6 Tips Kuat Puasa Buat Ibu Menyusui


Puasa Ramadhan merupakan puasa wajib di mana semua umat islam yang mampu, sudah aqil baligh, dan sehat harus menjalankannya. Namun, khusus untuk ibu menyusui ada dua kondisi yang biasanya terlihat. Pertama, hukumnya wajib jika ibu menyusui itu tidak merasa kesulitan untuk menjalankannya dan tidak ada rasa kekhawatiran akan mempengaruhi bayi yang disusui. Kedua, boleh berbuka jika memang kondisinya saat menyusui payah dan memang dikhawatirkan akan mempengaruhi bayinya ketika dia berpuasa. Namun demikian, untuk kasus kedua, mereka harus mengganti ketika sudah kuat di luar bulan Ramadhan atau membayar fidyah.

Untuk itu, supaya kuat puasa saat menyusui, simak tips yang akan kami rangkum di bawah ini.

Begini lho cara tetap kuat puasa bagi ibu menyusui yang baik

6 Tips Kuat Puasa Buat Ibu Menyusui

Yakin, tenang, dan percaya diri

Keyakinan, ketenangan, dan rasa percaya diri bahwa Anda bisa menyelesaikan puasa saat menyusui bisa menjadi bekal yang baik. Sebab ini sangat baik untuk mendorong diri Anda tetap berpuasa di samping bisa tetap berpikir positif tentang diri Anda dan bayi.

Pemilihan menu makanan

Seperti pada orang lain yang sedang tidak menyusui, pemilihan menu makanan saat berpuasa adalah yang terpenting supaya bisa menjalankan ibadah puasa dengan lancar. Untuk ibu menyusui, sebaiknya memilih makanan yang mengandung gizi seimbang dengan nutrisi yang lengkap. Di samping itu, pola makan juga harus dijaga, yakni tetap mengonsumsi 3 kali makanan. Berlaku aturan sahur sebagai menu sarapan, buka puasa awal sebagai menu makan siang, dan buka puasa berat sebagai menu makan malam. Hal ini karena ibu menyusui membutuhkan 500 kalori lebih banyak dibanding mereka yang tidak sedang menyusui.

Cairan tubuh juga penting

Khawatir laktasi Anda terganggu? Cobalah untuk memberikan dan mencukupi cairan tubuh Anda sehari-hari. Cukupi 2 liter air putih Anda selama buka hingga waktu sahur tiba. Buatlah jadwal tertentu supaya Anda mudah menjalankannya dengan disiplin. Bagilah waktu semampu Anda minum dan atur ukuran minuman Anda.

Madu dan kurma

Madu juga bisa menjadi pilihan yang baik untuk tetap menjaga kelancaran ASI saat Anda berpuasa. Pun demikian jika Anda mengonsumsi kurma.

Istirahat yang cukup

Selanjutnya, porsi istirahat yang berkualitas juga harus menjadi perhatian Anda. Khususnya saat siang hari. Sebab, sangat normal jika ibu menyusui yang sedang berpuasa merasa lemas di siang hari. dan untuk mengatasinya, Anda bisa beristirahat dengan kualitas yang baik dengan porsi yang cukup. Saat malam hari pun Anda harus mendapatkan waktu untuk hal ini.

Baca Juga: Menu Sahur Sehat Puasa Kuat, Ini Wajib Ada!

Wanita karier yang menyusui

Jika Anda sedang bekerja namun masih harus menyusui dan puasa, maka usahakan untuk memerah ASI Anda meskipun berada di tempat kerja. Sebab jika saat ASI keluar namun tidak dikeluarkan, ini bisa berimbas pada menurunnya produksi ASI.

Itulah beberapa tips singkat tetap kuat berpuasa bagi ibu menyusui. Semoga bermanfaat ya ibu-ibu.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar