9 Cara Diet Sehat Sebagai Obat Asam Urat | Cara Diet Sehat

9 Cara Diet Sehat Sebagai Obat Asam Urat


9 Cara Diet Sehat Sebagai Obat Asam Urat – Obat untuk menanggulangi asam urat memang bisa menekan gejala penyakit yang berpusat pada persendian ini. Namun, terkadang mengonsumsi obat saja kurang cukup tanpa diimbangi dengan gaya hidup yang lebih sehat. Untuk itu, selain mengonsumsi obat, hal-hal seputar diet sehat khusus asam urat juga perlu dilakukan. Beberapa cara diet atau pola hidup sehat bagi penderita asam urat di bawah bisa Anda lakukan agar bisa menanggulangi asam urat dengan lebih baik.

Begini cara diet sehat sebagai obat asam urat

obat asam urat

Kenali makanan rendah purin

Pisang menjadi salah satu makanan yang rendah purin dan aman untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat. Makanan lain yang memiliki kandungan purin rendah adalah peterseli, selada, kol merah, buah asam, paprika, dan kubis. Sementara untuk asparagus, kacang polong, jamur, bayam, dan kembang kol merupakan sayuran yang tetap aman dikonsumsi karena kandungan purinnya sedang.

Makanan dengan zat penurun asam urat juga perlu

Beberapa makanan yang memiliki manfaat untuk menurunkan asam urat juga perlu jadi pertimbangan. Seperti makanan-makanan di bawah ini;

Stroberi, bluberi (atau buah beri lainnya), peterseli, tahu, bawang putih serta minyak zaitun. Khusus untuk bawang putih, Anda bisa mengonsumsinya sebanyak 3 sampai 5 siung setiap harinya. Dengan tujuan untuk mengurangi masalah asam urat dan meningkatkan kesehatan tubuh.

Pakai herbal alami

Ada cara lain yang dapat diterapkan sebagai obat asam urat, yakni dengan mengonsumsi herbal alami khusus asam urat. Beberapa herbal yang bisa digunakan adalah daun tempuyung yang memiliki kandungan senyawa flavonoid, lada hitam yang bersifat anti inflamasi dan bisa meningkatkan urinasi, sambiloto serta temulawak yang memang memiliki banyak khasiat buat kesehatan tubuh.

Baca juga : Cara diet super cepat.

Mengurangi berat badan

Untuk menjaga tubuh dari asam urat, Anda juga perlu menjaga tubuh dari berat badan berlebih. Dan jika sudah berlebih, sebaiknya dikurangi.

Olahraga teratur

Latihan jalan kaki dan jogging perlu dilakukan selama setengah jam sampai 45 menit selama kurang lebih 4 sampai 5 kali dalam satu Minggu untuk mengurangi asam urat.

Menghindari makanan yang kadar purinnya tinggi

Beberapa makanan di bawah ini perlu dihindari karena kadar purinnya tinggi;
Sarden, ikan teri, jeroan (bisa babat, hati, ginjal, paru, iso, dll), ikan hering, ekstrak daging, kacang goreng, minuman beralkohol, dll.

Terapkan pola makan yang sehat dengan gizi seimbang dan lengkap

Konsumsi makanan harus Anda perhatikan, selain memilih makanan rendah/sedang kadar purin dan menghindari yang tinggi purin, Anda juga harus memilih makanan dengan kadar gizi yang seimbang dan lengkap. Dalam satu piring yang Anda sajikan untuk sarapan sampai makan malam, hendaknya mengandung karbohidrat kompleks, lemak esensial sehat, protein tanpa lemak seperti tahu, dan yang lainnya.

Minum air putih

Air putih dengan ukuran yang telah sesuai aturan perlu dikonsumsi secara teratur sebagai obat asam urat alami juga untuk menjaga kebugaran tubuh Anda.

Teh dan kopi

Meski alkohol tidak diperbolehkan, Anda tetap bisa minum minuman halal seperti teh dan kopi. Hal ini didasarkan pada penelitian yang dilakukan di Boston University, juga di Harvard Medical School. Di mana perempuan bisa menurunkan risiko terkena gout atau asam urat sampai 22 % dengan mengonsumsi 2 sampai 4 cangkir teh. Sementara untuk konsumsi kopi sebanyak 4 cangkir bisa menurunkan risiko sampai setengahnya. Hal ini seperti tertulis dalam American Journal of Clinical Nutrition melalui penelitian yang sama.

Keseimbangan hidup dan tetap mengonsumsi obat asam urat sebagai penekan bisa menjadi cara penanggulangan gout yang baik dan aman buat kesehatan tubuh jangka panjang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar