Cara Diet Sehat Menurunkan Berat Badan 2 Minggu Buat Remaja | Cara Diet Sehat

Cara Diet Sehat Menurunkan Berat Badan 2 Minggu Buat Remaja


Cara Diet Sehat Menurunkan Berat Badan 2 Minggu Buat Remaja – Kini, masalah berat badan berlebih tidak hanya menjadi milik orang yang sudah dewasa saja. Mereka yang masih dalam usia produktif, seperti remaja pun bisa mengalami kelebihan berat badan. Ironisnya, karena usia mereka masih dalam tahap tumbuh kembang, maka diet yang dilakukan pun tidak boleh sembarangan. Salah diet bisa berpengaruh pada pertumbuhan yang saat ini sedang dijalaninya secara alami. Solusi dari masalah ini cukup sederhana, lakukan diet secara sehat dengan terlebih dulu konsultasi pada ahli gizi atau ahli diet lainnya. Supaya diet menjadi lebih terarah dan tidak salah jalan. Kemudian, beberapa cara di bawah ini juga bisa menjadi solusi sehat menurunkan berat badan secara alami buat para remaja yang ingin kurus.

Ingin kurus? Ini cara diet sehat menurunkan berat badan 2 minggu buat remaja yang alami

Diet Sehat Cara Menurunkan Berat Badan 2 Minggu Buat Remaja

Menimbang berat badan (before)

Sebelum memulai segala proses menurunkan berat badan terlebih dulu Anda harus menimbang berat badan Anda. Proses menimbang berat badan ini tidak hanya akan memberikan informasi secara numeric mengenai berat badan yang harus Anda turunkan, tetapi juga memberikan semangat tersendiri buat Anda untuk menurunkan berat badan sejumlah yang Anda inginkan, sesuai dengan target yang sudah ditentukan. Perlu Anda ketahui, jika Anda ingin menurunkan berat badan dalam hitungan waktu, misal sebulan, 3 minggu, 2 minggu, 60 hari, atau yang lainnya. Maka Anda juga harus menerapkan target penurunan berat badan yang sesuai. Setengah sampai 1 kilogram per minggu sangat rasional untuk diturunkan buat para remaja.

Makan 3 kali sehari

Yang perlu dilakukan agar cara diet sehat menurunkan berat badan 2 minggu buat remaja tidak mengganggu tumbuh kembang adalah dengan tidak pernah meninggalkan jadwal makan. Artinya, makan dalam sehari tetaplah 3 kali. Bahkan, Anda bisa menambahkan 1 camilan sehat di masing-masing waktu antara makan pagi dengan makan siang, lalu makan siang ke makan malam. Lagi pula, tidak makan pada saat jam makan, baik pagi, siang maupun malam, akan berpengaruh pada metabolisme, dalam hal ini memperlambat metabolisme.

Catat apa yang dimakan dan diminum

Perhatikan apa saja yang sudah Anda minum dan sudah Anda makan. Catat apa saja yang sudah masuk dalam perut Anda. Pasalnya, Anda harus menyesuikan kebutuhan kalori berdasarkan usia, aktivitas yang Anda lakukan, dan jenis kelamin. Remaja perempuan dengan aktivitas yang biasa saja tentu membutuhkan kalori yang berbeda dengan remaja lelaki dengan aktivitas yang padat. Secara umum, berikut kebutuhan kalori untuk remaja lelaki dan perempuan usia 14 hingga 18 tahun;

  • Gadis dengan aktivitas tidak padat sebanyak 1.800 kalori per hari
  • Gadis yang sangat aktif membutuhkan kalori antara 2.000 – 2.400 per hari
  • Remaja lelaki semi-aktif membutuhkan kalori antara 2.400 – 2.800 per hari
  • Remaja lelaki sangat aktif membutuhkan kalori antara 2.800 – 3.200 per hari

Pilih buah dan sayur

Pilihlah satu buah dan sayur yang Anda suka dan bisa menunjang penurunan berat badan. Masukkan menu tersebut setiap kali Anda makan jika memang memungkinkan. Dalam cara diet sehat menurunkan berat badan 2 minggu buat remaja ini, Anda disarankan untuk memilih buah yang banyak mengandung serat dan air. Sebab kandungan itu bisa membantu seseorang untuk merasa kenyang . Selebihnya, buah dengan kandungan itu juga tidak banyak mengandung kalori sehingga tidak akan menjadi penghambat diet sehat alami buat remaja yang sedang dilakukan.

Protein

Cara diet sehat menurunkan berat badan 2 minggu buat remaja selanjutnya adalah dengan menyertakan protein ke dalam setiap menu makanan, misal makan pagi, siang, dan malam. Tidak perlu khawatir akan kehabisan jenis makanan yang mengandung protein, karena Anda bisa mendapatkannya dari telur maupun daging (tertentu). Mengapa memilih protein? Dalam cara menurunkan berat badan instan protein memang sangat diperlukan, sebab dengan protein sangat penting dalam produksi energi. Protein juga berguna dalam memproduksi dan memperbaiki sel. Terlebih protein sangat penting untuk mereka yang senang dengan olahraga dan sedang membentuk ototnya.

Bermain sambil berolahraga

Usia remaja sangat erat kaitannya dengan waktu luang yang sangat banyak, jika Anda memiliki satu hobi olahraga, maka lakukan ini secara rutin selama 5 hingga 6 kali dalam seminggu. Cara diet sehat menurunkan berat badan 2 minggu buat remaja ini sangat amat mudah dilakukan, dan tentu saja tidak membuat Anda cemberut karena malas atau semacamnya. Jika sudah hobi, maka hal tersebut akan sangat mengasyikkan ketika dilakukan. Hobi yang mungkin bisa Anda pilih adalah bola voli, futsal, main skateboard, atau yang lainnya.

Hindari gula dan minuman manis

Minuman manis memang terasa sangat enak dan menyegarkan, namun saat melakukan cara diet sehat menurunkan berat badan 2 minggu buat remaja ini Anda disarankan untuk menghindari minuman manis tersebut. Gula, makanan siap saji, minuman manis yang dikemas, dan semacamnya memang mengandung kalori yang tinggi, sayangnya dia tidak mengenyangkan juga sangat rendah kandungan nutrisinya. Untuk itu, minuman semacam ini sebaiknya dihindari dan lebih baik diganti dengan minuman yang lebih sehat seperti jus buah yang dibuat sendiri. Jangan lupa untuk membiasakan diri minum air putih dalam jumlah yang cukup dalam sehari. Hal tersebut juga akan membantu menurunkan berat badan secara instan dalam waktu 14 hari.

Selain cara di atas, cara diet sehat menurunkan berat badan 2 minggu buat remaja juga bisa dilakukan dengan cara lain, misalnya mengikuti cara diet sehat mayo yang sudah banyak dilakukan dan terbukti memberikan hasil yang maksimal. Namun perlu dijadikan catatan, bahwa Anda harus meminta saran dari para ahli sebelum memulai diet alami.

Salam diet sehat – www.dietsehatcantik.com

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Infonya bermanfaat, tapi agak ribet mencatat ap yg dimakan hehehe

Posting Komentar