Terapi Sauna, Stress dan Gemuk Hilang | Cara Diet Sehat

Terapi Sauna, Stress dan Gemuk Hilang


Stress sangat berpengaruh terhadap kondisi tubuh, bahkan dapat menyebabkan kegemukan, karena itulah, jika rasa stress telah menyerang diri kita, ada baiknya kita segera merelaksasikan diri kita agar rasa stress berkurang, bahkan menghilang. Pada beberapa negara, cara merelaksasikan diri yang paling ampuh adalah dengan melakukan terapi sauna. Sumber tepercaya menyebutkan bahwa terapi sauna, yaitu dengan mandi uap mampu menenangkan pikiran dan menghilangkan rasa cemas yang menggelayut dalam dada. Tapi, manfaat terapi sauna tidak hanya sebatas itu. Apa saja ya?

Terapi Sauna dan Manfaat yang Akan Anda Peroleh


Terapi Sauna, Stress dan Gemuk Hilang

Turunkan Berat Badan dan Tingkatkan Interaksi Sosial

Saat kita mandi di sauna, suhu panas yang mencapai 1700F atau 750C itu akan menyebabkan detak jantung menjadi meningkat dengan substansial. Dengan melakukan terapi sauna secara rutin pada suhu ini, maka 500 kalori atau lebih yang ada dalam tubuh akan terbakar. Dalam kondisi ini, metabolisme dalam tubuh akan meningkat seperti pada saat latihan fisik. Selain itu, jika kita menuju sauna umum, maka bisa dijadikan untuk melakukan interaksi dengan orang lain baik itu dengan keluarga besar, teman kita maupun dengan pria itu

Detoksifikasi Tubuh

Sauna pada prinsipnya adalah agar tubuh menghasilkan keringat karena itulah, aktivitas terapi sauna ini bisa berupa duduk-duduk di ruang sauna yang suhunya mencapai 1800F. Jika sudah merasa tidak nyaman, maka tinggal berendam di dalam kolam. Panas yang diterima oleh tubuh dari ruang sauna itu mampu melepas semua logam berat dan racun yang menempel di bawah kulit. Jadi kita tinggal membersihkan racun tersebut dengan mandi uap.

Tingkatkan Kesehatan Kulit

Jika kita mandi di sauna dengan air hangat menyebabkan aliran darah yang letaknya di bawah kulit akan mengalami peningkatan. Hal ini menyebabkan nutrisi-nutrisi penting dapat masuk ke permukaan kulit dan menyebabkan kondisi kulit menjadi lebih baik daripada sebelumnya. Aliran darah yang meningkat juga menyebabkan kulit baru tumbuh untuk menggantikan sel-sel yang telah mati.

Memulihkan Tubuh Setelah Olahraga

Saat olahraga, tubuh kita bekerja keras mengeluarkan keringat dan tentunya akan membuat tubuh merasa lelah. Karena itulah,  terapi sauna setelah berolahraga akan membantu memulihkan diri kita yang memang kelelahan. Walaupun di dalam sauna kita berkeringat, namun keringat tersebut akan mengeliminasi limbah metabolik akibat berolahraga.

Setelah berolahraga, otot-otot juga merasa lelah dan tegang, namun dengan merelaksasikan diri di sauna, aliran darah dalam otot-otot tersebut akan mengalami peningkatan sehingga tubuh dan juga otot menjadi lebih baik. Otot-otot juga menjadi lemas dengan terapi sauna sehingga kita akan merasa lebih rileks dan mampu menghambat kinerja syaraf gugup serta menikmati waktu tenang di sauna.

Baca Juga: Menurunkan Berat Badan 15 Kg Saat Puasa

Rambut Lebih Sehat

Terapi sauna ternyata tidak hanya berpengaruh pada kulit ataupun tubuh, tapi juga sangat baik untuk rambut. Perlu anda ketahui bahwa ada sebuah kelenjar di kepala yang bernama Sebaceous yang akan mengoordinir dan juga melembabkan rambut. Dengan berdiam diri di sauna selama kurang lebih 20 menit, sebuah senyawa akan dikeluarkan oleh kelenjar Sebaceous yang berfungsi membuat rambut terlihat sehat. So, tidak perlu melakukan perawatan yang mahal.

Menyenangkan bukan beristirahat di ruang sauna. Anda bisa melakukan terapi, merelaksasikan diri, membiarkan pikiran merasa tenang  dan nyaman. Sesekali menghibur diri sendiri setelah rutin melakukan aktivitas pekerjaan yang sangat melelahkan, tidak ada salahnya bukan? Apalagi, berkunjung ke sauna bukan hanya mampu menenangkan pikiran, tapi juga efek kesehatannya yang sudah dietsehatcantik.com sebutkan di atas. Dan yang paling utama, berat badan anda bisa turun secara drastis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar