Inilah 10 Tanda Kekurangan Zat Besi yang Wajib Diketahui (Part-1) | Cara Diet Sehat

Inilah 10 Tanda Kekurangan Zat Besi yang Wajib Diketahui (Part-1)


Tanda kekurangan zat besi ini penting untuk diketahui oleh seorang perempuan. Pasalnya, data telah membuktikan bahwa perempuan lebih cenderung terkena kekurangan zat besi. Padahal zat besi memiliki fungsi yang sangat penting untuk tubuh, yaitu dalam produksi hemoglobin. Sebuah zat yang mengikat oksigen dan menyebarkannya ke seluruh tubuh. Untuk itu, tanda atau gejala kekurangan zat besi ini menjadi sangat penting untuk diketahui agar tidak banyak perempuan yang menderita kekurangan gizi.

Simak 10 tanda kekurangan zat besi berikut

Tanda atau Gejala Kekurangan Zat Besi

Pertama, pucat

Pucat merupakan salah satu tanda atau gejala kekurangan zat besi. Gejala ini memang bukan satu-satunya gejala yang bisa ditemukan pada kekurangan zat besi. Hemoglobin juga berfungsi untuk memberikan warna merah pada wajah dan bagian kulit lain dalam tubuh Anda. Jadi, saat produksi hemoglobin berkurang, maka Anda akan pucat dan terlihat sangat layu.

Kedua, cepat lelah

Banyak orang, utamanya perempuan menganggap gejala capat lelah ini sebagai hal biasa yang harus dijalani dalam kehidupan. Padahal, cepat lelah merupakan satu dari gejala kekurangan zat besi. Hal ini karena darah Anda kekurangan oksigen yang seharusnya diikat oleh hemoglobin. Oksigen juga tidak cepat sampai ke jaringan yang dituju sehingga membuat Anda kurang berenergi. Kelelahan dapat menyebabkan Anda kurang fokus, fisik lemah, loyo, mudah tersinggung, dan lain sebagainya.

Ketiga, menstruasi yang sangat menyiksa

Saat menstruasi, seorang perempuan kehilangan banyak darah, tidak hanya sebulan, dua bulan, tapi memang setiap bulan. Kabar buruknya, jika perempuan tersebut kekurangan zat besi, maka imbas yang akan dirasakan adalah menstruasi yang menyiksa, terlalu berat, dan membuat seorang perempuan harus rehat total. Tak elak ini akan mengganggu aktivitas perempuan.

Keempat, nafas pendek

Meskipun Anda mengambil nafas dalam dan dengan jumlah yang sangat banyak, akan tetapi kurangnya kadar oksigen dalam jaringan tubuh Anda akan membuat nafas menjadi pendek. Kondisi ini akan menjadi berita buruk jika terus dibiarkan begitu saja. Nah, Anda bisa mengatasi ini dengan latihan pernafasan dan melakukan olahraga ringan. Selain harus mendapatkan zat besi dari asupan makanan Anda, bisa sayur, buah, ataupun dari makanan hewani.

Kelima, jantung berdetak kencang

Gejala kekurangan zat besi lainnya adalah jantung yang berdetak dengan sangat cepat dan kencang. Termasuk saat jantung Anda mulai berdetak secara tidak teratur dan terarah. Hal ini akan berakibat buruk pada jantung, bahkan bisa menyebabkan gagal jantung. Oleh karena itu, agar keadaan jantung Anda tidak semakin buruk, akan sangat baik jika Anda mendapatkan asupan makanan dan gizi berupa zat besi dari menu makanan sehat terbaik.

Itulah 5 tanda kekurangan zat besi yang harus Anda ketahui. Lima gejala lainnya akan dibahas dalam artikel selanjutnya.

Semoga bermanfaat

Salam Diet Sehat Cantik – www.dietsehatcantik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar