7 Manfaat Madu untuk Kesehatan Tubuh | Cara Diet Sehat

7 Manfaat Madu untuk Kesehatan Tubuh


7 Manfaat Madu untuk Kesehatan Tubuh – Madu memang memiliki rasa manis yang unik. Ada yang senang, ada pula yang tidak menyukainya. Suka tidak suka, madu ternyata memiliki manfaat buat tubuh. Khasiat madu ini cukup banyak, dan 7 di antaranya akan kami tulis dalam artikel ini.

Kenali 7 manfaat madu untuk kesehatan tubuh Anda

7 Manfaat Madu untuk Kesehatan Tubuh

Sebagaimana kami lansir dari medicaldaily, berikut di antara manfaat madu yang ternyata memiliki kandungan kalori, bebas lemak, bebas kolesterol, bebas sodium, karbohidrat, air, mineral, asam amino, dan vitamin. Semua kandungan itu tentu juga baik untuk diet Anda, bukan? Sebab kandungannya yang bebas kolesterol, sodium, bahkan lemak. Apa saja manfaat lainnya?

Pertama, meredakan alergi

Kegunaan madu alami yang pertama adalah bisa meredakan alergi. Memang penelitian ini belum banyak dilakukan, namun menurut Dr. Matthew Brennecke, seorang dokter naturopati terlatik dari Colorado, Wellness Center Rocky Mountain di Fort Collins mengatakan kalau madu bisa bertindak sebagai vaksin alami. Di mana madu mengandung serbuk sari yang bisa menghasilkan antibodi ketika merespon adanya imun yang terganggu.

Kedua, minuman berenergi

Jika Anda ingin mendapatkan minuman yang cukup bisa memberikan tenaga dalam sehari, maka madu bisa menjadi satu pilihan Anda. pasalnya, madu bisa mendorong energi dengan cepat.

Ketiga, meningkatkan memori

Kandungan madu salah satunya adalah antioksidan. Di mana komposisi madu yang satu ini bisa membantu dalam mencegah kerusakan sel. Dalam sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2011 ditemukan kalau madu bisa meningkatkan memori wanita-wanita yang sudah menopause di Malaysia. Madu juga bisa bertindak sebagai alat untuk terapi intelektual dibandingkan dengan pil hormon. Di mana penelitian itu dilakukan selama 1 bulan dengan jumlah madunya adalah 20 gram per hari.

Keempat, meredakan batuk

Dalam penelitian yang dilakukan pada tahun 2012 menunjukkan kalau madu bisa meredakan batuk pada anak-anak usia 1 hingga 5 tahun di malam hari. Terapi ini dilakukan setengah jam sebelum tidur sebanyak 2 sendok teh. Tekstur madu yang kental dan tebal bisa membantu tenggorokan sedangkan rasa manisnya bisa membantu melindungi tenggorokan serta bisa meringankan infeksi saluran pernafasan bagian atas.

Kelima, memperbaiki kualitas tidur

Salah satu langkah diet sehat yang baik adalah dengan tidur berkualitas dalam jumlah yang pas. Dan khasiat madu salah satunya adalah untuk hal tersebut. Madu memiliki manfaat untuk tubuh khususnya untuk melepaskan hormon serotonin yang bisa membantu memperbaiki kualitas tidur. Selain itu, madu juga memiliki komposisi berupa tryptophan.

Keenam, perawatan rambut berketombe

Jika ada masalah dengan ketombe di rambut Anda, coba saja untuk memakai masker madu plus air hangat 3 jam sebelum pembilasan saat Anda keramas. Sesuai dengan penelitian yang sudah diterbitkan pada European Journal of Medical Research pada tahun 2001, di mana madu bisa membantu menghilangkan gatal karena ketombe di rambut Anda. Di sini madu mengandung anti bakteri dan anti jamur. Selain itu, madu juga bisa membantu mengobati dermatitis.

Baca Juga: 4 Alat Gym Terbaik untuk Menurunkan Berat Badan

Ketujuh, baik untuk luka dan luka bakar

Antibiotik alami yang terkandung dalam madu bisa dimanfaatkan baik secara internal maupun eksternal.

Terlepas dari manfaat madu untuk kesehatan tubuh di atas, khasiat madu untuk diet dan untuk yang lainnya memang sudah ditemui sejak ribuan tahun lamanya. Nenek moyang kita sering menggunakan madu untuk mengembalikan stamina tubuh yang turun. Sekarang pun madu digunakan sebagai bahan pembuat obat, obat-obatan herbal, hingga sampo, dan produk kecantikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar