar dan santai. Anda termasuk yang mana? Jika anda termasuk orang yang pertama, bisa jadi saat ini anda sedang menjalani program diet ketat, olahraga teratur, tidak makan dalam beberapa hari, hanya makan dengan menu yang sama dalam beberapa hari, atau bahkan mungkin anda sudah melakukan sedot lemak sebagai cara terinstan yang bisa anda lakukan. Hati-hati dengan cara ini, bisa jadi niat anda untuk sehat dengan meninggalkan obesitas dan kroni-kroninya gagal, diganti dengan kurus yang meninggalkan bekas kesehatan jangka panjang.

Menurunkan berat badan tidak seperti ketika anda mengerjakan soal Fisika saat anda SMP (dengan diket, ditanya, dan jawab). Hanya sekali kerjakan, selesai. Tapi mengerjakan soal “diet” ini seperti saat anda menurunkan rumus. Jika anda sudah selesai mengerjakan satu, anda perlu mengerjakan satunya dan satunya lagi. Beberapa teori tentang rumus itu juga hanya akan menjadi “teori” jika anda tidak melaksanakannya.

Langkah awal yang bisa anda lakukan saat memulai Diet Sehat anda,

1.    Temukan Alasan “Kenapa Anda Harus Kurus?”

Alasan yang kuat dan tebal akan membuat anda semakin yakin dan melahirkan semangat pantang menyerah.

2.    Tentukan Target

Tidak perlu memasang target yang besar dulu. Mulailah dengan yang ringan dan masuk akal. Misalnya, 0,5 kg dalam seminggu. Sebagai motivasi anda, tulis alasan di kertas dan tempelkan di dinding kamar.

3.    Jangan terlalu ketat, cukup disiplin

Jangan terlalu letat dengan diri anda sendiri, hasilnya akan tidak baik jika anda terlalu berlebihan. Cukup lakukan dengan rutin dan disiplin. Hal ini akan baik karena bisa melahirkan sebuah “habit” baru.

4.    Jangan lupa sarapan

Sarapan adalah bekal memulai aktivitas. Jangan lupakan ini. dan mulailah lebih pagi sehingga pembakarannya akan lebih cepat

5.    Sarapan berkualitas

Sarapan anda harus berkualitas. Cukup konsumsi 300-400 kalori saat sarapan, sebagai penyumbang energi. Jangan memilih yang berlemak.

6.    Tingkatkan kualitas cara mengunyah

Mengunyah cepat hanya akan membuat anda cepat merasa lapar. Tambahkan jumlah mengunyah anda sehingga dapat membantu proses pencernaan. 36 x adalah angka aman. Kurang dari itu, cobalah ditambahi.

7.    Air putih itu sehat

Memperbanyak air putih saat mengerjakan soal “diet” ini menjadi sangat penting. Karena lemak yang dibakar membutuhkan cara untuk keluar (dibuang). Air putih ini membantu ekskresi melalui kulit dan air kencing. Jadi, jangan heran jika anda akan sering ke kamar mandi.

8.    Olahraga

Pembakaran lemak dengan cara ini menjadi penting dilakukan. Tidak perlu melakukan olahraga yang mahal. Cukup berjalan kaki, tapi rutin.

9.    Banyakin serat

Memakan banyak serat baik untuk anda yang menurunkan berat badan, karena dia punya peran besar dalam mengusir lemak. Orang dewasa membutuhkan 21 gram serat dalam sehari.

10.    Tak cukup hanya dengan makan buah

Jika hanya buah saja yang anda konsumsi, jangan heran jika anda akan mudah lapar. Karenanya, menambahkan protein dalam menu makan anda juga sangat diperlukan.

11.    Meminjam kalimat sebuah iklan, “Talk Less, Do More”

Sebanyak apapun teorinya, jika anda tidak melaksanakannya segera akan menjadi sia-sia saja. Kunci jawaban dari soal “diet” anda ini adalah diri anda sendiri. Jadi, mulai dari sekarang atau tidak sama sekali!!!

Salam Diet, Salam Sehat, Salam Cantik

Alfa Ihda Febriyana
DietSehatCantik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar