Hindari Stres Jika Ingin Berat Badan Anda Turun, Kenapa? | Cara Diet Sehat

Hindari Stres Jika Ingin Berat Badan Anda Turun, Kenapa?


Hindari Stres Jika Ingin Berat Badan Anda Turun, Kenapa? Stres merupakan respons tubuh terhadap sesuatu yang mengganggu keseimbangan dan meresahkan Anda baik secara fisik, emosional, maupun perilaku. Selain merupakan faktor risiko terjadinya penyakit jantung, stroke, dan lain-lain.  Stres juga bisa menjadi penghambat penurunan berat badan Anda. Kenapa? (artikel sebelumnya: Cara Menurunkan berat badan dengan olahraga)
Hindari Stres Jika Ingin Turun Berat Badan Anda Turun

Ketika Anda mengalami stres, sebuah hormon stres bernama kortisol akan dilepaskan dan mempengaruhi pelepasan hormon-hormon lainnya. Stres dapat mempengaruhi berat badan Anda dengan empat cara di bawah ini;

1. Emotional Eating and Craving
Stres dapat memicu terjadinya emotional eating, di mana Anda ingin makan dalam jumlah yang besar atau ingin makan terus menerus. Ironisnya, karena stres, Anda tidak lagi mempertimbangkan apakah makanan yang Anda makan saat itu baik untuk kesehatan dan program penurunan berat badan Anda atau tidak. Akibatnya, berat badan Anda tidak turun, justru naik.

2. Penyimpanan Lemak
Stres berkepanjangan dapat meningkatkan penyimpanan lemak dalam tubuh Anda, terutama jika terjadi di bagian perut.

3. Metabolisme
Kadar kortisol yang terlalu tinggi dapat memperlambat metabolisme, lho? Akibatnya, pembakaran kalori dalam tubuh berkurang. Dan inilah yang akan membuat Anda susah sekali untuk menurunkan berat badan.

4. Gula Darah
Jangan salah, stres ternyata juga mempengaruhi level gula darah Anda, lho? Terutama jika Anda terus mengalami sugar craving. Jika Anda biarkan terus menerus, hal ini akan menyebabkan resistensi tubuh terhadap insulin yang kemudian menjadi penyebab diabetes mellitus.

Jadi, apakah Anda akan membiarkan stres menjadi penghambat dalam menurunkan berat badan?. Jawabannya tentu tidak, bukan? Oleh karena itu, hindari stres dengan melakukan program diet ini dengan senang hati.

Melakukan olahraga secara teratur, mencukupi nutrisi (dengan tepat), dan tidur yang cukup bisa Anda lakukan untuk menghindari stres. Maka, lakukanlah olahraga secara teratur dan pilihlah makanan sehat setiap kali Anda stres. Jika saat stres, Anda ingin mengonsumsi  es krim. Cobalah ganti dengan yoghurt rendah lemak dengan topping buah segar. Lengkapi dengan tidur yang cukup dan berkualitas.

Ternyata, Anda perlu mengelola pikiran Anda dengan baik jika ingin program diet Anda berhasil.

Semoga bermanfaat,
Salam Diet Sehat Cantik – www.dietsehatcantik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar